Pregnancy Companion On Your Phone

Ketika hamil, saya mengunduh beberapa aplikasi pregnancy tracker. Awalnya hanya iseng karena ketika browsing ke situs What To Expect tiba-tiba muncul pop up ads soal aplikasi ini, dan ternyata sangat berguna. Setelah itu, saya baru browsing di app center untuk mencari tahu beberapa aplikasi yang berguna semasa hamil. Rata-rata isinya sama saja, yang berbeda adalah tampilan, visualisasi janin dan kalimat penyampaian.

1. What To Expect Pregnancy Tracker (iOS dan Android)

Gambar dari sini

Aplikasi dari ‘the famous’ What To Expect  series adalah aplikasi pertama yang saya unduh. Tampilannya konservatif dengan nuansa warna ungu. Setelah selesai diunduh, hal pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan estimasi due-date. The tracker, of course, sangat berguna untuk mengetahui kira-kira keadaan fisik bayi kita seperti apa. Aplikasi ini akan memberi daily update dengan kalimat singkat namun jelas, lengkap dengan kiat apa saja yang sebaiknya dilakukan dan diperhatikan pada masa tersebut.

2. BabyCenter My Pregnancy Today (iOS dan Android)

Gambar dari sini

Aplikasi yang ini tampilannya lebih lembut, nuansa warnanya kuning, biru, hitam, seperti situs www.babycenter.com saja. For daily updates, tips, and reminder on fetal development dan tentunya progress kesehatan semasa hamil bagi si calon ibu. Yang seru dari aplikasi ini, ada tab khusus check list yang sangat membantu untuk mengingatkan rutinitas mingguan yang bisa dilakukan agar bisa menjaga kesehatan dan apa yang harus dilakukan untuk persiapan melahirkan. Misalnya di minggu ke-16, kita diingatkan untuk mulai rajin senam kegel.

3. BabyBump Pregnancy (iOS dan Android)

Gambar dari sini

Aplikasi yang ini punya kelebihan di Message Board, jadi bisa pamer foto hamil atau hasil USG online keseluruh dunia :D Sisanya hampir mirip dengan dua aplikasi diatas, hanya saja BabyBump memakai usia kehamilan harian, jadi dari mulai day 1 until day 280 (if you’re reaching 40 weeks pregnancy) akan tertulis di sana. Seru ya? Aplikasi ini juga lebih dulu menyampaikan apa yang dirasakan oleh si ibu hamil, baru kemudian ditambah perkembangan janin saat itu. Dan seperti aplikasi sebelumnya, hampir semua perasaan yang tertulis di aplikasi tersebut, sama persis dengan apa yang saya rasakan saat itu.

4. Kick Berry (Blackberry)

Gambar dari sini

Ini adalah satu-satunya aplikasi ibu hamil yang saya unduh di Blackberry saat trimester akhir kehamilan. Waktu itu dokter kandungan mulai menyarankan untuk menghitung kontraksi, namun seperti kebanyakan ibu hamil, saya terkena penyakit pikun. Iya, ingat ketika ditendang, tapi lupa mencatat. Padahal suami sudah menyediakan notes dan pensil di pintu kulkas. Dan karena waktu itu si iPhone lagi diservis, jadilah saya mengunduhnya di BB. Eh, sangat membantu, loh. Hanya tinggal klik saja tombol ‘KICK’ setelah membuka aplikasi, nantinya akan dihitung secara otomatis memakan berapa lama untuk mencapai 10 kontraksi. Aplikasi ini juga punya reminder untuk mengingatkan apakah dalam satu atau dua jam terakhir terjadi kontraksi lagi atau tidak. Helpful!

5. Pregnancy & Medication Safety (iOS dan Android)

Nah, yang ini penting untuk yang suka bingung apakah obat ini aman atau tidak untuk dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui. Tinggal masukkan nama obat atau kandungannya, dan keluarlah saran atau pemberitahuan apakah obat tersebut boleh dikonsumsi.

Oke, itulah aplikasi yang saya punya atau pernah saya download semasa hamil, aplikasi kelima masih duduk manis di HP karena masih saya butuhkan sewaktu-waktu. Psst, semua aplikasi ini gratis, loh! Find the one which fit you most, mommies!


2 Comments - Write a Comment

  1. Berguna banget nih artikelnya! Terutama yang terakhir & yg di BlackBerry.. Nggak tau kalau ada aplikasi itu. Jadi sekarang kalau mau minum obat & milih kosmetik bisa tenang deh hehehe.. Yg di bb juga mau coba download aah.. Sama nih soalnya, pelupa bangeettt :D

Post Comment