banner-detik
SEX

Bertengkar Dengan Pasangan? Wajar, Kok!

author

nenglita18 Feb 2014

Bertengkar Dengan Pasangan? Wajar, Kok!

Walaupun usia pernikahan memasuki usia yang ke-7 tahun ini, tapi yang namanya pernikahan, pasti tetap akan ada pertengkaran. Saya dan suami, atau bahkan mama dan papa saya yang usia pernikahannya ke-37 tahun, juga nggak terhindarkan dari pertengkaran. Wajar saja, kan? Yang namanya pernikahan, menurut saya, nggak selalu berarti 2 jadi 1.

In the early years, you fight because you don't understand each other.  In the later years, you fight because you do.  ~Joan Didion

Berdasarkan sebuah riset yang diambil dari situs ini, 86% responden (yang belum menikah) percaya bahwa pernikahannya akan bertahan selamanya. Tapi dalam praktiknya, 40-50% perceraian terjadi.

Perbedaan pendapat, financial issue, bahkan sampai tidur ngorok pun bisa jadi penyebab pertengkaran yang berujung pada  perpisahan. Lalu, apa yang bisa dilakukan saat pertengkaran memuncak dan emosi nggak terkendali?

Kalau saya: mengingat kembali sweet moments antara saya dan suami.

Saat ia nggak keberatan beliin pembalut ke warung *mungkin bagi beberapa laki-laki biasa saja, tapi untuk ukuran saya yang bersuami tipe super cuek, hal ini jadi berarti :D *

Saat ia nggak pernah marah kalau saya bikin lecet mobil kesayangannya.

Saat kami bisa ngobrol asyik mulai dari gugatan Yusril Ihza Mahendra ke MK sampai Ayu Ting Ting sudah melahirkan.

Saat ia melepaskan semua gelang di tangannya dan memakai kemeja terbaiknya waktu menyampaikan niatnya menikahi saya ke Papa saya.

Saat ia berbisik ke saya di pelaminan, "Ternyata kawin itu ribet ya, pantes orang bilang nikah itu sekali aja..".

Saat ia hujan-hujanan jam 12 malam keliling cari siomay karena saya lapar, padahal saya nggak ngidam! :D

Dan yang terpenting, saat saya mengiyakan ajakan menikah darinya tanpa paksaan dan dalam kondisi sadar. Kemudian jadi inget joke yang ia lontarkan, "Ngajak Lita nikah sekarang takut peletnya keburu hilang", haha.

Biasanya kalau hal ini dilakukan, rasa amarah saya perlahan mereda. Masalah memang tidak selesai sampai di situ, harus dibicarakan supaya ketemu titik akhir penyelesaian. Menurut John Gottman, PhD, founder Gottman Institute and the University of Washington's Love Lab, 69% pertengkaran dalam pernikahan tidak diselesaikan. Tapi, ini memang balik lagi ke pasangan yang bermasalah, apakah mereka memiliki emosi yang stabil, hubungan yang bahagia, dan seterusnya. Btw, Gottman ini bisa menebak pengantin baru  mana yang akan bercerai atau tidak, dan 90% tebakannya akurat!

Balik lagi nih, apakah cara saya berhasil? Untuk meredam emosi, ya, sejauh ini Alhamdulillah berhasil.

Apakah pernikahan saya berjalan mulus? Oh, tentu tidak. Banyak sekali rintangannya. Mulai dari yang seperti pasir, sampai bak kerikil di pernikahan kami. Dan saya yakin ke depannya pasti akan berhadapan dengan banyak kerikil lainnya. PR-nya adalah, bagaimana mau menghadapi kerikil tersebut. Menyingkirkannya? Berjalan di atasnya? Atau balik mundur nggak jalan terus?

Bagaimana dengan Mommies, ada kiat jitu untuk mengatasi pertengkaran dalam rumah tangga?

Share Article

author

nenglita

Rock n Roll Mommy


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan