8 Tips For An Awesome Powerpoint

Sukses tidaknya sebuah presentasi memang disebabkan oleh banyak faktor. Tapi, materi presentasi yang membosankan bisa saja menjadi faktor penyebab.

presentation_woman_pointing_to_pie_chart

 

*Gambar dari sini

Sebagai mompreneur atau ibu bekerja, presentasi sudah pasti menjadi ‘makanan’ sehari-hari. Well, mungkin tidak setiap hari sih, tapi pasti ada saat Anda dituntut untuk melakukan presentasi di depan rekan kerja, di hadapan atasan atau calon klien. Persiapan sudah maksimal, topik bahasan sudah Anda kuasai tapi, kok, saat presentasi, orang-orang terlihat bosan dan akhirnya tujuan utama dari presentasi Anda menguap entah kemana. Ouch, apa yang salah, ya?

Seperti yang sudah saya katakana di atas, banyak faktor yang bisa menjadi penyebab mengapa presentasi Anda gagal. Salah satunya adalah, yang seringkali terjadi, materi presentasi Anda membosankan. Maka rentang fokus dari pendengar pun juga mudah hilang. Bagaimana cara agar hal ini tak lagi terjadi? Berikut 8 tips dari kami:

  1. Killer Opening

Kesan pertama adalah segalanya. Maka, jangan takut untuk membuat slide pembuka atau kalimat pembuka yang eye catching. Pilih bold color atau image yang menarik.

  1. Standard Templates Are UGLY, Create Your Own Design

Tahukah Anda, template yang standar itu terlihat membosankan dan tidak orisinil. Dan, biasanya, template yang standar akan membuat Anda terlalu banyak memuat kalimat. Boring. Daripada memenuhi satu slide dengan terlalu banyak point, lebih baik break setiap point ke dalam slide-slide yang berbeda. Memang membuat slide menjadi lebih banyak, namun juga menjadi lebih menarik.

  1. Choose Your Color Wisely

Pilihan warna-warna kontras bisa menjadi pilihan. Tapi pastikan tidak ada salah satu warna yang akan ‘tenggelam’ dari warna lainnya. Selanjutnya, pastikan nuansa warna setiap slide ada benang merahnya. Coba cek colorlovers.com untuk isnpirasi Anda.

  1. Make Information Interesting

Instead of boring charts, use infographics. Tabel, pie chart dan teman-temannya sudah tidak terlalu menarik lagi. Lebih baik gunakan infografis seperti “80% komunitas Mommies Daily adalah pengguna smartphone.” Dengan infografis semacam ini, tujuan utama mudah ditangkap.

  1. Keep It Simple

Jangan penuhi halaman slide dengan tulisan. Biarkan slide hanya menampilkan poin utama dari yang ingin Anda bicarakan dan biarkan pendengar mendengarkan Anda berbicara. Let your slide breathe and it lets your audience listen to you.

  1. Default Fonts Are BORING

Lupakan Times New Roman atau Comic Sans. Cari pilihan font lain yang lebih seru. Bisa mix & match dengan maksimal 3 pilihan huruf. Coba cek di www.dafont.com untuk alternatif font.

  1. Images Speak Louder Than Words

Biarkan gambar yang berbicara. Ada 4 tipe images yang bisa Anda gunakan: Your own, Royalti Free (Paid), Creative Commons (Free) dan Screenshots. Ingat ya, sebisa mungkin pilih gambar yang unik dan bukan yang standar.

  1. Get Inspired

Jangan malas untuk mencari-cari inspirasi untuk presentasi. Salah satu yang bisa Anda kunjungi  untuk mencari inspirasi adalah slideshare.netc.

Good luck untuk presentasinya mommies.