DIY: Boneka Jari Sederhana

Humaidah sedang senang mendongeng dan dia minta dibuatkan boneka jari. Sejak bayi saya suka bercerita kepada Humaidah dengan menggunakan boneka jari yang ada. Sekarang Humaidah meminta banyak karakter, tapi saya hanya menyanggupi 3 boneka saja. Karakter boneka yang akan saya buat kali ini adalah Octopus, Ayam, dan Bunga. Saya membuat ukuran boneka cukup dan pas di jari-jari Humaidah, jadi tidak mudah terlepas.

Boneka-Jari-Anak-JempolanBahan:

  • Aneka warna kain flanel
  • Mata-mataan
  • Jarum dan Benang
  • Gunting
  • Lem

Tahap pembuatan boneka jari:

1. Setelah browsing cara membuat finger puppet, banyak sekali model boneka jari. Saya memilih jenis pola sederhana berikut ini:

Membuat pola keseluruhan tubuh puppet, misal: saya menggambar seluruh tubuh gurita tanpa membuat pola dasar untuk jari.

2. Buatlah pola setiap bagian puppet yang diinginkan pada kertas lalu gunting dan kopi pada kain flanel lalu gunting. Buat 2 lembar untuk masing-masing pola dasar.

3. Satukan setiap bagian dengan menggunakan tusuk feston (blanket stitch). Biarkan bagian bawah tidak terjahit (untuk memasukkan jari)

4. Hias puppet sesuai karakter yang diinginkan.

5. Si Kecil siap berimajinasi dengan boneka jari buatan sendiri :)

Mudah kan?

Gambar jenis tusuk feston dari sini

Vivi Nafisah adalah blogger untuk anakjempolan.com. Situs anakjempolan.com berisi ide-ide permainan untuk anak, khususnya balita. Permainan yang ada disini telah dipraktikkan bersama anaknya yang berusia 2, 5 tahun. Dilengkapi dengan foto dokumentasi dan tutorial yang menarik. Ide berasal dari kreativitas pribadi, internet, buku, teman, dll.