Fruit Salad with Peanut Sauce

Kali ini kita kan membuat salad buah saus kacang yang menyegarkan, kaya protein dan lemak sehat. Sebelum kita membuat salad buah ini, saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang salad itu sendiri.

Salad berasal dari bahasa latin “sal” yang artinya garam. Orang Romawi dan Yunani kuno biasanya mengkonsumsi campuran sayuran dan dressing. Dressing inilah yang biasanya terbuat dari campuran minyak dan vinegar atau garam. Pada waktu itu garam sering digunakan sebagai bahan campuran dressing. Garam pada waktu itu sangat sulit dicari sehingga dipergunakan untuk membayar gaji prajurit Romawi. Di Encyclopedia of Food and Culture, disebutkan bahwa istilah salad berasal dari bahasa Romania “herba salata” yang secara literature artinya “salted-herb” (sayuran bergaram).

Demikian sedikit cerita tentang salad. Nah, sekarang langsung saja sekarang kita buat saladnya. Namun ada satu bahan yang harus kita siapkan terlebih dahulu, yaitu membuat dressing-nya. Kali ini kita akan membuat dressing atau sausnya dengan menggunakan kacang tanah. Kacang tanah kaya akan protein dan asam lemak sehat. Kacang tanah ini kita akan olah menjadi our healthy home-made peanut butter yang bebas lemak terhidrogenasi, bebas trans-fat, bebas bahan pengawet dan bahan-bahan tambahan lainnya dan yang pasti menyehatkan.

salad buah saus kacang

 

Bahan peanut butter

100 g kacang tanah (disangrai)

1 sdt minyak zaitun

Sejumput garam

Cara membuat

  1. Kacang tanah disangrai terlebih dahulu.
  2. Campur semua bahan dan hancurkan dengan blender kering sampai berbentuk seperti pasta. Bisa juga menggunakan food processor.
  3. Simpan peanut butter dalam botol selai bersih dan diletakkan di dalam pendingin bila belum akan digunakan.

Nilai gizi per 100 g peanut butter

Kalori: 646.73 kkal

Karbohidrat: 20 g

Protein: 22 g

Lemak: 53.2 g

Peanut butter ini bisa digunakan untuk olesan roti gandum dan untuk membuat sambal kacang untuk gado-gado. Nah, setalah peanut butter-nya selesai, it’s time for us to make the salad.

Bahan salad untuk 2 porsi kecil

100 g papaya

60 g mentimun

40 g nenas

50 g mangga

50 g bengkoang

50 g jambu air

2 sdm (50 g) peanut butter

4 sdm lemon juice

30 g gula palem

4 sdm air hangat

Cara membuat

  1. Potong dadu semua bahan buah. Campur dan sisihkan.
  2. Campur rata peanut butter, lemon juice, gula palem dan air hangat.
  3. Tuang saus ke campuran buah, kemudian aduk rata. Salad siap dikonsumsi.

Nilai gizi per porsi kecil

Kalori: 311.3 kkal

Karbohidrat: 40.3 g

Protein: 7 g

Lemak: 13.5 g

Catatan: Jumlah karbohidrat banyak berasal dari serat makanan sehingga nilai kalori sebenarnya lebih rendah dari yang tercantum diatas.

Kiat:

  1. Jika ingin pedas bisa tambahkan cabe.
  2. Jangan memilih buah yang lewat matang, karena salad akan lebih berair dan penampilannya tidak enak dilihat, selain itu kandungan gulanya lebih tinggi dibandingkan dengan buah matang.
  3. Jenis buah bisa divariasi tergantung dari kesukaan.

Arief T Nur Gomo, STP, MSi adalah seorang food scientist, konsultan bisnis makanan, healthy chef, pengajar materi gizi di Jakarta Culinary Center, sertafounder dari Healthy Bites. Mau tahu lebih jauh? Silakan lihat http://arieftng.blogspot.com atau follow @arieftng.

 


Post Comment