Membuat Bento Dengan Si Kecil

by: - Monday, November 26th, 2012 at 4:03 pm

In: Community Events Meal Time! 11 responses

0 share

Setelah sesi perdana Kelas Bento Mommies Daily- Susu Cair Frisian Flag sebulan yang lalu, saya jadi cukup percaya diri dalam urusan perbentoan. Maka pas kelas bento diadakan lagi tanggal 17 November, saya merasa wajib ikut lagi dan cukup yakin hasilnya akan lebih bagus. Haha, pede banget, ya?

Karena efek bento ini cukup positif bagi pola makan Langit, maka di kelas bento kedua ini saya berinisiatif untuk mengajak Langit mengikuti Kelas Bento. Apalagi di sesi pertama, saya lihat Affi tampak asyik membuat bento bersama Aluf. Wah, semakin ingin dong, bikin bento sama Langit *kompetitif mode on*.

Sejak berangkat, Langit sudah sibuk bilang “mau ikut ibu masak”, haha. Padahal begitu sampai kantor, nggak langsung dimulai dong, acara bikin bentonya. Acara ini dibuka oleh Bapak Dimas Febrianto, perwakilan dari Frisian Flag. Lalu ada juga presentasi dari Bapak Harry Lumanta, nutrisionis dari Frisian Flag, mengenai kecukupan gizi bagi anak.

Setelah itu, baru deh, Pak Lukman dari My Meal Box menjelaskan mengenai bento. O, ya, tema kali ini adalah Membuat Bento Praktis. Penting banget nih, ya, buat ibu-ibu pasti banyak yang malas berketerampilan tangan di dapur pagi-pagi atau memang nggak punya banyak waktu di pagi hari. Kiat Pak Lukman cuma satu, buat isian bento dalam jumlah yang cukup untuk 3-4 hari, mulai dari nasi berwarna, sampai nori yang sudah dicetak atau telor untuk menghiasnya. Jadi, pagi-pagi tinggal dihangatkan, lalu hias, deh!

Kalau dipikir-pikir, isian bento ini nggak ada yang sulit proses memasaknya. Nggak seperti kita bikin rendang atau opor ayam, gitu. Hehe. Yang dituntut cuma kreativitas dan imajinasi. Percayalah, sejelek apa pun hasilnya, si kecil pasti suka.

Nah, seperti sesi sebelumnya, pas saat Pak Lukman menerangkan mengenai pembuatan bento beserta kiat-kiatnya, semua mommies sibuk terkagum-kagum. Ada yang mencatat baik-baik, memotret setiap gerak gerik Pak Lukman, bahkan divideokan!

Pas mau praktik bikin bento, Langit sibuk minta nasinya pink! Hadeeeh, pas sesi pertama nasi warna itu, kan, nggak ada. Tapi ternyata, pas asisten Pak Lukman membagikan isian bento, ternyata ada nasi merah pudar seperti pink, lho! Ternyata untuk membuat nasi berwarna merah ini menggunakan air daun angkak. Selain ada warna merah, ada juga warna biru yang bagus banget! Warna biru ini menggunakan air daun talang. Alami, kan? Langit pun kegirangan melihat nasi warna merah.

Satu lagi permintaan Langit, dia mau bikin bentuk “lope-lope” alias bentuk love atau hati, hehe. Aman lah, saya yang nggak bisa bikin dari kertas contekan ini. Ternyata bikin bentuk hati sulit juga ya. Ketika akhirnya berhasil sedikit mirip, Langit bilang “udah bu, ini bagus!”. Ah, kamu memang tau cara bikin ibunya lega :)

Ternyata menyenangkan juga bikin bento berdua Langit. Walaupun dia sering berusaha membantu tapi yang ada malah mengacaukan apa yang tadinya sudah saya buat. Misalnya, ketika ia mengupas telor puyuh, lalu hasilnya bonyok-bonyok, yang ada malah ia makan. Atau ketika menggunting nori untuk dijadikan pagar, malah habis juga dimakan. Haha. Karena saya kira ia lapar, maka saya berikan sebuah nugget untuk dicemil. Baru sekali gigit, eh, Langit malah ingin menghias nugget yang sudah digigit itu dengan mata dan mulut. Nggak boleh diganti yang baru!

Ini hasil bento bikinan kami berdua:

Gimana?

Selain saya, banyak juga mommies yang mengajak anaknya dalam sesi kedua kemarin. Untuk anak usia di atas 4 tahun, membuat bento memang bisa jadi salah satu kegiatan yang menyenangkan,  lho!

Walaupun nggak sekece buatan mommies yang lain (asli, yang lain bagus-bagus banget!), bayangkan ada yang membuat Doraemon lengkap dengan Nobita atau Spiderman! Tapi berhubung ini karya saya dan Langit perdana, maka saya sih, nggak ragu untuk mengikutsertakannya ke Bento Photo Competition yang diadakan di fanpage Susu Cair Frisian Flag.

Mommies sudah ikutan? Hadiahnya Samsung Galaxy Tab,  lho! Yuk, ditunggu sampai tanggal 10 Desember 2012, ya!

Nggak pernah bikin bento? Ikut Kelas Bento sesi terakhir tanggal 1 Desember besok, yuk! Langsung daftar di thread ini, ya. Sampai ketemu!

 

Share this story:

Recommended for you:

11 thoughts on “Membuat Bento Dengan Si Kecil

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. Pingback: lita iqtianti
  3. Pingback: Darina Danil
  4. Pingback: Bunda Betty
  5. Pingback: Eka Kusumawati
    1. Iya betul juga, ya. Tapi sebenarnya, kita yang tau kan, ya, akan seberapa ‘mengganggunya’ sih, anak2 ke orang lain? Lebih baik mawas diri, sih, emang, daripada nggak enak sama orang lain. selamat bikin bento! Pasti ketagihan :)

  6. Pingback: SukMa AugrHaini

Leave a Reply