Kiat Belanja Online

Semua pasti sudah pernah merasakan belanja online. Ada yang ketagihan, nggak sedikit yang kapok akibat kesalahan yang terjadi saat pengiriman atau bahkan kenakalan di penjual.

Berdasarkan pengalaman pribadi, ini ada beberapa kiat yang perlu Mommies catat saat berbelanja online:

  • Pastikan penjual adalah trusted seller

Bagaimana mengenalinya? Lihat testimoni pembeli. Biasanya di situs-situs online shop ada bagian testimoni pelanggan. Selain itu, tanyakan pada teman/ kenalan kita yang pernah berbelanja di OLS tersebut. Jika rajin, browsing dulu mengenai OLS tersebut. Cek di forum, bagaimana performa si OLS.

  • Perhatikan detail info barang

Untuk barang fashion, tentu sangat penting. Ukuran celana S,M,L atau sepatu 39 terkadang mengecoh. Jika memungkinkan, tanyakan ukurannya dengan menggunakan satuan ukuran (cm, misalnya)

  • Berikan alamat pengiriman sejelas mungkin

Pernah saya membeli barang dari sesama member forum, tapi salah saya ketuker memberikan RT dan RW-nya. Ndilalah, penerima paket nyasar itu namanya juga Lita. Kebetulan yang berlebih, ya? Untung lah, saya kenal dengan penjual, sehingga kami bisa menelusuri salahnya di mana dan baik saya atau pun si penjual kemudian bisa memaklumi kesalahan tersebut dan masalah selesai secara damai.
Bayangkan jika penjual dan pembeli nggak kenal? Main salah-salahan sudah pasti dan saling curiga atau nggak percaya lagi.

  • Barang yang dibeli bukan barang yang urgent

Ya, saya jarang sekali membeli barang-barang penting secara online. Yang saya beli di OLS biasanya barang-barang sekunder, seperti pakaian, mainan anak, atau groceries. Groceries bukannya primer?
Jadi begini, biasanya saya akan mengorder barang kebutuhan rumah tangga bukan yang sudah habis atau harus digunakan dalam jangka waktu 1-2 hari ke depan. Hal ini sebenarnya antisipasi saja, karena kesalahan di ekspedisi pengiriman adalah hal yang lumrah saat kita belanja secara online.
Contoh, saya belanja di Sukamart 2 minggu yang lalu, barang yang saya pilih adalah barang yang saya perkirakan akan habis 7- 10 hari ke depan. Cereal untuk Langit, misalnya, serta sampo suami saya.

O, ya, selain suka belanja di Sukamart karena banyak promonya, menurut saya packaging barang di sukamart sangat rapi, lho. Dibungkus dalam kardus, lalu masing-masing barang di-wrap lagi dengan plastik untuk mengantisipasi kerusakan barang yang dipesan, yang bisa saja terjadi saat proses pengiriman.

Satu lagi, nih, jika sudah menjadi member, kita akan dikirimi newsletter yang memberitahukan produk apa yang sedang diskon. Penting banget,kan, untuk ibu-ibu?

*thumbnail dari sini


8 Comments - Write a Comment

Post Comment