TK Anak Alam, Sekolah Penuh Toleransi

Perkara cari sekolah anak itu emang bikin pusing, ya. Sebagai orangtua, kita tentu berharap bisa menyekolahkan anak di sekolah yang terbaik. Kriterianya, tentu balik lagi ke diri kita masing-masing. Nilai apa saja yang ingin kita tanamkan ke anak-anak? Kalau saya, berharap Bumi bisa sekolah di sekolah yang memiliki  kurikulum yang seimbang antara IQ dan EQ. Nggak cuma menomorsatukan pendidikan akademis.

Saya sih nggak akan bangga, ya, kalau anak saya bisa pintar dan juara tapi nggak diimbangi dengan kecerdasan emosional. Nggak mampu mengontrol emosinya, nggak peka dengan lingkungan sekitar, dan nggak mampu bertoleransi dengan orang lain. Makanya, saya senang sekali dengan sekolah-sekolah yang mengedepankan nilai seperti ini.

anakalamMungkin dalam hal ini TK Sekolah Alam bisa dijadikan salah satu contoh. Ada yang pernah mendengar TK Sekolah Alam di daerah  Pondok Cabe, Pamulang? Saya sendiri mengetahui sekolah ini dari salah satu teman dekat saya, Febria yang menyekolahkan puterinya di sana. Setiap ada kegiatan atau hal menarik yang baru saja dilewati putrinya, Janet, Febria selalu mengunduh foto-fotonya di Facebook. Dari foto-foto tersebut saya pun menilai kalau sekolah TK Sekolah Alam ini merupakan salah satu sekolah yang  memiliki kurikulum yang baik.

Seperti ibu kebanyakan, alasan pertama kenapa Febria memilih sekolah ini untuk puterinya juga karena jarak antara sekolah dan rumah yang dekat. “Alasan lainnya karena ada space untuk anak main dan toilet juga bersih. Selanjutnya, karena sekolah ini ada guru agama nasrani,” ujarnya.

Ya, walaupun murid-murid di sana mayoritas muslim dengan guru-guru berhijab semua, tapi basic-nya tetap sebagai sekolah umum yang memiliki nilai toleransinya kuat.  Febria bercerita kalau nilai positif yang pertama ia dapatkan adalah soal toleransi beragama.

“Dalam setahun ada dua perayaan nasrani selalu dirayakan,  yaitu Paskah dan Natal. Meskipun yang non muslim hanya dua atau tiga tapi tetap saja ada perayaan sederhana dan guru-gurunya pun mengucapkan selamat Paskah atau Natal. Sebelum masuk kelas saat anak-anak muslim berdoa bersama, anak-anak yang beragama nasrani juga diberikan waktu untuk berdoa bersama. Biasanya setelah doa muslim baru doa nasrani. Kalau Jumat, ada pelajaran agama nasrani sedangkan yang muslim belajar iqro atau mengaji.”

tkanakalam*Janet merayakan Natal bersama

Kedengarannya seru ya! Bagaimana dengan metode belajar plus biaya? Lihat di halaman selanjutnya, ya.


Post Comment