The Little Thoughts Book of Baby Shower, Guide Lengkap untuk Baby Shower

Untuk Mommies yang lagi kepikiran untuk mengadakan Baby Shower, mungkin bisa meluangkan waktu membaca buku yang satu ini sebagai guide lengkap.

The Little Thoughts Book of Baby Shower 2

Nyaris 10 tahun lalu saat saya hamil anak pertama, kehebohan Baby Shower belum seperti sekarang. Saat ini, rasa-rasanya sering saya temui ketika saya makan di restoran ada sekelompok ibu-ibu muda yang seru-seruan mengadakan Baby Shower. Dan kayaknya Baby Shower ini juga menjadi peluang bisnis lho untuk para party planner, decorator dkk-nya, hehehe. Semakin digarap dengan serius . Kalau Mommies sedang hamil dan kepikiran untuk menyelenggarakan Baby Shower, atau mungkin sedang berencana membuat kejutan Baby Shower untuk sahabat yang sedang hamil, pasti butuh guideline kan untuk mengadakannya?

Kebetulan, minggu kemarin saya menghadiri peluncuran buku yang digagas oleh dua sahabat, Nadia Mulya serta Ola Harika. Nadia, yang kini sedang mengandung anak ketiga, bersama Ola Harika yang dikenal sebagai pemilik dari Party Planner The Little Thoughts menuli sebuah buku menarik dengan judul The Little Thoughts Book of Baby Shower – Tips Lengkap Membuat Pesta Unik dan Berkesan yang terdiri dari 6 bab.

Baby Shower

Di bab pertama, dibahas secara sangat singkat mengenai asal usul Baby Shower itu sendiri. Untuk Mommies yang merasa tidak terlalu peduli dengan asal usul Baby Shower, bisa langsung skip saja bab ini.

Memasuki bab kedua, pembahasan lebih menarik. Jadi ada penjelasan mengenai etiket menyelenggarakan Baby Shower, termasuk dibahas tentang kapan perlu RSVP, siapa yang menjadi host, bagaimana jika orang tua ingin ikut mengundang kenalan mereka, batasan kesopanan dalam mengunggah foto baby shower di social media.

Jika Anda tipe yang masih maju mundur saat ingin menggunakan jasa party planner, maka di bab ketiga kebingungan Anda bisa terjawab. Familiar dengan perasaan kalau memakai jasa party planner itu pasti mahal? Nah, Ola Harika akan menjawabnya di sini, hehehe.

Bab empat ini adalah bab favorit saya….. karena sangat detail membahas mempersiapkan Baby Shower. Saya suka karena mereka mencantumkan timeline dilengkapi dengan apa yang harus dilakukan, mulai dari H-30 hingga + 7 hari. Belum lagi penjelasan siapa yang perlu diundang jika kita ingin suasana Baby Shower bersifat akrab, sederhana, sedang atau besar/ formal. Oh, favorit saya yang lain adalah rundown yang dibuat. Kalau Mommies malas, Mommies tinggal mencontek saja rundown yang ada di buku ini, hehehe. Pilihan games-nya juga sangat bervariasi dan nggak yang standar-standar banget. Seru!

Di bab lima yang mengulik tentang inspirasi tema dan dekorasi Baby Shower, saya senang karena ada semacam tutorial membuat flower arrangement, aksesoris pesta, resep sederhana minuman hingga, pernak pernik untuk photo booth hingga menghias napkin dan cutleries holder.

Nah, sebagai bab terakhir, bab enam ini memberikan kita beragam ide hadiah. Mulai dari ide souvenir untuk para tamu yang hadir, ide hadiah untuk para pemenang games dan hadiah untuk calon ibu dan ayah yang akan menyambut kelahiran si kecil.

Di halaman terakhir, ada satu halaman direktori untuk photography, venue, florist, party supply dan balloons, rental furniture, cake – cupcakes dan cakepops, tempat untuk melakukan baby registry serta tailor and dress maker. IMO, direktorinya kurang banyak sih, hahaha. Satu lagi yang menjadi concern saya, ukuran buku yang terlalu besar, jadi kesannya kurang handy untuk dibawa-bawa. Oh, sama tambahan, coba ada halaman kosong untuk Mommies mencoret-coret, pasti akan lebih enak (banyak mau ya saya :D).

Tapi so far sih cukup berguna kok buku ini. Mommies bisa membelinya di Toko Buku Gramedia.