DIY: Homemade Jump Rope

Setelah melihat Omnya bermain skipping beberapa waktu lalu, Humaidah tidak berhenti minta dibelikan “skipping”. Beberapa kali memang saya melihat skipping di beberapa toko, tapi kok ya masih mikir-mikir mau beli, soalnya kan Humaidah belum bisa menggunakannya cuma pengen-pengen aja. Akhirnya saya ajak Humaidah untuk membuat sendiri di rumah. Kebetulan bahannya ada di rumah dan caranya mudah sekali.

Jump-Rope-1Jump-Rope-1Jump-Rope-1Jump-Rope-1Jump-Rope-1Bahan yang diperlukan adalah:

  • 2 buah botol plastik bekas yogurt (yang kecil dan pas dengan genggaman anak)
  • Seuntai tali ukuran 1,5 meter atau bisa lebih panjang. Karena untuk Humaidah bermain sendiri jadi saya tidak membuat terlalu panjang (saya menggunakan tali kur, kalau ada tali yang diameternya lebih besar lebih baik)
  • Gunting

Cara membuat:

  • Lubangi masing-masing bagian bawah botol
  • Masukkan tali
  • Ikat bagian tali luar dan dalam agar botol tidak bergeser
  • Lakukan pada setiap botol

Skipping Rope atau Jump Rope selesai dan siap dimainkan. Walaupun Humaidah belum bisa lompat tali dengan benar, dia selalu memainkan dengan lompat-lompat sesukanya. Dan yang terpenting adalah dia senang dan tidak minta beli lagi. Ohya, jadi ingat dulu sering bermain lompat tali menggunakan rangkaian karet. Kapan-kapan perlu dicoba kayaknya :)

Bermain lompat tali pasti banyak manfaatnya dan konon katanya efektif menurunkan berat badan (emaknya semangat juga). Dari yang pernah saya baca, untuk anak-anak, pastinya ini adalah aktivitas fisik yang membuat bugar, melatih otot-otot tubuhnya, menguatkan tulang koordinasi mata-tangan-kaki, konsentrasi, dan jika dimainkan berkelompok sangat menyenangkan.

Jump-Rope-1Vivi Nafisah adalah blogger untuk anakjempolan.com. Situs anakjempolan.com berisi ide-ide permainan untuk anak, khususnya balita. Permainan yang ada disini telah dipraktikkan bersama anaknya yang berusia 2, 5 tahun. Dilengkapi dengan foto dokumentasi dan tutorial yang menarik. Ide berasal dari kreativitas pribadi, internet, buku, teman, dll.


Post Comment