Transfer Uang Lewat Facebook?

Pernah, nggak, ada teman atau kerabat yang perlu dana, tapi mau ditransfer ternyata nggak punya rekening bank? Hari gini nggak punya rekening bank? Masih ada, lho! Saya saja bayar kontrakan juta-juta, agak-agak khawatir nggak, sih, kalau harus bayar kontan uang gepokan gitu? Eh, tapi waktu saya mau transfer dan minta nomor rekening, maunya malah kontan karena nggak punya rekening -_-.

Mungkin bukan sama sekali nggak punya rekening kali, ya. Tapi mungkin rekeningnya tipe nggak bisa leluasa ambil uang, atau banknya nggak punya banyak ATM jadi mau ambil uang malah susah.

ebankingTapi kalau Mommies punya rekening di Bank Danamon, melalui aplikasi D-Mobile-nya, sekarang ada fitur SosMed D-Cash yang bisa transfer tanpa perlu rekening penerima, lho. Jadi cukup pengirim saja yang punya rekening di Bank Danamon, nanti penerima bisa mengambil uang yang ditransfer melalui ATM Danamon bertanda khusus. Syaratnya cuma harus sama-sama menginstal aplikasi D-Mobile dan punya akun Facebook :D.

Judulnya jadi seperti transfer via Facebook, ya. Bisa dibilang begitu, sih, karena messenger Facebook menjadi media pemberitahuan pada penerima bahwa ada transfer dari rekening Danamon. Tapi dari sisi keamanan transaksi terkait dengan Facebook, nggak perlu dikhawatirkan karena alat pengaman seperti pin atau token yang diperlukan untuk mengambil uang melalui ATM tetap harus diberikan melalui jalur pribadi seperti sms atau chat dari si pengirim transfer langsung kepada penerima.  

Alur proses transfer dan menerima uangnya kurang lebih seperti berikut ini:

  • Melalui menu Pembayaran > SosMed D-Cash dalam aplikasi D-Mobile, akan di forward ke Facebook untuk menentukan profil teman Facebook yang menjadi penerima transfer. Ikuti panduan aplikasi.
  • Tentukan passcode yang nantinya jadi semacan PIN bagi penerima transfer.
  • Penerima akan mendapatkan notifikasi melalui Facebook-nya bahwa ada transfer untuknya.
  • Pengirim uang akan memberitahukan passcode secara pribadi langsung kepada penerima, seperti via SMS atau chat.
  • Melalui aplikasi D-Mobile di pihaknya, penerima akan memproses transferan tersebut dengan memasukkan kode referensi dan pascode yang sudah diberitahukan oleh pengirim sampai keluar notifikasi Collect Money.
  • Penerima mendatangi ATM Danamon yang bertanda D-Cash dan memilih menu Tarik Tunai Tanpa Kartu. Ikuti petunjuknya dan masukkan nomor handphone penerima dan passcode yang diberikan oleh pengirim.
  • Bila semua kode sesuai, uang akan keluar dari mesin sesuai pilihan nominal pengambilan.

O, ya, tidak semua ATM Danamon bisa melayani transfer ini. Hanya yang bertanda D-Cash saja yang bisa. Tapi jangan khawatir karena dari 1400an ATM Danamon yang tersebar di seluruh Indonesia, 1280 ATM di antaranya sudah bisa melayani D-Cash.

Adakah di antara Mommies nasabah Danamon dan sudah menggunakan aplikasi D-Mobile? Sudah coba fitur D-Cash-nya juga, kah?


Post Comment