Sindroma Ovarium Poli Kistik

Dear dr. Indra,

Saya wanita bekerja usia 23 tahun, saya sudah menikah selama 2 tahun dan belum dikaruniai momongan.
Dulu setelah 5 bulan menikah saya sempat positif hamil akan tetapi baru usia 8 minggu saya diketahui blighted ovum dan saya langsung dioperasi kuret.
Tahun kemarin saya sempat beberapa kali periksa kandungan ke 3 dokter kandungan yang berbeda dan diagnosis mereka terhadap saya sama, diduga saya memiliki kondisi PCOS. Tapi saya senang dengan dokter yang terakhir karena beliau tidak menyuruh saya untuk operasi, beliau menyarankan untuk saya menjalani pola hidup sehat dan rileks.
Yang saya ingin tanyakan sebenarnya apa itu PCOS?? Karena kalau saya baca tentang PCOS di internet atau media informasi lainnya … saya takut, Dok karena itu ada hubungannya dengan diabetes. Saya juga takut untuk balik lagi datang ke dokter kandungan karena hasilnya pasti akan sama saja. Mohon infonya, ya, dr. Indra.

Terima kasih

Nisa

 

Hai Nisa,

PCOS atau SOPK (istilah Indonesia): Sindroma Ovarium Poli Kistik, merupakan kumpulan gejala seperti gangguan siklus haid, hiperandrogenemia (misalnya akne dan berkumis), gangguan metabolik (obesitas, resistensi insulin dan Diabetes Melitus).

Kelainan SOPK ini merupakan kelainan hormon yang paling sering dijumpai pada wanita, dialami 5-10% wanita reproduktif dan penyebab infertilitas (kemandulan) terbanyak terkait dengan siklus tak berovulasi (bertelur).
SOPK juga memiliki kaitan erat dengan resistensi insulin dan bahkan dengan sindrom metabolik lain seperti obesitas dan DM.

Penatalaksanaan biasanya dengan anjuran perbaikan gaya hidup dan pemicu ovulasi.Tujuan penatalaksanaan dari SOPK tidak hanya untuk infertilitas saja, tapi juga pencegahan terhadap keguguran berulang (pada pasien yang hamil), terapi resitensi insulin, mengatasi obesitas, kelainan jantung, pembuluh darah, serta mencegah penebalan dinding dalam rahim (hiperplasia).

Demikianlah penjelasan dari saya, mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan Nisa.

*gambar dari sini


3 Comments - Write a Comment

Post Comment