Pregnancy Milestone

Ditulis oleh: Nina Samidi

Mulai dari emosional, cengeng hingga hobi pamer perut, semua ada dalam tahapan trimester kehamilan saya. Ini pregnancy milestone ala saya. Bagaimana dengan Mommies?

milestone pregnancy

*Image dari www.parentdish.co.uk

Semester 1

Keadaan bayi: Di bulan pertama sampai ketiga ini, bayi masih sebesar buah anggur dan tumbuh sampai sebesar jeruk. Otot dan sel darah putih mulai terbentuk, dan dia juga mulai bisa bergerak.

Keadaan saya: Ini adalah masa-masa mengharukan dan sangat emosional. Waktu saya mengalaminya, yang ada di pikiran saya hanya rasa takjub membayangkan ada mahluk yang hidup di dalam tubuh saya. Bawaannya mau woro-woro ke seluruh orang yang saya kenal kalau saya lagi hamil, hihihi. Hormon yang bikin mood tidak stabil, morning sicks, dan jadi picky terhadap makanan, nggak ada apa-apanya deh dibanding rasa senang saya :D.

“Gue terharu banget waktu tahu gue hamil. Sadar kalau gue sudah mau menjadi ibu dan di dalam perut gue ada bayi yang sudah 7 cm. Terharu…” – Krisna, hamil 4 bulan.

Semester 2

Keadaan bayi: Di bulan ke-4 sampai 6 ini, tangan dan kakinya mulai terbentuk, bersiap-siap merasakan tendangan lembut di minggu ke-21. Penglihatan, penciuman, dan pendengarannya mulai berfungsi (di sini saya mulai rajin menyetel lagu atau membacakan si kecil buku!), beratnya mencapai 200 gram, dan matanya mulai terbuka.

Keadaan saya: Morning sicks mulai berkurang, tapi badan malah terasa lemas. Saya juga jadi gampang mengantuk, pelupa dan gampang lapar. Dan kalau kata teman-teman saya, saya jadi sedikit nyebelin karena maunya apa-apa diturutin, hahaha. Tapi serunya adalah, waktunya pamer perut, ihiiiiiy. Soalnya si perut buncitnya sudah mulai terlihat, kan :D. Lumayan caper, lah!

“Semester ke-2 itu masuk masa hamil yang paling menyenangkan. Morning sickness sudah hilang, makan dan minum sudah enak, bisa menikmati makan-minum apapun tanpa takut muntah. Tapi masuk akhir semester 2, mulai mengalami kaki bengkak, nih.” – Friska, hamil 6 bulan.

Semester 3

Keadaan bayi: Pada minggu ke-31, bayi mulai bisa melihat cahaya. Dia juga sudah bisa merasakan makanan yang bumil makan dan mendengar yang bumil katakan. Di usia sekitar 36 bulan, dia mulai berputar dengan posisi kepala di bawah dan bumil bisa sangat merasakan setiap dia bergerak.

Keadaan saya: Yaaaak, saya mulai gatal untuk belanja keperluan bayi. Waktu hamil anak pertama, saya heboh membeli semua perlengkapan bayi (padahal ini tidak perlu). Masalahnya banyak juga bumil yang hanya mempersiapkan keperluan fisik, tapi lupa menyiapkan keperluan mental.

“Badan tambah gede… Makin sering sesak napas, makan sudah nggak terlalu banyak tapi sering, karena gampang begah. Aku dua kali masuk RS karena demam dan sesak napas. Sekarang gampang kepanasan, keringat mengucur padahal AC sudah 18 derajat. Akhir-akhir ini juga makin gampang panik sampai terbawa mimpi kalau kepikiran sesuatu karena menjelang lahiran, termasuk soal uang persiapan kelahiran. Hahaha…” – Laura, hamil 8 bulan.


Post Comment