Mengajak Anak Cinta Membaca Bersama Rabbit Hole

Hari Minggu tanggal 2 November lalu, saya menghadiri acara Festival Dongeng Indonesia 2014 di Museum Nasional, Jakarta. Selain tertarik untuk menghadiri ajang dongeng untuk pertama kalinya, saya secara khusus juga ingin mengikuti acara launching buku seri “Mengenal Huruf Melalui Dongeng” oleh Rabbit Hole Indonesia. Apakah Rabbit Hole?

rhSaya pertama kali mengetahui soal Rabbit Hole dari flyer yang mereka sebarkan di perpustakaan Rimba Baca di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, yang memang kerap saya sambangi bersama Bumy. Mereka adalah pembuat buku anak yang juga menyediakan jasa kustomisasi untuk buku-buku yang dibuat; mulai dari nama, karakter tokoh, sampai menyesuaikan cerita dengan minat atau hobi sang anak. Mereka juga membuat aplikasi mobile, lho, yang menyediakan cerita-cerita interaktif sehingga anak bisa memilih sendiri jalan sendiri yang mereka inginkan. Mirip seperti buku cerita yang saya sukai waktu kecil dulu, tapi ini versi digitalnya!

Dari ketertarikan terhadap Rabbit Hole, saya lalu mem-follow akun twitter founder-nya, yaitu Devi Raissa (@deviraissa) yang seorang psikolog dan sering berbagi mengenai wawasan seputar pengasuhan, khususnya yang berkaitan dengan manfaat dan tips bercerita kepada anak. Ketika mendapat informasi bahwa Rabbit Hole akan mengadakan launching buku yang juga diisi dengan talkshow “Ajaibnya Mendongeng dengan Buku,” tentu saja saya sangat penasaran dan tak ingin melewatkan kesempatan ini.

Ketika kami tiba di Museum Nasional, di panggung sedang ada pendongeng yang menampilkan aksinya kepada para pengunjung yang hadir. Seperti saya sebutkan tadi, acara launching ini memang menjadi bagian dari rangkaian Festival Dongeng Indonesia. Dalam Festival Dongeng sendiri ada berbagai penampilan dari pendongeng internasional maupun nasional, workshop mendongeng, Story Yoga, dan acara menarik lainnya.

Ada apa saja? Lengkapnya, baca di halaman berikut, ya!


5 Comments - Write a Comment

    1. Hai mom, iya ternyata acaranya seru. Bukan cuma diisi dongeng, tapi juga ada bazaar yang menjual pernak-pernik untuk storytelling atau yang berbau edukatif (tetep yah, shopping nggak pernah terlewatkan hihi)…
      Ternyata di Museum Nasional sering diadain acara untuk keluarga dan anak-anak, lho. Keren banget, bisa jadi alternatif weekend tanpa mall. Saya juga baru tau.. beberapa waktu lalu sempat ada acara teater gitu untuk anak-anak. Bisa diliat di akun FB https://www.facebook.com/museumnasionalindonesia dan di FB page “Akhir Pekan di Museum” untuk tahu acara-acara berikutnya, hehe *berasa jadi PR Museum Nasional*

Post Comment