Begini Cara Mendapatkan Liburan Keluarga yang Menyenangkan

Buat yang senang travelling jalan darat wajib baca tips travelling dari Desy Bachir, founder Catalystrategy dan Avenu.id  dan Hanifa Ambadar, CEO Female Daily Network, berikut ini.

Setuju nggak, kalau travelling itu kegiatan yang banyak mendatangkan manfaatnya untuk seluruh anggota keluarga? Entah itu tujuannya ke di dalam negeri maupun plesiran ke mancanegara, yang penting kan momen kebersamaannya. Nah, untuk dapat momen kebersamaan yang nyaman, dan lancar, juga dibutuhkan trik-trik tertentu, lho. Apalagi untuk ibu bekerja, ketika liburan para ibu yang bekerja kantoran atau punya usaha sendiri, akan meninggalkan pekerjaan untuk sementara.

Begini Cara Mendapatkan Liburan Keluarga yang Menyenangkan - Mommies DailyDesy Bachir dan Hanifa Ambadar, dalam MD Lunch, “101 Travelling Tips For Working Moms” From budgeting, itinerary to smart driving bersama Toyota Sienta, 26 Oktober lalu di restoran Locanda, Jakarta, berbagi tips supaya travelling bagi ibu bekerja berjalan lancar. Keduanya sama-sama mompreneur yang punya hobi jalan-jalan, baik itu ke destinasi wisata di luar negeri maupun jalan darat yang menggunakan mobil. Yuk, intip apa saja ya kita dari mereka yang bisa kita ikuti.

Begini Cara Mendapatkan Liburan Keluarga yang Menyenangkan - Mommies Daily

  1. Tentukan waktu, destinasi, dan berapa lama liburannya. Termasuk budget, dan itinerary-nya. Tapi khusus itinerary Desy dan Hani sepakat nggak mau terlalu ambisius, apalagi kalau bawa anak, yang penting mereka bahagia, menikmati momen liburannya, itu udah cukup. Lalu jangan lupa bawa car seat, kalau bepergian bawa mobil.
  2. Menyelesaikan unfinished business, karena paling nggak enak kalau pergi liburan diganggu urusan kerjaan. Walau pasti masih ada, tapi seminimal mungkin. Kalau situasi memungkinkan bisa delegate ke tim.
  3. Prepare for the worst, misalnya obat, lalu internet banking token. Bawa tablet, dan bawa portable keyboard. Jadi kalau mau ada edit pekerjaan, masih bisa. Selain itu, jangan lupa bawa barang salah satu anggota keluarga, yang nggak boleh ketinggalan – intinya kalau nggak ada barang itu dia bakalan cranky.
  4. Be selfish, artinya kalau ibu bahagia berarti keluarga bahagia, tetap dong harus jaga penampilan. Karena menurut Desy, kalau si ibu cranky, liburan bisa bubar jalan! :D Maksudnya Desy, itu tadi, tampilan ibu saat liburan harus tetap diperhatikan, kalau istri terlihat sedap dipandang, suami dan anak juga dong yang bangga. Jadi Desy berpesan, sebisa mungkin barang bawaan sendiri jangan dilupakan, di antara hebohnya packing untuk anak dan suami.
  5. Berdayakan suami untuk memotret, atau biasa mommies temukan tagar di instagram #instagramhusbandonduty .Alternatif lainnya, juga bisa pakai self timer. “Jangan sampai, pas liburan udah capek ngurus anak, tapi nggak ada momen spesial yang bisa kita abadikan dan post di social media,” tutur Desy.
  6. Be expect nothing, karena poin liburan, kalau kita sudah persiapkan dengan matang, tapi sisanya tetap urusan Tuhan.
  7. Pas anak-anak masih kecil, khususnya di bawah 2 tahun, kata Hani, justru adalah waktu yang tepat untuk bepergian. Karena tiket pesawat masih gratis, mommies! Dan jangan berpikit, karena masih kecil, nanti mereka juga akan lupa sama momen liburan. Kan ada dokumentasi foto-foto, dan social media. “Dari sana anak-anak bisa melihat, pada masanya itu mereka sudah pergi kemana-mana. Dari file dokumentasi itu, nanti kan mereka bisa ingat, misalnya pernah makan ice cream di suatu tempat,” jelas Hani.
  8. Menurut Hani dan Desy, travelling juga bisa membuat anak cepat beradaptasi, dan membangun memori bahagia tentang keluarga mereka.

Seperti yang tadi saya sudah singgung, adakalanya kedua mompreneur ini bepergian menggunakan mobil. Dan mereka mengaku, lebih nyaman kalau mengendarai mobil yang berukuran sedang, seperti Toyota Sienta. Pengakuan dari Desy yang sudah mencoba Sienta, mobil ini sama seperti tasnya yang banyak wadah untuk menyimpan barang-barang. Maklum, ya, mommies, namanya juga perempuan :D Sementara itu, menurut Hani, Sienta cocok digunakan bepergian dalam kota atau luar kota, karena bensinnya irit.

Begini Cara Mendapatkan Liburan Keluarga yang Menyenangkan - Mommies Daily

Bukan hanya mommies dan budget friendly, Henni Hamidah, Sales Advisor Tunas Toyota juga menyebutkan Sienta punya beberapa fitur yang ramah anak. Misalnya, fitur Isofix, yang memudahkan mommies dan pasangan memasangkan car seat untuk kecil. Lalu, kerennya nih, kalau si kecil main gadget, bisa terhubung langsung dengan audio mobil, jadi mommies bisa mengawasi apa saja yang sedang buka atau mainkan.

Begini Cara Mendapatkan Liburan Keluarga yang Menyenangkan - Mommies DailyUntuk keamanan seluruh anggota keluarga, Sienta juga dilengkapi teknologi Anti Lock Brake System with Electronic Brake-Force Distribution (ABS with EBD) and Brake Assist (BA). Fungsinya, kalau ada situasi yang harus rem mendadak, cukup menekan sedikit saja pedal rem, maka mobil akan berhenti. Sementara, sliding door Sienta, juga punya sensor khusus, jika ada anggota tubuh yang berpotensi terjepit, dia akan berhenti dengan otomatis.

Ada yang punya tips lainnya seputar liburan bersama keluarga? atau ada yang sudah ada pengalaman menggunakan Toyota Sienta? Cerita ke kami, ya, mommies :)


Post Comment