Puding Cake

Bersyukur setelah pindah rumah, punya tetangga yang jago masak. Ada yang jago bikin aneka masakan, ada juga yang jago bikin aneka kue. Jadi, bisa “ditodong” sama ibu-ibu di sini untuk kasih tutorial, hehe.

Ini dia resepnya. O, ya resep di bawah ini untuk bikin 2 buah puding, kalau mau bikin 1 aja, tinggal dibagi dua saja resepnya :D

Coklat Sponge:

6 butir telur

200 gr gula pasir

5 gr cake emulsifier

120 gr tepung terigu segitiga

35 gr coklat bubuk

20 gr susu bubuk

3 gr baking powder

75 gr mentega cair

Puding Busa :

1,5 bungkus agar-agar putih

100 gr gula pasir

400 ml susu UHT putih

200 gr putih telur

Selai blueberry secukupnya

Dekorasi :

Stroberi secukupnya

Whip cream

Cara Membuat :

  1. Cokelat sponge: kocok telur, gula pasir, cake emulsifier sampai mengembang dan kaku (kocok dengan kecepatan kecil hingga tinggi secara bertahap). Tuangkan tepung terigu, susu bubuk, cokelat bubuk, baking powder, kocok rata dengan kecepatan pelan. Terakhir tuang mentega cair, aduk rata. Tuang adonan dalam loyang ukuran 20cm yang sudah diolesi mentega dan dialasi kertas roti. Panggang selama 180 derajat selama 30 menit. Setelah matang, kue dibelah menjadi 2 bagian, yang kemudian dioles air gula secukupnya.
  2. Puding busa: kocok putih telur sampai kaku sambil panaskan agar-agar, gula pasir, susu UHT dan esens vanila, selagi panas tuangkan adonan agar-agar ke dalam adonan putih telur sambil terus dikocok rata.
  3. Siapkan setengah bagian sponge yang sudah dibelah tadi ke dalam loyang yang dialasi plastik mika berbentuk loyang, tuang ke atasnya puding busa yang kemudian dimasukkan selai blueberry dengan menggunakan plastik kue segitiga. Kemudian, taruh kembali sponge sisanya di bagian atas, tuang ke atasnya puding busa dan dimasukkan selai blueberry lagi dengan menggunakan plastik kue segitiga. Dinginkan.
  4. Sambil menunggu pudding cake dingin, kocok whip cream cair hingga kaku, potong-potong stroberi. Setelah puding cake dingin (puding busa sudah kaku, kira-kira 15 menitan) sudah bisa didekorasi.

Selamat mencoba, Mommies!


14 Comments - Write a Comment

Post Comment