Belajar Fun Dengan Fun Thinkers

Ini salah satu alat yang menyenangkan untuk anak-anak (dan saya) belajar, mulai dari mengenai hitung-hitungan sampai penalaran.

Sejujurnya saya agak lupa, kapan tepatnya saya membeli paket Fun Thinkers dari Grollier ini. Yang saya ingat, waktu itu saya lagi belanja di salah satu hypermart dan kemudian anak-anak saya ditawari untuk mencoba buku ini. Awalnya saya sempat menganggap remeh buku ini, karena harusnya kalau memang bagus, ya dijualnya di toko buku yang ternamalah. Tapi emang ya, nggak boleh tuh sok menghakimi pada pandangan pertama.

Karena Bagus dan Djati sangat kekeuh ingin mencoba, saya jadi ikut memperhatikan, dan eeeeh, ternyata seru juga bahkan bagi saya yang itungannya sudah tua, hahaha. Oke, saya coba jelaskan ya apa sih  yang diajarkan oleh buku ini.

Jadi paket pembelajaran ini terdiri dari sekitar 10 sampai 12 buku dengan tema berbeda-beda. Ada tema matematika, bahasa Inggris, kemampuan berpikir hingga melatih imajinasi. Setiap tema ada level-levelnya, tergantung bagian apa yang ingin Anda mainkan.

Langkah pertama:

Buka lebar buku. Setiap halaman biasanya berbeda perintah. Halaman kiri dan kanan itu saling tersambung, alias, halaman kiri berguna untuk melengkapi halaman kanan.

image2

Langkah kedua:

Tempatkan kotak-kotak merah dan tutup bagian kiri dengan papan angka secara berurutan.

image3

Langkah ketiga:

Buka satu-satu deretan angka di halaman kiri dan letakkan di tempat yang benar di halaman kanan, hingga angka-angka di sebelah kiri terbuka semua.

image1 (2)

Langkah keempat:

Jika sudah selesai hingga seluruh angka di sebelah kiri pindah ke kanan, tutup kotak merah dan lihat susunan warna yang terbentuk. Jika susunan warna pada kotak merah sesuai dengan susunan warna yang terletak di halaman sebelah kanan atas, maka semua jawaban benar. Kalau ada yang salah peletakannya maka susunan warna pasti berbeda.

image2 (1)

 

image3 (1)

Semakin susah level yang dipilih maka soal juga akan semakin sulit, bahkan untuk saya dan suami *__*. Untuk satu paket ini harganya cukup mahal, di atas 1.500.000, tapi worth it kok. Dan, ada sistem cicilan pembayaran yang ditawarkan. Jadi bisalah bernapas.