Pisang Molen ala Kartika Sari

Ingat pisang molen kartikasari? Nah, kalo diulik-ulik sebetulnya nggak susah kok bikinnya.

Saya mencoba membuat pisang molen ini gara-gara ada temen yang lagi bikin dan share di FB, kebetulan saya lagi punya pisang raja bulu dan coklat oleh-oleh yang sudah di tahap leftovers alias nyisa nggak kemakan dan diam tidak tersentuh di kulkas.

Seperti biasa, resepnya saya uplek-uplek, ditambah kelapa kering. Jadilah Sweet Coconut Banana Puff *keren ya namanya*

Dibawah ini adalah resep untuk membuat 10 buah pisang molen:

Bahan:

  1. 1 bungkus puff pastry beku (bisa dibeli di bagian frozen food)
  2. 5 lembar keju, dibagi 2
  3. 2 sdm butter asin
  4. 2 sdm gula palem/palmsuiker
  5. 2 sdm kelapa kering (dessicated coconut, bisa dibeli di toko bahan kue)
  6. + 100 gr potongan coklat batangan / dark cooking chocolate / meises biasa
  7. 5 pisang raja bulu matang (ini rasanya seperti pisang raja biasa, tapi lebih manis)
  8. 1 kuning telur, kocok untuk olesan.

Cara membuat:

Sebelumnya, panaskan oven terlebih dahulu, suhunya kurang lebih 180 derajat celcius. Kalo nggak punya termometer, pokoknya dikira-kira saja dan memakai api sedang aja.

  1. Kupas pisang, potong menjadi 2 bagian / ukuran 6cm-an, taruh dalam mangkok
  2. Lelehkan butter, tuang ke mangkuk berisi pisang dan campurkan juga kelapa kering dan palmsuiker, sisihkan.
  3. Ambil selembar puff pastry, potong menjadi ukuran 12×12 cm dan gilas sehingga adonan melebar.
  4. Tata di tengah adonan puff pastry : pisang, coklat, separuh keju lembaran. Lipat adonan sehingga membentuk seperti bantal
  5. Ulangi sampai semua bahan habis. Lalu tata di loyang. Oles atasnya dengan kuning telur kocok dan panggang kurang lebih 30- 40 menit hingga terlihat mengembang dan keemasan.

Jadi deh pisang molen yang rasanya mudah-mudahan tidak kalah dengan pisang molen Kartika Sari yang tersohor itu :)

Pisang molen ini juga bisa disajikan pada saat lebaran loh, mungkin malah bisa menjadi alternatif manis diantara kue-kue kering asin lebaran yang biasa disajikan. Karena isinya yang ada pisang, keju dan coklatnya, dijamin anak-anak kecil pasti suka deh.


15 Comments - Write a Comment

  1. Hanzky

    Gue juga dulu suka bikin nih..tapi gak pake kelapa..trus gue tambahin selembar keju di atas pisangnya sama susu kental manis. Puff pastrynya juga udah berbentuk lembaran gitu jadi tinggal dilipet aja..gampang :D.

    Mana inii kok nggak ada penampakan pas udah matengnya? hihi…

Post Comment