5 Penangkal Sinar Matahari untuk Bumil

Ditulis oleh: Monik Wulandari

Sebenarnya mau lagi hamil atau tidak, urusan melindungi kulit dari ‘serangan’ sinar matahari berlebih tetap harus diperhatikan sih. Ini 5 produk pillihan saya.

Pregnant Woman in Park

*Gambar dari sini

Untuk urusan menangkal sinar matahari, awalnya saya sempat bingung dengan perbedaan antara sunscreen dengan sunblock. Untungnya, Mommies Daily itu bersaudara dengan Female Daily yaaaa, gudangnya sumber berita untuk urusan kecantikan dan segala perawatan kulit dkk-nya, hahahaha, jadi saya pun mencari tahu apa bedanya.

Jadi ternyata, sunscreen atau tabir surya merupakan krim perlindungan kulit yang memiliki filter untuk melidungi dari sinar UV A dan UV B, meski tidak seluruhnya. Jadi dengan kandungan Sun Protector Factor (SPF), masih memungkinkan bila UV A, yang dapat menyebabkan kerusakan kulit hingga penuaan dan kanker, terserap ke dalam kulit. Kandungannya yang ringan ini membuat produk sunscreen biasanya aman dikenakan oleh bumil.

Sedangkan sunblock merupakan krim perlindungan kulit yang mengandung bahan zinc yang dapat memantulkan sinar UV, sehingga lebih ampuh untuk mencegah terjadinya kerusakan kulit. Tapi perlu diperhatikan bahwa meskipun secara umum sunblock juga aman digunakan, ada beberapa kandungan yang harus dihindari keberadaannya, seperti oxybenzone, homosalate, 4-methylbenzylidene champhor, octocrylene dan para-aminobenzoic acid.

Untuk para mommies, saya mengumpulkan lima produk yang aman untuk perlindungan kulit sehari-hari.

  1. Wardah Sunscreen Gel

Produk bertekstur gel ini merupakan salah satu sunscreen yang cukup terjangkau dengan perlindungan maksimal SPF 30. Diperkaya dengan Aloe Vera dan Pro Vitamin B5 untuk melembapkan dan Vitamin E sebagai antioksidan.

  1. Parasol Face Sunblock Cream

Krim perlindungan terhadap sinar matahari yang mengandung Aloe Vera dan Vitamin E ini mampu menjaga kelembapan kulit dan dapat berfungsi sebagai alas makeup. Cocok untuk kulit yang sensitif.

  1. Clarins UV Plus HP Ecran Multi Protection SPF 40

Dengan kandungan mineral di dalamnya, sunscreen ini mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang merusak dan menyebabkan penuaan dini. Warnanya yang sheer membuat Anda tak perlu khawatir terlihat berlebihan.

  1. Nivea Sun Whitening Face Cream SPF 50

Sunblock dengan SPF 50 ini memang terasa berminyak pada awal pengaplikasian, tapi lantas mudah diserap kulit dan meninggalkan rasa kering dengan wangi lembut. Kandungannya juga melindungi kolagen kulit, jadi nyaman untuk dikenakan pada aktivitas outdoor.

  1. Shiseido Ultimate Sun Protection Lotion

Sunscreen dengan formula yang cukup ringan ini termasuk serba guna karena setelah pemakaian juga tahan air, keringat dan pasir. Teksturnya yang cair membuat lotion ini juga hemat dan menyerap sempurna!

Jadi jangan lupa memasukkan penangkal ini ke tas liburan Anda ya mommies.


Post Comment