5 Cara Agar Sepatu Terlihat Baru dan Awet

Ditulis oleh: Saskia Elizabeth

Agar sepatu tidak mudah rusak dan tetap terlihat cantik alias seperti baru, berikut 5 tips yang wajib dilakukan.

5 Cara Agar Sepatu Seperti Terlihat Baru dan Awet - Mommies Daily

*Image dari fashionsfinest.com

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada mengenakan sepatu baru. Ya kan? Bawaannya ingin selalu dipakai. Nah, untuk menghindari agar sepatu awet, selalu terlihat cantik dan baru, jangan malas merawat! Toh kita juga yang diuntungkan. Cukup beli beberapa sepatu berkualitas tinggi, rawat yang benar dan sepatu dapat menjadi BFF Anda dalam waktu yang cukup panjaangg.

1. Protect the sole!

Berdasarkan pengalaman, sepatu yang tidak dapat dicuci ya sudah pasti sepatu-sepatu cantik yang non sporty. Untuk membersihkannya, saya rutin melap dan menyemprot anti bakteri. Tapi untuk bagian alas bawah, nyerah deh. Sudah pasti nggak akan bisa kembali kinclong seperti baru apabila warnanya bukan hitam. Tapi berhubung saya bisa pusing melihat bagian bawah sepatu gelap dan kotor saya mengakalinya dengan menaruh lapisan di sol bawah di area yang terkena injakan (bisa dicari di toko-toko reparasi sepatu, biasanya terbuat dari bahan karet). Dengan begini apabila lapisan tersebut kotor benar-benar tidak dapat dibersihkan tinggal dilepas dan dibuang diganti lagi dengan yang baru. Alas sepatu jadi selalu bersih seperti baru :D

2. Tentu saja rajin membersihkannya!

Sehabis mengenakan sepatu baiknya dilihat-lihat kondisinya, karena ada beberapa noda yang tidak dapat hilang apabila sudah terlalu lama. Apabila terlalu sibuk, minimal satu kali dalam seminggu dilap dan dibersihkan sesuai bahan. Untuk sepatu sporty bisa dicuci satu kali dalam sebulan baik dengan mesin cuci maupun tangan. Dengan tidak membiarkan kotoran berlama-lama menempel di sepatu, maka kondisi, kualitas, serta warna akan terjaga sehingga terlihat selalu cantik dan pemakaiannya pun dapat awet.

3. Memerhatikan tempat penyimpanan

Percuma kalau rajin membersihkan namun hanya digeletakkan sembarangan. Baiknya disimpan di boks atau di lemari sepatu tertutup. Karena yang namanya debu itu akan selalu ada, semakin luas dan terbuka tempatnya semakin banyak debu yang menempel. Selain itu ada lagi faktor sial apabila diletakkan di luar rumah, bisa terkena kotoran binatang-binatang kecil atau burung. Pengalaman meninggalkan sepatu di luar rumah selama satu minggu saat saya ke luar kota, pulang-pulang ada kotoran burung dan cicak*__*.

4. Kenali trik-trik yang dapat menutupi atau mengatasi bahkan menghindari kerusakan kerusakan kecil

Seperti; membersihkan noda dengan lemon/baking soda, menghilangkan noda sepatu yang terbuat dari bahan mengilap dengan nail remover, penghapus pensil dapat membantu membersihkan kotoran di bahan suede, siapkan black marker untuk menutupi sepatu berwarna hitam yang terkikis bahannya yang membuat warna menjadi belang, dan lainnya.

5. Selalu punya sepatu cadangan apabila sepatu tersebut akan dipakai sehari-hari

Biarkan sepatu bernapas agar tidak lembap, menghindari bau dan berjamur. Jadi pakai selang seling tidak setiap hari. Namun, apabila harus menggunakan setiap hari jangan lupa menggunakan kaus kaki tipis yang pendek yang hanya menutupi bagian bawah kaki. Dan saat di rumah angin-anginkan selama kurang lebih 2 jam di udara luar sesudah dipakai, dan dijemur pagi hari sebelum dipakai.

Percaya deh lihat sepatu bersih, kita juga semangat melangkahnya, dan nggak luput dari pertanyaan, “Sepatunya baru lagi, ya?” *wink*


Post Comment