Breastmilk Changes

Ternyata kandungan nutrisi di dalam ASI dapat mengalami perubahan sesuai dengan usia tumbuh kembang dan kebutuhan sang bayi, lho mom.

Mommies pernah nggak memerhatikan saat memerah ASI, kadang-kadang ASIP terlihat berbeda. Hari ini ASIP terlihat lebih pekat dan di lain waktu ASIP tampak lebih encer? Saya dulu pernah bertanya-tanya tentang perubahan ini. Sayangnya dulu informasi mengenai ASI dan breastfeeding belum sebanyak sekarang. Jadi rasa bingung dan bertanya-tanya ya saya telan sendiri saja. Ternyata, perbedaan itu wajar karena memang komposisi ASI mengalami perubahan.

milk-colour

*Gambar dari sini

Selain mengalami perubahan sesuai dengan usia tumbuh kembang dan kebutuhan sang bayi, komposisi ASI juga berbeda berdasarkan lamanya waktu menyusui. Pada permulaan menyusui, di lima menit pertama, ASI yang keluar disebut foremilk yang mengandung kadar protein tinggi. ASI yang keluar di akhir masa menyusui, biasanya di menit ke 15-20 disebut hindmilk yang mengandung kadar lemak tinggi. Maka, umumnya dokter atau perawat akan menyarankan mommies untuk menyusui bayi sampai tuntas pada satu payudara, baru kemudian berpindah ke payudara lainnya agar bayi mendapatkan seluruh nutrisi pada ASI yang dibutuhkan.

Lalu, bagaimana dengan perubahan komposisi ASI dari hari ke hari? Menurut dr Meta Hanindita, SpA ini yang perubahan yang dialami oleh ASI:

KOLOSTRUM

Sejak hari kelahiran hingga 5 hari kedepan umumnya cairan yang keluar dari payudara adalah Kolostrum. Cairan kental berwarna kekuningan ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding karbohidrat dan lemak. Mengapa si kecil wajib mendapatkan kolostrum? Karena kolostrum mengandung antibodi yang paling banyak dibanding ASI yang keluar di hari-hari selanjutnya. Berhubung bayi mungil kita sangat rentan akan infeksi dari lingkungan sekitar di hari-hari pertama kehidupan, no wonder cairan kekuningan ini wajib  dikonsumsi oleh si kecil.

ASI TRANSISI

ASI Transisi biasanya mulai diproduksi sejak hari ke lima hingga hari ke-14 dan saat itu kadar protein mulai berkurang, sebaliknya karbohidrat dan lemak mulai meningkat. Warna ASI pun juga tidak terlalu pekat.

ASI MATUR

Ini adalah ASI yang diproduksi sejak hari ke-14 dan seterusnya. Kandungan karbohidrat dan lemak di dalamnya lebih tinggi. Selanjutnya komposisi mulai konstan.

Secara garis besar, ASI pada saat lahir yang disebut juga dengan Kolostrum sangat baik untuk daya tahan tubuh si kecil. Di minggu ke-6 ASI has highest concentration of antibodies. Di usia bayi memasuki 3 bulan ASI penuh memiliki kandungan kalori yang tinggi untuk menunjang tumbuh kembang milestone si kecil. Di bulan ke 6 kandungan omega acid di dalam ASI sangat penting untuk brain development. Dan 12 bulan ke atas ASI mengandung kalori dan omega acid untuk pertumbuhan otot tubuh serta brain development.

Jadi, nggak usah bingung lagi dengan perubahan warna atau kadar kepekatan si ASI ya mom.