Gaya Menyusu Si Kecil

Awal menyusui adalah waktu yang paling menakutkan untuk saya. Dari mulai stres mengejar kecukupan ASI agar Menik sembuh dari kuningnya hingga puting berdarah karena tongue tie ini cukup membuat efek trauma perihal menyusui. Hingga akhirnya masuk bulan ketiga, kegiatan menyusui ini jadi indah. Dari semua kegiatan mengurus bayi, menyusui adalah hal yang paling saya tunggu. Ketika Menik berusia 3 bulan, kami sering berkomunikasi lewat kontak mata ketika menyusui. Ini menjadi hal yang paling romantis!

Nah, seiring dengan bertambah umur yang berarti semakin tambah pula akalnya, semakin banyak gaya menyusuinya. Awalnya selain kontak mata, biasanya tangan Menik hobi menggaruk pinggang saya. Lanjut dengan memasukkan jari telunjuk ke mulut saya, tiba-tiba tersenyum sambil melirik mesra, sampai memegang payudara seakan sedang menjaga apa yang menjadi haknya. Masuk usia 7 bulan, persisnya ketika mulai lancar duduk dan merangkak, Menik tiba-tiba hobi menyusu sambil nungging, bahkan kadang mutar kanan-kiri dengan posisi mulut tetap di payudara saya. Masuk usia 9 bulan, sekarang Menik sering menyusu sambil nungging, dan lepas tangan, hanya bertumpu dengan jidat di dada saya. Mirip ondel-ondel, goyang-goyang tangannya. Nggak bangetlah! haha.

Ternyata ada yang namanya Breastfeeding Behaviour atau perilaku menyusu. Menurut buku Breastfeeding and Human Lactation yang ditulis oleh Jan Riodan dan Karen Wambach, ada beberapa perubahan perilaku pada bayi ketika sedang menyusu.

  • Usia 0-6 bulan: mulai belajar menempel, menghisap dengan efisien. Prilakunya tenang ketika disusui, dan mulai belajar senyum pada ibu ketika menyusu. Terkadang menoleh atau berhenti menyusu sebentar kalau ada gangguan seperti mendengar suara ayah atau orang lain di ruangan.
  • Usia 7-12 bulan: mulai sering teralihkan jadi kegiatan menyusu menjadi lebih lama karena sebentar-sebentar berhenti hanya untuk melihat keadaan sekitar. Sekarang mulai menyusu sambil memegang payudara ibu yang satunya, dan terkadang memencet puting. Saat ini juga mulai banyak tingkahnya. Bisa mutar 180 derajat, tengkurep, miring kanan-kiri, jongkok, nungging, apa pun yang ia senangi dengan mulut tetap di payudara.
  • Usia 13-15 bulan: tangan semakin aktif ketika menyusu. Memasukkan jari ke mulut ibu, memainkan rambut ibu (kalau rambutnya panjang dan tergapai), meraba pusar, atau wajah ibu. Mulai belajar membuka kancing baju ibu. Oh, di umur ini juga bayi mulai bergumam atau mengeluarkan suara ketika menyusu, ceritanya lagi menikmati banget, tuh! Hihi.
  • Usia 16-20 bulan: kode minta susu mulai jelas, tepuk dada atau meminta secara verbal. Jangan kaget juga jika tiba-tiba si anak menarik kita ke tempat favoritnya untuk menyusu, atau malah yang ekstrem tarik atau buka baju ibunya jika minta jatah susu.
  • Usia 20-24 bulan: Menyusu bisa sambil berdiri. Menyusu merupakan kegiatan untuk mencari rasa aman, dan jika mulai disapih, biasanya menyusu malam yang masih akan terus dipertahankan oleh si anak.


Hahaha! Lucu, ya. Seperti biasa, tumbuh kembang anak tidak bisa disamakan. Pasti ada yang sudah atau belum terjadi namun tidak sesuai dengan tahapan yang diberikan oleh ahli laktasi yang menulis buku tersebut. Jadi bagaimana, Mommies? Sekarang si kecil sudah bertingkah apa saja ketika sedang menyusu? ;)


35 Comments - Write a Comment

  1. pagi2 baca ini bikin senyum2 sendiri. karena udah beberapa hari ini Rasya, 7 bulan, kalau nyusui posisinya aneh-aneh. pertama sih gara-gara aku sengaja dudukin dia di pangkuan dengan kaki melingkar di pinggang, eh dia menyusui dengan tenang, malah bisa sampe tertidur. maklum klo disusui dengan posisi cradle, kakinya udah panjang, tangan juga pegel bo… dua hari lalu, pas aku lagi tiduran, dia lagi posisi merangkak menangis2. begitu pabriknya dibuka, langsung deh dia dateng dan clep, menyusu dengan posisi tengkurep….kata ayahnya, Rasya kayak Simba lagi menyusu ke induknya….*lah gue induk singa donk??*

    tapi memang bener tuh mbak Sazqueen, makin gede, posisi nyusunya makin aneh2. di satu sisi ngebantu kita juga ya ‘membiarkan’ anak menahan beban tubuhnya sendiri (yang makin besar udah nggak mungkin disangga pake tangan kita doank), di sisi lain bikin sesi menyusui lebih lama (karena sering teralihkan perhatiannya) dan bikin ibunya ketawa2 sendiri hehehehe. TFS!

  2. Sama banget deh sama Oddy.. *ngakak
    emaknya udah pasrah deh PD-nya ditarik kesana kemari.. udah kayak ontang-anting..
    saya cuma tiduran, oddy nyusu sambil gaya bebas.. :D
    Da kalau perhatian dia teralihkan karena denger suara, mulutnya tetep nempel di PD tapi sambil nengok atau dia lepas tapi tetep dipegang *cubit* PDnya supaya ngga lepas.. *sigh

    1. hahahaha pake acara dicubit biar gak lepas lagi :)) Oh iya, kadang-kadang juga gue suka godain, kalo dilepas trus mau ditinggal, gue tutup aja bra+bajunya, nah biasanya Menik gak jadi pergi malah sibuk mau buka bajunya biar bisa lanjut nyusu :D

  3. Hahaha ternyata emang ada fase nya gini toh.. pantesan mily (9m) suka nungging2 kalo nenen.. aku heran sendiri kok nenen nya ga tenang.. ternyata emang normal yah.. dan bener banget, kalo udah gede gini nenen harus di tempat yg tenang, ada yg berisik dikit langsung dilepas & nengok2.. apalagi kalo ada yg manggil2 namanya, haduh bisa selesai tuh sesi nenen nya gara2 si bayi pengen main…

  4. nenglita

    Ideeem! Langit pas udah diatas setahun tuh kalo lagi tiduran, misalnya dia nyusu payudara sebelah kiri sambil tiduran, bisa tuh dia pindah ke sisi sebelah kanan gue tapi mulutnya ga dilepas. Dikata payudara emaknya terbuat dari karet atau bahan stretch apa yaaaa? Sambil nungging ala Menik juga pernah. hihihi, kalo inget semua itu jadi rindu masa menyusui :D

  5. Rania (sekarang 14 bulan) sudah : nungging, muter, kaki ke atas – as in ke muka saya *gigit yaaa!, nyubit2 leher saya, senyum liat nen terus sambil hap latch-on, she would sounds “hauuum” kayak enak banget, mainin kancing, nyibak apron *doh!, easily distract kalau ada bebunyian. lucu banget yaaaa…
    btw, Rania juga sempet TT sama seperti Menik. Salam kenal, Sazqueen =)

  6. senangnya menemukan bayi lucu dengan gaya ‘nenen’ yang unik…Kaka (5m) juga udah mulai banyak gaya kalau nenen…nggak bisa diem, suka tengkurep, seringnya sih narik2 puting pake mulutnya…kalo udah gini saya tutup deh bajunya…hihihi

  7. hahahaa iya nih bener banget.. gaya anakku dari nungging, tiduran di badan sampe posisi duduk, tapi khusus kalo uda mau tidur tangan musti deh mainin puser emaknya..
    3 bulan lagi nih niat mau disapih pas Zoe umur 2 tahun =)
    bakalan kangen kejadian2 kaya gini

  8. hahahahaha.. ternyata bener yah anak kalau nenen tuh banyak gaya… aku sampe mikir pas ngeliat anakku nenen banyak bgt gayanya.. sampe papanya ikutan ketawa.. ternyata sesuai dengan diatas.. skrg dia sudah 15 bulan, kalau ngeliat aku udha pulang kerja, langsung minta digendong dan ended up minta nenen.. tangannya bisa masuk ke dlm baju….

Post Comment