Pastikan Keamanan Tabung Gas Elpiji di Rumah

Sepertinya nggak mungkin ya kita nggak denger soal maraknya kasus meledaknya tabung gas elpiji yang terjadi di rumah-rumah penduduk belakangan ini. Miris banget denger bahwa yang menjadi korban kebanyakan adalah ibu-ibu (bahkan ada yang hamil!) dan juga anak-anak kecil. Kalau awalnya kita sering mendengar kasus ini terjadi di pemakaian tabung gas 3 kg, sekarang malah sudah banyak juga terjadi di rumah-rumah yang menggunakan tabung gas 12 kg. Saya sendiri prihatin banget, kok bisa ya kita mau masak dan nyalain kompor aja harus mempertaruhkan nyawa? :(

Anyway, sambil menunggu pemerintah melakukan tindakan yang pasti untuk menanggulangi masalah ini, kita sendiri pastikan yuk kalau dapur kita aman dari kejadian mengerikan ini. Sebelumnya mungkin kita harus mengingatkan diri sendiri untuk tidak menyerahkan masalah ini sepenuhnya kepada pembantu rumah tangga. Keselamatan kita dan anak-anak adalah tanggung jawab kita semua. Pembantu bisa saja lengah atau kurang informasi seputar keamanan tabung gas, jadi pastikan kita juga tau bagaimana kondisi dapur, kompor dan tabung gas yang kita gunakan

Cara aman menggunakan ELPIJI yang aman dan benar:

  1. Gunakan peralatan ELPIJI (tabung, kompor, regulator dan selang) sesuai Standard Nasional Indonesia (SNI).
  2. Kompor dan tabung ELPIJI ditempatkan di tempat yang datar dan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik.
  3. Idealnya ventilasi dapur berada di dinding bagian bawah dan mengarah ke tempat aman mengingat berat jenis ELPIJI lebih berat dari udara maka apabila terjadi kebocoran ELPIJI akan berada di bagian bawah atau pintu dapur terbuka.
  4. Selang harus terpasang erat dengan klem pada regulator maupun kompor.
  5. Tabung ELPIJI diletakkan menjauh dari kompornya atau sumber api lainnya dan harus diupayakan tidak terpapar panas.
  6. Pasang regulator pada katup tabung ELPIJI (posisi knob regulator mengarah ke bawah). Pastikan regulator tidak dapat terlepas dari katup tabung ELPIJI.
  7. Pastikan selang tidak tertindih atau tertekuk.
  8. Periksa kemungkinan kebocoran gas dari tabung, kompor, selang maupun regulatornya dengan cara membasuh dengan air sabun pada bagian-bagian rawan kebocoran (sambungan regulator dengan valve tabung, sambungan selang ke regulator dan kompor). Apabila terjadi kebocoran akan terjadi gelembung-gelembung udara pada air sabun dan tercium bau khas ELPIJI.
  9. Rangkaian Kompor ELPIJI siap dan aman untuk digunakan.Cara menggunakan kompor yang baik
    • Tekan dan putar knob kompor berlawanan arah jarum jam.
    • Putar knob sampai posisi off (ditandai dengan bunyi klik) bila selesai.

Tips khusus :

  • Ruang dapur yang menjadi satu dengan ruang makan atau ruang tidur dan tidak mempunyai ventilasi atau sirkulasi udara yang baik maka harus diperhatikan perihal sebagai berikut :
    • Pada dini hari setelah bangun tidur dan akan menghidupkan
      kompor harus diyakinkan »»tidak ada akumulasi gas dalam ruangan dengan cara membuka pintu/jendela terlebih dahulu. Bau khas ELPIJI tidak akan tercium apabila kita sedang pilek dan penciuman kita akan mengalami imun terhadap bau apabila kita sudah terpapar bau tersebut dalam waktu yang cukup lama.
    • Pada saat ruangan tertutup ditinggal dalam waktu lama, pada saat membuka pintu »»harus diyakinkan bahwa dalam ruang tersebut tidak terjadi akumulasi ELPIJI akibat kebocoran sebelum menyalakan listrik dan sumber api lain.
  • Jangan mencolok-colok valve tabung apabila ELPIJI tidak keluar dari tabung, tukarkan dengan penjual atau agen terdekat
  • Jangan menggunakan kompor gas dan kompor minyak tanah secara bersamaan dalam satu ruangan.
  • Jangan menghidupkan kompor jika tercium bau ELPIJI yang bocor.

Bagaimana Merawat Tabung Gas dan Perlengkapannya dengan Benar?

Tabung ELPIJI

  • Tabung harus dalam posisi berdiri.
  • Tabung gas tidak boleh terkena langsung dengan sinar matahari atau sumber panas lain.
  • Tabung tidak boleh dilempar atau digelindingkan.
  • Hindari dari nyala api yang terbuka (lampu minyak, rokok).
  • Tabung harus disimpan pada tempat yang kering, tidak basah dan tidak diperkirakan menimbulkan korosi.
  • Valve pada tabung harus dirawat dengan baik dan jangan diganggu.
  • Rubber seal harus selalu ada.
  • Pastikan ketika membeli masih terpasang seal cap. Plastik pembungkus valve.

Selang

  • Hindari dari gigitan hewan, seperti tikus, sayatan benda tajam ataupun terkena nyala api.
  • Jangan sampai letak selang tertindih terlipat.
  • Harus dibersihkan dari sisa-sisa makanan yang tertumpah agar tidak menarik tikus.
  • Lakukan pemeriksaan harian pada selang untuk mengetahui kebocoran.

Klem/Cincin Pengaman

  • Pastikan benar-benar erat pemasangan klem pada sambungan selang dengan kompor dan antara selang dengan regulator untuk menghindari kebocoran.

Kompor Gas

  • Selalu dibersihkan secara rutin secara harian.
  • Jangan menggunakan kompor minyak tanah secara bersamaan dengan penggunaan kompor gas terutama pada saat pemasangan regulator.

Periksa selalu selang, Klem, Valve dan Regulator, apabila ada indikasi yang tidak beres bawa segera ke agen.

Bagaimana mengetahui dan mengatasi adanya kebocoran ELPIJI?

  1. Tercium bau khas gas ELPIJI yang menyengat
  2. Terdapat embunan pada tabung ELPIJI biasanya ada disekitar sambungan pengelasan tabung, neck ring, valve maupun sambungan pada foot ring
  3. Terdapat bunyi mendesis pada regulator.

Jika terjadi kebocoran pada tabung Gas ELPIJI tindakan yang harus segera dilakukan adalah:

a. Lepaskan regulator, bawa tabung keluar ruangan dan letakkan di tempat terbuka.

b. JANGAN MENYALAKAN API ATAU MENGHIDUPKAN LISTRIK

c.  Bawa tabung gas ELPIJI tersebut ke agen atau penjual gas Elpiji.

Untuk layanan, keluhan dan permasalahan seputar Elpiji, bisa menghubungi

Contact Pertamina: 500 000

SMS : 021 – 7111 3000

FAX : 021 – 7972 177

EMAIL : pcc@pertamina.com

Untuk info lebih lengkap lagi, silahkan baca di sini

Semoga bermanfaat. Stay safe moms!


13 Comments - Write a Comment

  1. kyknya agak susah yah meletakkan tabung gas elpiji jauh dr kompornya. soalnya selangnya kan gak panjang2 amat, jd biasanya malah ditaruh di bwh meja kompor (mejanya sih dr keramik)

    1. Yang gue pernah baca maksudnya sih tabung gas jgn diletakkan pas di sebelah kompornya (mungkin ini terutama utk tabung 3kg), dan memang yg disarankan tempatnya agak lebih rendah dari kompor.

  2. thanks affi atas artikelnya! useful banget..
    aslei, dulu2 gw ga begitu concern sm ini, tapi belakangan makin banyak yg meledak jadi deg2an banget. bener kata rika, agak susah ya naronya jauh dr kompor karena biasanya selangnya kan pendek.
    anyway, semoga kita semua dijauhkan dari marabahaya ini deh..

    1. Haduh serem bgt ya Moeti! Gue jg pernah tuh pas masih single dan tinggal berdua sama temen gue gitu, kita abis pergi seharian trus pas dateng rumah bau gas yg nyengaaaat banget gitu. Serem banget! Langsung aja kita buka pintu dan jendela lebar2.

  3. Ada yang lihat berita tadi malam di televisi ndak tentang terjadinya ledakan tabung gas?

    Kejadiannya memang karena kebocoran di selang. Jadi ketika terpasang di tabung, terdengar suara mendesis (sebagai salah satu indikasi terjadi kebocoran gas). Jadi kebocorannya lebih karena knob tidak terpasang dengan sempurna (atau entah karena sebab lain). Yang pasti ada kebocoran.

    Nah, kondisinya saat itu, karena didapur ada juga kompor yang sedang menyala. Nah, jadilah nyamber itu api ke gas yang bocor. Ibu yang menjadi korban menceritakan hal ini. Lupa nonton di stasiun televisi mana nih semalam…

  4. Thank you Fii…gue dan anak2 sebenernya jarang banget berada di dapur, jadi kemaren2 sempet cuek. Tapi giliran lagi bikin kue beberapa hari yang lalu dan anak2 pada nungguin depan oven baru deh gue deg-degan dan ngerasa perlu merhatiin soal ini.

    Thank you ya fi..kayanya perlu diprint dan di tempel di dapur nih..:D

  5. Iyah, serem bgt nih gas sekarang….baru 4hr yg lalu dapur gw juga bau gas gitu…..untung hubby pas pulang cepet jd bisa bantu periksa….padahal tuh tabung gas udah dipake hampir 1bln dan gak pernah ada bau, trus karna ada bau gitu gw putus kan ganti tabung baru walau gas’nya masih ada..pas tukang gas dateng ke rumah gw tanya napa ini tabung bau’nya baru sekarang ? masa dia bilang emang sekarang bagitu kalo mau abis suka bau ! gw sampe heran..masa sih begitu ????? asal jawab aja kali tuh ya….padahal selalu beli di agen resmi loh.

Post Comment