Bersih-bersih Sambil Bermain

Lima hari bekerja di kantor, saat akhir minggu datang, maunya tidur-tiduran seharian. Kadang-kadang kalau lagi nggak ingin keluar rumah, senangnya bermalas-malasan saja di kamar. Paling kasihan justru Abel. Lima hari di rumah terus (tahun depan baru masuk TK A), pasti bosan, maunya justru keluar rumah.
Supaya Abel nggak bosan di rumah, saat akhir minggu biasanya ada beberapa kegiatan yang asyik buat dilakukan bersama, misalnya :
  • Bikin kue/memasak
Bikin kue yang gampang-gampang saja dan bisa di lakukan oleh si kecil juga misalnya: kue kering, muffin, atau si kecil membantu mengaduk adonan bakwan.
  • Membantu papa mencuci mobil
Supaya Abel nggak bosan, papanya sering mengajak Abel membantu mencuci mobil. Cuma gosok-gosok spons ke body mobil dan siram pake selang air. Tapi happy-nya luar biasa .… *karena ada alasan buat basah-basahan*

  • Mencuci sepatu/sandal
Seminggu dipakai bermain pasti kotor, ajak si kecil untuk mencuci sepatu/sandalnya. Biasanya direndam dulu di ember, setelah itu baru disikat. Walaupun hasilnya tetep masih kotor dan mamanya juga yang harus turun tangan, but it’s okay :). Hal ini akan diingatnya selalu, bahwa kalau sepatu/sandal yang sudah kotor, harus dicuci/dibersihkan untuk kenyamanan pada saat menggunakannya.
  • Membantu memasang seprai
Abel memang pasti nggak serius bisa masang seprai. Tapi paling nggak, dia bisa disuruh untuk memegang sudut seprai ke sudut tempat tidur dan biasanya dia ikut pura-pura merapikan hasil pasang seprai buatannya. Kita bisa kasih tahu bahwa kalau seprainya bersih, tidurnya pasti lebih nyenyak.
  • Mengelap kaca jendela
Biasanya mengelapnya juga asal-asalan pake koran atau kain lap. Mama bagian menyemprot cairan pembersih, Abel bagian mengelap. Tetap saja nggak begitu bersih, tapi paling nggak dia tahu, bahwa rumah yang nyaman adalah rumah yang bersih.
Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan si kecil, ini hanya sebagian yang saya sering lakukan. Intinya, kalau dari kecil dibiasakan untuk membantu orangtuanya bersih-bersih atau melakukan sesuatu, paling nggak kita sudah menanamkan nilai kebersihan dan juga kemandirian untuk si kecil.
Jadi Mommies, kegiatan apa yang sudah dilakukan bersama si kecil di rumah? :)

Post Comment