ASI Booster Alami

Ditulis oleh: Lariza Puteri

ASI booster versi saya bukan jenis suplemen, tapi lebih kepada pemilihan makanan yang tepat yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Dari sekian banyak kekhawatiran saat hamil kedua ini, saya cukup parno dengan momen menyusui nanti. Bukan berarti saya tidak mau menyusui, justru sebaliknya, niat menyusui sudah ada sejak dua garis muncul di test pack. Satu hal yang saya khawatirkan adalah produksi ASI. Dulu, saat menyusui anak pertama, produksi ASI saya nggak banyak-banyak amat, tapi cukuplah sampai Dhia berumur 2 tahun.

Tadinya, saya sempat berpikir untuk mencari tahu tentang ASI booster yang suplemen itu. Menurut beberapa artikel yang saya baca, ASI booster (khususnya dalam bentuk suplemen) mengklaim bisa meningkatkan produksi ASI. Namun, saya sendiri belum menemukan penelitian yang benar-benar membuktikan ASI booster mampu memperbanyak produksi ASI tanpa ditambah dengan usaha yang lain. Saya pernah membaca tentang jenis-jens ASI Booster berupa kapsul. teh atau minuman hingga yang alami atau bagaimana Adis memilih daun Bangun-Bangun untuk ASI Booster alaminya.

Sampai saat ini saya masih percaya dengan ASI booster alami yang bisa saya dapatkan dari makanan. Antara lain:

h

*Gambar dari sini

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu bentuk karbohidrat yang rendah kolesterol. Zat-zat yang terkandung di dalam oatmeal juga dapat meningkatkan produksi ASI. Apalagi oatmeal merupakan comfort food yang bisa membuat ibu menyusui lebih relaks, sehingga membantu proses produksi ASI.

  1. Sayuran berdaun hijau

Seperti daun katuk dan bayam. Tak hanya membutuhkan energi, saat menyusui, ibu juga membutuhkan asupan vitamin dan mineral. Sayuran berdaun hijau mengandung banyak kalsium, zat besi, vitamin A dan asam folat. Nah, banyak resep di Mommies Daily yang mengandung sayuran berdaun hijau. Cek aja di beberapa link berikut ini: http://mommiesdaily.com/2015/08/15/resep-cauliflower-spinach-saute-oyster-sauce/, http://mommiesdaily.com/2015/08/01/bola-bola-bayam/

  1. Buah dan sayur berwarna oranye

Seperti wortel dan pepaya yang mengandung fitoestrogen, beta karoten dan vitamin A yang dibutuhkan ibu menyusui agar produksi ASI tetap banyak. Cara pengolahan wortel agar mendapatkan manfaatnya adalah dengan dijus.

  1. Asparagus

Tinggi serat, asam folat, vitamin A dan K membuat asparagus menjadi salah satu bahan makanan yang dibutuhkan ibu menyusui. Asparagus juga mengandung fitoestrogen yang juga membantu produksi ASI. Selain itu, asparagus juga mengandung tryptophan dan asam amino esensial yang dapat merangsang prolaktin (hormon utama dalam produksi ASI).

  1. Salmon

Salmon merupakan sumber asam lemak esensial dan asam lemak omega 3 yang dianggap sebagai galactagogue. Alasan lain mengapa ibu menyusui membutuhkan asam lemak esensial dan asam lemak omega 3 adalah untuk meningkatkan gizi ibu menyusui sehingga ia bisa menghasilkan hormon yang diperlukan untuk produksi ASI. Selain itu, asam lemak esensial merupakan bagian dari ASI sehingga produksi ASI pun menjadi berkualitas.

Dari sekarang saya sudah mencari beragam menu yang mengandung kelima bahan di atas ini, sih. Ya semoga saja benar-benar ampuh menjadi ASI booster alami saya. Doakaaaaan ya.