“Belum 5 Menit, Kok, Dimakan Saja”

5sec*Gambar dari sini

Lanjutan cerita tentang Food Safety untuk mengurangi Foodborne Disease serta Food Poisining, sekarang saya ingin berbagi tentang tata laksana atau protokol dalam mengolah makanan terutama di rumah, apalagi saya yakin banyak Mommies yang menyediakan homemade food untuk anak-anak dan keluarganya.

Ada Mommies yang ingat tidak kalau ada makanan yang terjatuh, pasti suka diberikan komentar: “Belum lima menit kok, diambil saja”. Nah, kemarin ibu saya telah memarahi saya dengan ungkapan tersebut, ternyata lima menit tetap saja risiko kontaminasi akan terjadi. Uuuups… Ternyata setelah menjelajah,  saya jabarkan ya beberapa mitos yang saya rangkum dari Food Safety dari U.S. Department of Health and Human Services, sebagai berikut:

Mitos 1 : Food poisoning bukan sesuatu yang menakutkan.

Fakta     : Banyak yang belum tahu bahwa beberapa foodborne illnesses bisa mempengaruhi kesehatan secara jangka panjang dan sekitar 3,000 penduduk Amerika Serikat dalam setahun meninggal dunia karena foodborne illness.

Mitos 2 : Tidak apa-apa mencairkan daging (yang telah dibekukan) di luar kulkas (dalam temperatur ruangan), dan ini sering saya lakukan, mencairkan daging beku dalam bak cuci.

Fakta     : Pada kenyataannya, bakteri berkembang secara pesat dalam suhu ruangan.

Mitos 3 : Saya tidak perlu mencuci buah atau sayuran yang kemudian akan saya kupas.

Fakta     : Bakteri akan mudah berpindah dari kupasan atau alat pengupas ke dalam buah atau sayuran, sehingga penting sekali untuk mencuci semua bahan makanan, terutama sebelum mengupasnya.

Mitos 4: Makanan yang tersisa aman untuk makan kembali kecuali sudah bau (tidak enak).

Fakta     : Bakteri yang dapat menyebabkan food poisoning terkadang tidak merusak tampilan makanan, bau makanan maupun rasa dari makanan. Agar aman, perhatikan Safe Storage Times Chart agar yakin waktu yang tepat untuk mengundurkan makanan.

Membaca uraian di atas dan mitos-mitos lainnya Food Safety Myths Exposed, jujur saja, saya merasa telah melakukan beberapa kesalahan, yang ternyata dampaknya bisa fatal.

Selanjutnya: Kebiasaan di rumah yang berhubungan dengan keamanan makanan


Post Comment