Pekan ASI Sedunia: Breastfeeding Now

Kesadaran masyarakat mengenai pentingnya breastfeeding alias menyusui bayi baru lahir semakin ke sini semakin tinggi. Senang deh melihat perubahan yang sudah jelas positif ini.

Dalam rangka Pekan ASI Sedunia, saya ingin membahas tentang perbedaan kesadaran masyarakat akan breastfeeding. Nggak usah jauh-jauh mencari contoh. Momen saya melahirkan anak pertama dengan anak kedua saja dukungan Rumah Sakit tempat saya melahirkan sangat berbeda jauh. Saat melahirkan Bagus di tahun 2006, di sebuah Rumah Sakit Ibu dan Anak, nggak ada tuh yang namanya IMD dan rawat gabung dengan si kecil. Dan, yang menyedihkan lagi adalah, pihak Rumah Sakit membekali saya dengan sekotak susu formula. Berhubung saya masih bloon, jadi di awal sempat Bagus mendapatkan susu formula. Untungnya, pulang ke rumah, saya semangat memberinya ASI dan sukses sampe masa ASI eksklusif.

Nah, saat adeknya lahir di tahun 2008, semua berubah. Saya sempat melakukan IMD, kamar saya dan bayi pun menjadi satu, umpama Djati sempat dibawa ke kamar bayi pun, saat ia menangis, suster rumah sakit dengan sigap akan membawa Djati ke saya untuk menyusu. Dan, saya sukses meyusui Djati sampai dia usia satu tahun…. pun dengan penuh drama. Bayangkan, dua minggu pertama dia sempat menginap di Rumah Sakit karena kuning dan saya harus bolak balik Bekasi – Jatinegara untuk membawa ASIP dan menyusui langsung di sana. Drama berikut adalah, saat saya jatuh sakit ketika sedang menyusui di bulan ke 4. Sakitnya combo lagi, Tifus dan Demam Berdarah. But, well, kami sukses melewatinya. Dan, berikutnya memasuki usia Djati 6 bulan, saya menjadi pendonor ASI untuk keponakan saya yang dirawat di ICU karena DBD. Komplit. Namun, perjuangan kami berdua sukses.

ASI-03

Jadi, terberkatilah kita para ibu karena sudah semakin banyak pihak yang mendukung gerakan breastfeeding. Mulai dari peroangan, institusi hingga pemerintah. Yuk kita cek. Sekarang, semakin banyak komunitas yang menjadi support system sempurna untuk ibu menyusui, semakin banyak ruang menyusui yang tersedia di tempat-tempa umum, seperti pusat perbelanjaan, gedung perkantoran hingga terakhir yang saya tahu adalah stasiun kereta api. Sekarang, perlengkapan menyusui juga lebih memudahkan para ibu untuk menyusui kapan saja dan di mana saja. Sekarang, iklan susu formula untuk anak usia 2 tahun sudah dilarang untuk beriklan secara terang-terangan. Well, seolah semesta mendukung para ibu untuk sukses menyusui kan!

Tapiiiii, bukan berarti kemudian kita berhak untuk menghakimi mereka yang tidak memberikan ASI eksklusif untuk anaknya. Dalam kasus ini, saya percaya dengan kalimat bahwa everyone has their own battle. Siapa kita yang bisa mengatakan bahwa dia bukan ibu yang baik karena tidak memberikan ASI untuk anaknya? Siapa kita yang bisa menghakimi seorang ibu terlalu memanjakan anaknya hanya karena menyusui anaknya lebih dari dua tahun? Atau siapa kita yang bisa mengatakan bahwa ibu itu pemalas hanya karena dia memberikan ASIP melalui botol? Bagi saya pribadi, setiap ibu pasti memiliki cinta dan ingin yang terbaik untuk anaknya. Jadi, mari kita nggak usah pusing dengan komitmen ibu lain dan fokus saja pada diri kita sendiri.

Dalam rangka menyambut Pekan ASI Sedunia yang jatuh pada tanggal 1-7 Agustus 2015, maka Mommies Daily akan menulis beragam cerita dan artikel mengenai breastfeeding dari segala topik yang akan hadir setiap hari di sepanjang bulan Agustus. Mulai dari penelitian baru tentang breastfeeding, problem menyusui dengan payudara bermasalah, tips menyusui jika si kecil sakit, sukses menyusui jika ibu yang sakit, manfaat menyusu terhadap tumbuh kembang oromotor bayi hingga beragam menu dengan bahan dasar yang dapat membuat produksi ASI meningkat.

Selain pekan ASI, di bulan Agustus ini juga ada Hari Kemerdekaan RI yang biasanya akan banyak lomba menarik untuk diikuti oleh anak-anak kita. Pertanyaannya adalah, sudahkan kita menyiapkan emosi si kecil jika ternyata ia kalah dalam perlombaan? Tunggu tulisannya di bulan ini ya moms. Kami juga akan hadir dengan tools menarik di bulan ini.

So, selamat menikmati bulan Agustus yang semoga cerah ceria dan enjoy your journey as a mom with breastfeeding moment.

Selamat pekan Asi sedunia