Pentingnya Tidur Untuk Balita

Anak-anak terkadang rewel saat waktunya tidur. Tapi nggak sedikit juga yang gampang banget terlelap, salah satunya adalah Igo. Beruntungnya saya. Hehe. Untuk anak yang agak sulit tidur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena tidur yang berkualitas membantu sel otak anak tumbuh maksimal.

Menurut satu artikel yang pernah saya baca, tidur adalah proses alami mengistirahatkan fungsi kerja tubuh setelah satu hari melakukan aktivitas. Biasanya, keadaan tidur ini ditandai oleh berkurangnya gerakan tubuh dan penurunan kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar. Banyak ahli percaya bahwa tidur memberikan ketenangan dan memulihkan kondisi tubuh, baik secara fisik, emosi, sosial, dan proses kognitif otak.

Tidur merupakan prioritas utama bayi. Tumbuh kembangnya bergantung pada kualitas tidur. Pada saat tidur itulah terjadi pemulihan sel-sel otak bayi dan anak-anak. Dan ternyata, hormon pertumbuhan anak itu puncak produksinya adalah dalam salah satu fase tidur malam, lho. Makanya tidur malam yang pulas tuh penting banget untuk anak, tidak sering terbangun akan memaksimalkan produksi hormon tersebut. Efek tidur cukup itu juga memengaruhi kesehatan mental, fisik, dan sistem kekebalan tubuh.

Waktu hamil dulu, atas pertimbangan beberapa hal, saya dan suami memutuskan untuk memakaikan popok sekali pakai  pada Igo sepanjang hari. Praktiknya, sih, tidak full sepanjang hari … ada durasi waktu tertentu di mana Igo akan pakai popok kain atau celana saja supaya kulitnya sedikit “bernapas”. Pemakaian popok sekali pakai  diutamakan saat Igo tidur malam hari karena kepraktisannya. Dulu, sih, boro-boro tahu soal pentingnya tidur malam untuk anak … dipakaikan pospak, ya, karena kami malas berulang kali ganti popok kain yang biasanya diikuti oleh harus ngelonin Igo supaya kembali tidur. Haha. Tapi ternyata kami sudah melakukan hal yang “benar” karena salah satu penyebab tidur malam bayi terganggu adalah popok yang basah karena ompol. Hal ini diperkuat oleh hasil survei yang dilakukan terhadap 200 ibu di Surabaya yang menunjukkan bahwa 9 dari 10 ibu setuju popok yang kering akan membuat anak tidur lebih nyaman.

Sebenarnya ada atau tidak, sih, cara mengetahui apakah waktu tidur anak sudah mencukupi kebutuhannya? Jawabannya ada … coba, deh, Mommies perhatikan ketika bangun pagi si kecil tersenyum atau cenderung rewel? Kalau anak bangun dengan riang, sepanjang hari aktivitasnya tidak terganggu suasana hati yang jelek alias tidak rewel, dan saat tidur malam hanya terbangun sekali berarti bisa dikatakan kualitas tidur anak termasuk baik. Nah, kalau Mommies punya nggak kiat agar anak nyaman sehingga tidur malamnya lelap?

 

 


14 Comments - Write a Comment

Post Comment