Money Talks: Keuangan untuk Ibu Bekerja

Oleh: Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance

Apa pilihan Mommies setelah menikah dan melahirkan anak?  Bekerja lagi sebagai karyawan tetap atau pun bekerja lepas waktu banyak dilakoni oleh ibu di Indonesia terutama di kota-kota besar. Bahkan, sejak 10 tahun silam sebanyak 53% dari ibu kembali lagi ke dunia kerja meski telah berkeluarga.

keuangan ibu bekerja

Gambar dari sini

Sayangnya, meski banyak populasi ibu bekerja, namun tingkat kesejahteraan seorang perempuan terutama di masa tuanya belum juga membaik. Salah satu penyebabnya adalah kurang idealnya pengelolaan keuangan di masa produktif seorang ibu. Apa saja tips keuangan yang sebaiknya diperhatikan oleh seorang ibu bekerja?

  1. Paham cara kerja aplikasi online banking

Kepraktisan aplikasi online banking harus bisa dimanfaatkan oleh ibu bekerja. Dengan bantuan aplikasi ini pun, kita bisa memantau perkembangan dana dan pengeluaran bulanan rumah tangga setiap saat.

  1. Memiliki investasi masa depan pribadi

Entah karena alasan kultur atau lainnya, ternyata masih banyak ibu bekerja yang belum terbiasa punya rekening pribadi yang ditujukan untuk investasi masa depannya. Pada umumnya, gaji isteri bercampur 100% dengan gaji suami. Mulai saat ini, sisihkan setidaknya 5% dari penghasilan untuk investasi masa depan di rekening tabungan yang terpisah.

  1. Paham cara kerja kartu kredit

Kartu kredit memiliki fungsi utama sebagai alat tunda pembayaran. Tetapi, usahakan saat jatuh tempo tagihan bayarkan seluruh jumlahnya secara lunas. Mudahnya, jika Anda terima tagihan, maka akan ada 2 keterangan angka yang ditampilkan yaitu angka pembayaran minimum dan angka total tagihan. Jangan pilih jumlah angka terkecil, karena artinya Anda hanya bayar minimum dan akan terkena biaya bunga kartu kredit yang tinggi.

  1. Memiliki rekening belanja pribadi

Seorang ibu pasti gemar belanja, baik itu berbentuk pakaian, perawatan salon, atau pun kuliner. Nah, mommies sebaiknya punya dedicated shopping account yang selalu diisi setiap bulan dari gaji. Sehingga, kita tidak pernah punya rasa bersalah saat berbelanja untuk urusan pribadi.

  1. Punya dana kesehatan

Bukan rahasia lagi, memasuki usia 40an nanti seorang ibu akan menghadapi berbagai tantangan dalam hal kesehatan. Punya dana kesehatan dalam bentuk tabungan dan juga asuransi adalah wajib untuk setiap ibu. Pastikan mommies punya dana kesehatan dalam jumlah memadai, sesuai dengan riwayat kesehatan masing-masing.

Nah, Mommies, itu dia 5 tips keuangan sederhana yang sebaiknya dilakukan oleh seorang ibu bekerja. Langkah selanjutnya, membuat rencana keuangan untuk mencapai impian keluarga. Live a Beautiful Life!


Post Comment