Spa Vagina, Banyak Manfaat atau Penuh Risiko?

Ada yang penasaran mau mencoba spa vagina? Sebelum melakukannya, lebih baik ketahui dulu manfaatnya serta risiko yang dipaparkan oleh dr. Yusfa Rasyid SpOG.

Beberapa tahun belakangan ini, perawatan spa vagina kian marak ditawarkan. Nggak percaya? Coba deh, perhatikan di sepanjang jalan pasti banyak salon kecantikan atau klinik yang menawarkan perawatan organ intim wanita yang satu  ini. Katanya, sih, spa vagina bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah organ intim seperti keputihan, bahkan ada yang mengklaim kalau bisa mengencangkan kembali otot-otot vagina.

Jujur saja,  sampai sekarang saya masih belum tertarik untuk mencoba melakukannya. Sejauh ini, perawatan organ intim yang pernah saya lakukan hanya sebatas ratus, itu pun baru beberapa kali saya coba. Sedangkan untuk perawatan sehar-hari, saya hanya menggunakan cairan Ph balance khusus organ intim.  Meskipun begitu, saya cukup penasaran, apakah spa vagina ini benar-benar bemanfaat? Jangan-jangan malah penuh risiko?

Sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan organ intim secara lanjut, saya pun kepada dr. Yusfa Rasyid SpOG mengenai spa vagina.

spa vagina

Apakah benar, spa vagina bermanfaat dan patut dilakukan khususnya bagi perempuan yang sudah menikah?

Vagina itu bukan daerah steril yang nggak ada kumannya, jadi vagina itu pasti ada kumannya. Namun,  kuman dalam vagina itu ada kuman yang baik, yang bisa menjaga PH. Supaya bisa menjaga tingkat keasaaman, sehingga bisa cocok untuk kuman yang baik tetap hidup.

Jadi, melakukan pembersihan secara masif, apalagi kalau dilakukan sampai berulang kali, tentu saja akan menyebabkan flora normal vagina akan mati. Pertahanannya akan lemah, sehingga kuman apapun bisa merajalela di sana. Tidak hanya kuman yang baik saja yang akan hidup, tapi kuman yang jelek pun bisa masuk dan hidup.

Dengan demikian, apakah spa vagina justru berbahaya atau memiliki banyak risiko? Ketahui pemaparan dokter kandungan yang berpraktik di RS YPK dan Medistra di laman selanjutnya.


Post Comment