Catatan Kecil di Hari Kartini ;)

Sejak kecil, mungkin kita sudah terbiasa dengan perayaan Hari Kartini, ya, mulai dari tingkat sekolah atau di rumah.

Sabtu 14 April kemarin, sekolah Langit mengadakan perayaan Hari Kartini. Seminggu lebih cepat, memang, tapi ada untungnya, karena nggak harus berebutan di penyewaan kostum :)

Sehari sebelum hari H, saya baru memulai pencarian kostum untuk Langit. Setelah browsing pakaian daerah, saya menunjukkan aneka gambar pakaian daerah ke Langit. Lalu kami memutuskan untuk memakai kebaya Betawi ala None saja. Menurut saya, kebaya ini cukup nyaman untuk anak karena bahannya tipis dan riasannya juga nggak ribet.

Saat hari H, banyak sekali anak-anak berpakaian yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari baju Dayak, Kebaya Kartini, Papua, bahkan sampai baju dodot pengantin Jawa. Wow, saya kaget! Saya pikir menempelkan cepol kecil di kepala Langit sudah lebih dari cukup, ternyata banyak yang lebih heboh! O, ya, ngomong-ngomong cepolnya saya yang pasangkan sendiri, lho *bangga*.

Banyak sekali cerita seru yang saya dapat kemarin. Misalnya, ada anak yang bangun jam 5 pagi untuk diajak ke salon dan berdandan atau ada seorang ibu yang datang dengan pakaian Dayak komplet karena anaknya hanya mau pakai kostum jika mamanya pakai juga. Lucu, ya? Hihihi ….

Beberapa hari sebelum hari H memang saya mendengar beberapa ibu yang berbicara tentang pakaian daerah mana yang biasanya menang di lomba fashion show, pakaian daerah mana yang paling banyak dipakai, dan lain sebagainya. Saya nggak mau menghakimi penampilan si kecil yang hasil polesan salon di pagi buta adalah ambisi orangtuanya, karena setelah berbincang di kantor, ternyata banyak yang saat kecil senang sekali diajak ke salon untuk berdandan atau mengenakan kebaya. Termasuk saya, sih :)

Nah, dalam hal kompetisinya, bagi saya pribadi, menang atau tidak, tidak jadi masalah. Karena mengenakan pakaian daerah saja sudah menjadi kenangan tersendiri bagi setiap anak. Hingga saat ini saja, saya masih mengingat setiap detail saat saya masih TK dan tampil di perayaan Kartini di sekolah dan itu sangat menyenangkan!

Selamat Hari Kartini untuk semua perempuan di Indonesia :)


7 Comments - Write a Comment

Post Comment