Aplikasi Berbagi Sehat, Memudahkan Pantau Kesehatan Anak

Penasaran dengan diagnosa awal penyakit si kecil? Mau mencatat riwayat kesehatan tanpa ribet? Atau mau tahu gejala penyakit yang terdapat di suatu wilayah? Coba gunakan aplikasi Berbagi Sehat, deh.

Suatu hari suami saya pernah tanya, “Dis… Bumi itu kapan lagi yang vaksinasi lanjutan? Ada vaksinasi yang perlu diulang kan?” Daang… saat itu juga saya seperti kesentil. Bukan apa-apa, saat usia anak saya sudah cukup besar seperti sekarang, saya memang jadi kurang aware. Beda ketika Bumi masih bayi,  jadwal imunisasinya bisa saya hapal. Meleset satu hari saja sudah panik. Tapi sekarang? Duuh…. #failedmom. Jadilah saat itu juga saya sibuk mencari buku kesehatan Bumi. Beruntung akhirnya buku tersebut saya temukan. Bagaimana kalau hilang?

Saya sendiri sebenarnya sangat paham kalau mencatat riwayat kesehatan anak itu sangat perlu. Paling nggak ketika anak mengalami gangguan kesehatan, dokter bisa dengan mudah melihat sejarah kesehatan anak saat ia usia balita.  Dengan adanya buku kesehatan ini kita punya data akurat mengenai tumbuh kembang anak, termasuk gangguan kesehatan yang pernah dialami.

Beruntung saat ini kita hidup di era digital yang benar-benar memudahkan segalanya, termasuk soal mencatat riwayat kehatan anak. Jadi, saat ini Lifebuoy sudah mengeluarkan sebuah aplikasi beranama ‘Berbagi Sehat’. Aplikasi ini bisa kita manfaatkan untuk mencatat riwayat kesehatan anak secara lengkap. Termasuk mencatat imunisasi yang telah diberikan ataupun gejala saat anak sakit.

aplikasi berbagi sehat

Nggak cuma itu saja, aplikasi ini pun bisa membantu kita untuk mengenali gejala penyakit yang sedang diderita si kecil, terutama oleh kuman  penyakit. Ada 62 penyakit yang ada dalam fitur ini. Semakin banyak kita memasukan kata kunci sesuai gejala yang dialami anak, informasi penyakit pun akan semakin mengkrucut.

Fitur lain yang cukup menarik adalah radar gejala penyakit, yang bisa kita manfaatkan untuk mendeteksi penyakit yang terdapat di lingkungan sekitar. Misalnya, kalau kita penasaran dengan penyakit yang sedang banyak dialami di derah tempat tinggal kita, informasinya bisa segera kita dapatkan. Dengan begitu, kita pun bisa lebih mawas diri.

Lahirnya aplikasi ini sebenarnya tidak terlepas karena kehidupan para orangtua tidak bisa lepas dari internet. Benar juga, sih, ketika ada anggota keluarga yang sakit pasti langsung mencari informasi di internet. Masalahnya, informasi yang yang kita dapatkan lewat browsing memang tidak semuanya akurat. Untuk menjawab kebutuhan orangtua, Lifebuoy pun akhirnya meluncurkan aplikasi ini dengan menggandeng Klikdokter.com. Menurut  dr. Melyarna Putri, MPH, redaksi medis klikdokter.com pencarian informasi seputar masalah kesehatan menempati urutan tiga teratas sebagai informasi paling banyak dicari di internet.

Selain itu, sebelumnya Lifebuoy pun lebih dulu melakukan  sebuah riset dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) terhadap 40 ibu muda di Jakarta. Sekedar informasi, FGD ini dilakukan bersama komunitas Mommies Daily. Hasilnya, terbukti kalau 90% peserta melakukan observasi serta mencari tahu tentang gejala penyakit anaknya di internet sebelum membawa ke dokter. Oleh karena itulah akhirnya Lifebuoy menggagas aplikasi ini untuk memudahkan kita mendapatkan data yang akurat.

Mungkin aplikasi ini bisa menjadi alternatif lain bagi orangtua  untuk mecari informasi mengenai penyakit selain browsing. Mommies sendiri bagaimana?


Post Comment