Editor’s Letter: What Is Your Hobby?

Halo Mommies,

Duh baca judulnya mungkin bertanya-tanya, apa lagi sih nih Mommies Daily, sudah ibu-ibu mana ada sih yang sempat jalani hobinya? Rasanya, punya waktu 1-2jam buat diri sendiri saja udah untung, ya? Haha.

Ya, perlu diakui, baik itu ibu bekerja atau ibu rumah tangga, biasanya agak sulit menemukan waktu yang tepat untuk melakukan hobi. Atau malah jangan-jangan sudah lupa hobinya apa? Atau mengalami pergeseran hobi sejak menikah dan punya anak? Misalnya dulu hobinya mencoba berbagai resto baru, sekarang mencoba resep. Atau, dulu hobi clubbing sekarang hobi merajut.

Hobi biasanya sangat mungkin untuk berubah, atau setidaknya bertambah. Namanya juga minat, pasti berkembang sesuai dengan fase kehidupan yang sedang kita jalani.

Tapi kalau saya, sejak mengenal kata hobi atau sejak mengisi kolom hobi di era diary, hahaha, pasti yang tertera adalah membaca dan menulis. Setelah masuk dunia kerja, nambah 1 doang yaitu traveling.

Membaca, saya ingat sekali stiker yang saya dapat dari majalah Bobo dulu waktu TK,”Gemar membaca tambah ilmu”. Sejak bisa membaca, saya baca di mana dan apa saja. Tak hanya majalah Bobo atau aneka buku untuk anak, surat kabar langganan ayah serta tabloid gosip langganan ibu saya pun saya lahap. Ada yang tau tabloid Monitor? Nah, itu bacaan saya waktu usia 6 tahun, haha.

Sampai sekarang, saya masih membaca. Saya selalu membawa sebuah buku di tas untuk menemani perjalanan ke kantor. Dalam sebulan, saya juga punya budget untuk beli buku.

Menulis. Nah, beruntung saya bekerja selalu di bidang kreatif yang membutuhkan kemampuan menulis. Sekarang, saya banyak menulis tentang parenting, sementara otak saya butuh tempat sebagai penyaluran. Makanya saya bikin blog pribdi yang isinya random, berbeda dengan blogger yang ada saat ini yang mengkhususkan diri mereka ke bidang tertentu; beauty, sport, motherhood, dst. Kalau saya? Asli random,haha. Benar-benar apa isi otak saya saat itu yang saya tulis.

Traveling. Kalau dulu,traveling sifatnya disengaja, ya. Setelah jadi ibu, traveling sendirian ya dibarengi kalau ada business trip aja deh! Itu saja udah cukup senang *gampangan*.

Banyak sekali lho, keuntungan tetap menjalani hobi. Salah satunya mengurangi stres. Kalau saya nih, saat membaca buku, beban pikiran sehari-hari seolah hilang tergantikan dengan kenikmatan masuk ke dalam jalan cerita buku yang saya baca. Mommies yang punya hobi lain, misalnya merajut, berkebun atau naik gunung, pasti merasakan hal yang sama, deh! Saat ini hamil, tapi hobinya olahraga? Coba lihat video mengecek otot perut setelah melahirkan deh! Atau hobi dandan, tapi selama punya anak terlupakan? Nah, mulai dari membersihkan wajah untuk mengembalikan kondisi kulit, yuk! Yang punya hobi kumpul-kumpul sama teman, sesekali boleh dong, ketemuan sama mereka! Jangan sampai jadi teman yang menyebalkan karena status ibu :D

Hal lainnya, lewat melakukan hobi, kita seperti mendapatkan gratifikasi atas apa yang sudah kita lakukan sehari-hari. Siapa sih, yang nggak senang mendapatkan penghargaan?

Jadi, apa sih, hobi Mommies? Dan yang terpenting, kapan terakhir melakukannya? Kalau sudah lama sekali tidak melakukan hobi tersebut, yuk ah, jangan ragu-ragu untuk menyisihkan sedikit waktunya untuk melakukan hobi Mommies!

Salam hangat dari kami :)

 

 


14 Comments - Write a Comment

  1. hobi gue mirip2 nih: membaca & menulis, minus travelling. makanya yang terakhir diganti dengan masak dan nonton serial TV favorit. errrr…..tidur dimasukkin boleh nggak?

    terakhir baca novel itu…..bulan lalu, baca adult novel yang direkomendasikan emak2 di forum FD, itu pun e-book dan bacanya 2 minggu lebih! baca buku masih lumayan sering, cuma lebih gampang baca majalah sih, soalnya bisa sambil nemenin anak kalau dia lagi sibuk main sendiri. kalau novel (apalagi yang butuh khayalan tingkat tinggi) mesti khusyuk banget bacanya :)

    1. Huwoooo.. kamu salah satu yg meramaikan thread novel dewasa ya? *nuduh* haha..
      Tapi emang sejak jadi ibu, kecepatan membaca menurun drastis, ya. Dulu setebal Harry Potter bisa seharian nggak mandi, di kamar aja demi menuntaskan baca buku. Kalo sekarang, harus pinter2 deh. Nunggu anak tidur, atau kalo gue, ya di jalanan. Makanya ogah bawa mobil sendiri, mendingan di jalan bisa baca atau nulis blog sendiri, kan? :D

  2. saya hobi baca novel dan omg…..it’s been about 2 years since my last novel and it was when i was still single :(((( karena setelah nikah sy langsung positif hamil dan punya anak.

    Agak susah buat sy untuk punya waktu baca novel setelah punya anak, waktu sudah habis di kantor dan mengurus/main dgn anak di rumah huwaaaaa T_T

  3. ngga banyak berubah hobinya. masih baca dan nonton TV. sempet sih, hobi baca terlupakan karena sibuk sama anak. sekarang ada e-reader, bisa baca di mana aja! yayyyy…
    nonton TV udah susah, karena kalah rebutan sama anak-anak -___-

  4. Dulu gue kira hobi gue baca, nulis, bla bla bla banyak. Tapi skrg setelah punya anak (and back to work), gue ga tau lagiii hobi gue apa. Novel2 gue bawa k kantor, ga smpet baca (di jalan pun malah tidur). Majalah gue beli, di rumah cuma buka2 halaman aja ga dibacaaaa. Ya tuhaaann.. Jd waktunya cari hobi lain kali yaa :D

  5. Hoby saya membaca buku, itu dulu. Setelah menikah, pulang kerja sibuk nyiapin makan malam untuk suami, lepas isya’ pasti udah tepar. ‘nemu’ mommiesdaily ini akhirnya hoby baca saya tergali lagi, dan imbasnya, hoby nulis yang sudah bertahun – tahun terkubur, pelan2 muncul kembali, meskipuuuuunnnn, nulisnya ya pendek2 aja, sekedar menuangkan isi hati. healing with writing, katanya begitu.

  6. sampai setahun lalu saya masih hobi baca buku, kadang bisa sehari satu buku. Walau sudah ibu ibu, tapi masih suka baca novel romance and thrill. Tapi akhir akhir ini minat untuk membaca seakan menghilang, dan meskipun tidak ada kegiatan apapun, apakah mommies punya tips supaya minat baca ada kembali ? terima kasih atas masukannya

  7. cihuuy sama nih, hobiku juga baca, nulis, jalan2.. aku sejujurnya agak maksa utk ngelakuin hobi, dlm arti sesibuk apapun hobi hrs dilakuin karna itu feeding my soul, memberi kesenangan buat gue hehe…

    kadang sambil nyusuin anak, gue bacain dia novel yg lg gue pegang, sambil nunggu Transjkt gue baca, sambil nunggu masakan mateng gue baca, sambil nemenin anak main gue curi wkt baca novel+nulis blog, anak+suami udh tidur, gue baca+nulis dulu sblm tidur… bisa novel, koran, majalah, nulisnya jg mulai blog pribadi sampe cerita fiksi.. pokoknya maksaaaa hehehe

  8. Kalo dulu sebelum nikah sih hobi sy jalan2 pke mtr keliling kota or komplek, wisata kuliner, baca2, nonton acara2 trip or adventure, jogging udh gt nongkrong2 bentar d tempat jogging, he3. Bgtu udh nkh dan punya anak, g punya wktu buat hobi, apalg sy IRT yg tanpa ART, he3. Wktu 24 jam abis buat ngurusin anak, suami dan krjaan rmh, berasa 24 jam jg msh kurang, he3. Kdng kangen pengen ngelakuin hobi kyk dulu, he3. Msti pinter2 curi2 wktu dan kesempatan kali yah biar hobinya tersalurkan, he3.

Post Comment