Langkah Sederhana untuk Mengoptimalkan Ritual Mandi si Kecil

Tahukah Anda bahwa hasil survei yang dilansir oleh JOHNSON’S bekerja sama dengan Harris Poll pada 302 orangtua yang memiliki anak 0-3 tahun Januari lalu, menyatakan 96% orangtua memahami waktu mandi sebagai waktu yang tepat untuk mempererat ikatan emosional antara anak dan orangtua?

Tak Hanya Sekedar MandiGambar dari sini

 

Fakta tersebut kami dapatkan saat datang ke acara “JOHNSON’S so much more.” Kampanye ini menitikberatkan pada memberikan makna yang lebih ke dalam ritual memandikan anak, yaitu dibarengi dengan memberikan sentuhan, jadi tak hanya berhenti di tataran paham saja. “Penelitian menunjukkan bahwa memberikan sentuhan yang rutin akan mendukung peningkatan performa kognitif, kewaspadaan dan perhatian pada anak,” tutur Pakar Sentuhan DR. Dr I Gusti Ayu Trisna Windiani, SpA(K). Dr. Trisna menambahkan, jarak yang ideal antara ibu dan anak saat mandi adalah 30 cm selama minimal 15 menit dan dilakukan dengan konsisten. Tapi sebetulnya mandi dan sentuhan seperti apa yang dapat mendatangkan manfaat yang signifikan?

Ini dia 8 hal yang Anda bisa lakukan untuk mengoptimalkan manfaat memandikan si kecil:

  • Lakukan kontak langsung dengan si kecil, fungsinya untuk menenangkan pernapasan bayi. Jangan lupa peluk anak seusai mandi, ya. Jika mungkin, usahakan berikan pelukan “skin to skin.
  • Berikan sentuhan berupa pijatan halus secara rutin untuk meningkatkan kinerja kognitif, kewaspadaan, dan perhatian.
  • Ajak bayi Anda berbicara, karena akan bermanfaat untuk memperkaya kosakata ketika menginjak usia 2 tahun.
  • Perkenalkan kosakata sebanyak-banyaknya karena jumah kata yang didengar anak pada sampai usia 3 tahun berkaitan dengan keberhasilan akademis mereka di masa depan.
  • Jangan ragu untuk bermain dengan gelembung, karena akan membantu bayi mengembangkan koordinasi dengan tangan dan mata, serta melatih kemampuan menemukan benda-benda yang ada bahkan pada saat benda tersebut tidak bisa dilihat.
  • Berikan cipratan-cipratan halus dari air saat mandi, fungsinya membantu memperkenalkan efek sebab-akibat pada bayi.
  • Anda bisa juga memperdengarkan musik, karena akan menstimulasi bagian dari otak yang berakitan dengan kemampuan mengingatnya.
  • Jangan lupa pilih aroma yang lembut karena akan meninggalkan memori tersendiri di benaknya, dan dapat menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Semoga mulai sekarang Anda bisa memaksimalkan kualitas waktu mandi dengan si kecil. Demi menstimulasi perkembangan multi-sensorinya. Happy bath time! :)