Roti Goreng Tanpa Diuleni

Roti dan donat adalah makanan favorit keluarga saya. Makanya saya pun hobi sekali membuat roti dan donat sendiri di rumah, sekaligus menjajal berbagai resep yang beredar di dunia maya maupun buku resep.

IMG_20140920_130350

Namun, berhubung hook mixer saya patah dan saya malas sekali menguleni adonan roti/donat dengan tangan (pegal, bok!), proyek eksperimen dengan resep roti/donat pun tersendat. Sempat sih saya mencoba satu resep no-knead bread alias roti tanpa diuleni. Dengan ekspektasi tinggi, saya berharap roti itu empuk dan enak. Ternyata hasilnya mengecewakan. Rotinya bertekstur agak keras seperti bagel. Saya pun ngambek bikin roti selama beberapa bulan.

Kemarin, saat iseng-iseng membuka memopad di ponsel, saya menemukan sebuah resep donat/roti goreng tanpa diuleni. Saya pun tergerak untuk mencobanya. Awalnya saya pesimis, takut kejadian dengan resep no-knead bread dulu terulang. Ternyata, hasilnya enak banget, beneran! Padahal nggak pakai diuleni sama sekali lho. Cukup diaduk-aduk dengan sendok besar, didiamkan hingga mengembang dan dibentuk. Setelah itu, digoreng dan bisa langsung dinikmati deh.

Oh ya, resep ini saya dapatkan dari milis Natural Cooking Club, jadi bukan buatan saya sendiri. Untuk yang mau mencoba, silakan saja. Gampang, mudah, dan enak!

IMG_20140920_130456

Roti Goreng Tanpa Diuleni

Bahan:

320 gram tepung terigu (saya pakai protein tinggi, Cakra Kembar)

38 gram mentega/margarin (saya gunakan 2 sdm margarin)

1 butir telur, kocok asal campur

½ sdt garam

50 gram gula pasir

½ cup susu cair hangat

½ cup air hangat

11 gram atau 1 sachet ragi instan

 

 

Cara membuat:

Larutkan ragi dengan air hangat dalam mangkuk. Biarkan hingga berbusa selama 5 menit.

Campurkan terigu, gula, larutan ragi, susu dan telur. Aduk hingga rata.

Masukkan mentega dan garam. Aduk lagi hingga rata.

Tutup adonan dengan serbet lembap atau plastik cling wrap. Diamkan selama 1 jam hingga mengembang 2 kali lipat.

Olesi tangan dengan terigu atau minyak/mentega. Lalu mulai ambil adonan dan isi dengan isian sesuai selera, dan bulat-bulatkan (saya isi dengan cincangan dark cooking chocolate dan pisang yang ditumis dengan mentega). Nggak diisi juga nggak apa-apa kok, cukup dibulat-bulatkan saja.

Taburi piring atau wadah dengan terigu atau olesi dengan minyak, dan letakkan bulatan roti di atasnya. Istirahatkan selama 30 menit.

Panaskan wajan berisi minyak goreng. Goreng roti dalam minyak panas dengan api kecil hingga kecoklatan. Angkat, tiriskan.

IMG_20140921_134857

Jika suka, bubuhi dengan gula halus. Roti goreng pun siap dinikmati.


One Comment - Write a Comment

Post Comment