Della Sabrina, Target 600 Botol ASIP!

Membaca judul diatas, mungkin Mommies terkejut. Saya juga demikian saat mengetahui target yang sedang dikumpulkan oleh Della Sabrina, 26 tahun, istri dari presenter Irfan Hakim ini.

Hebat!  Itulah yang pendapat saya tentang ibunda dari Aisha Maydina Hakim (2 tahun) serta si kembar BhaVna Rakana Hakim dan BhiYan Raina Hakim yang dilahirkan secara normal ini. Della, demikian sapaan akrabnya, saat ini tengah mengejar target 600 botol ASIP (Air Susu Ibu Perahan) karena ia akan menunaikan ibadah haji yang telah direncanakannya sebelum ia hamil 2 putri kembarnya.

Banyak ibu yang kewalahan mengejar stok ASIP, apalagi untuk bayi kembar. Tapi Della yakin, ia pasti bisa!

Apa yang menyebabkan begitu gigih memberikan ASI selama nanti pergi haji?

Karena si kembar kan usia 5 bulan saat naik haji nanti. Dan hanya ASI saja makan/minumnya, tidak ada yang lain. Jadi saya berusaha untuk memenuhi kewajiban saya sebagai ibu untuk memberikan ASI Eksklusif bagi mereka. ASI kan hak asasi bayi.

Sejauh ini sudah terkumpul berapa banyak?

Dari target 600 botol, sekarang baru terkumpul 124botol x 125cc. Masih ada 4 bulan lagi untuk mengumpulkan sisanya :)

Kalo melihat target yang luar biasa itu, apakah pernah terbersit rasa pesimis dalam hati?

Nope, tidak pernah pesimis. Karena saya YAKIN pasti bisa :)

Menyusui sikembar sambil nyetok ASIP aja saya bisa kok, padahal banyak juga tuh yang meragukan saya, tapi nyatanya kalau kita yakin dan terus berusaha, pasti ALLAH akan membantu mewujudkannya :)

Bagaimana bisa me-manage ngumpulin ASIP padahal baby-nya kembar yg tentu kebutuhannya 2x lipat dan Full Time Mom (FTM) yang konon lebih sulit menyiapkan ASIP?

Menurut saya sebenarnya sama saja sih ya, mau anaknya kembar, atau cuma satu. ASI akan selalu cukup, kuncinya hanya RAJIN menyusui dan RAJIN memompa/memerah asip, karena produksi ASI itu kan by demand, kalau sering kita susui dan sering kita perah, pasti payudara akan terus memproduksi ASI. Tapi kalau kita malas menyusui, udah gitu malas memompa, otomatis produksi ASI pun menurun, karena “permintaan” ASI-nya kan sedikit. Jadi payudara menyesuaikan.

Kapan saja memerah ASI-nya?

Saya memerah ASI sebelum, saat, dan setelah menyusui si kembar. Kalau sesi menyusui mereka berbarengan, biasanya saya memompa sebelumnya atau setelah mereka menyusui. Kalau kebetulan sesi menyusuinya satu persatu, jadi saya sambil menyusui sambil memerah di payudara yang lainnya.

Ada asupan khusus untuk memicu produksi ASI nggak?

Awalnya saya beli suplemen, tapi cuma seminggu pertama saja saya minum. Karena saya orang yang paling males minum obat/vitamin. Saya mendingan disuruh makan sayur/buah aja daripada disuruh minum obat/vitamin. Dan saat saya nggak minum suplemen, ternyata produksi ASI malah semakin banyak juga tuh. Berarti sebenarnya yang bekerja adalah KEYAKINAN kita, kalau kita YAKIN bahwa ASI kita banyak, pasti banyak. Kalau kita YAKIN dengan minum suplemen makin banyak, itu pun akan memperbanyak ASI juga. Jadi ASI hanyalah permainan pikiran, ciptakan pikiran positif dan keyakinan, Insya ALLAH itu saja sudah cukup untuk meningkatkan produksi ASI. 

Pernah ada omongan miring/ yang sinis tentang keinginan kamu ini?

Tentu saja banyak yang pesimis dan sinis sama saya, bahkan ada yang bilang, “ASI udah basi dong kalau disimpen 5 bulan gitu! Nilai gizinya pasti berkurang kalau dibekukan.” Tapi saya nggak pernah dengerin mereka, karena saya tau, walaupun nilai gizi ASIP beku akan berkurang, tapi tetap saja masih jauuuh lebih baik daripada susu formula merk manapun.

Dukungan suami seperti apa?

Suami sangat mendukung sekali, dia belikan saya freezer 6 rak khusus untuk menyimpan ASIP. Dia belikan saya genset supaya ASIP terus beku saat pemadaman listrik, dia kasih saya semangat setiap hari untuk terus memerah dan menyusui, berapapun hasil ASIP-nya dia selalu bilang “Bunda hebaaaat!”. Dan tentu saja, dari sekian materi yang dia berikan untuk mendukung ASI Eksklusif, supportnya lah yang paling penting dari segalanya :)

Aisha sudah disapih? Bagaimana sikap kakak ke adik-adiknya?

Aisha self weaning saat umur 22 bulan, pada saat saya sedang hamil 7 bulan. Tapi sekarang kalau ada ASIP lebih dari 125cc, lebihnya suka diminta sama Aisha untuk diminum :p Aisha sayang banget sama adik-adiknya, dia selalu mau ikutan bantu merawat adik-adiknya. Kalau si adik lagi nangis, Aisha langsung panggil saya “Bundaaaa, adek neneen!” haha.. dia kasih tau saya kalau adiknya mau nenen :p

Ada kekhawatiran meninggalkan anak-anak dalam waktu yg cukup lama?

Tentu saja khawatir pasti ada, ditinggal sebentar ke supermarket aja kita khawatir kok, apalagi ditinggal selama 25 hari ke tempat yang sangat jauh. tapi Insya ALLAH anak-anak nanti akan aman, dirawat oleh keluarga kami.

Khawatir si kembar nanti nggak mau menyusu langsung lagi nggak?

Iya, itu yang saya agak-agak takut. Saya takut nanti begitu saya pulang, merekang gak mau nyusu langsung. Makanya dari awal saya sudah konsultasi sama konselor laktasi di rumah sakit tempat saya melahirkan. Menurut mereka, bayi-bayi itu pintar, mereka tidak akan pernah lupa sama bundanya, asalkan selama ditinggal pergi, jangan diberi ASIP menggunakan dot, lebih baik pakai gelas saja. Ya Bismillah, semoga berhasil nanti :)

Apa yang ingin Della sampaikan ke ibu-ibu dengan usaha Della mengumpulkan ASIP ini?

Apapun yang kita lakukan, asal kita percaya dan yakin, pasti akan berhasil.. and it works for breastfeeding too :)

________________

Plok-plok-plok…

Saya bangga sekali mendengar cerita Della, mudah-mudahan targetnya tercapai dan ibadah haji-nya lancar serta selamat sampai tujuan dan tiba dirumah lagi untuk memeluk buah hatinya ya…


205 Comments - Write a Comment

  1. Pingback: DAY

  2. Salutttt bangettt buat della! Irfan dan anak2 sangat beruntung punya istri dan ibu yg hebat kaya della.. Aku ikut doain targetnya tercapai dan nanti stlh haji tetap lancar asinya.aminnn..

  3. ya ampuuuunnn.. terharu sangat ngeliat tekad della!
    aku juga bantu doa semoga target tercapai yaa.. dan juga setelah pulang haji nanti si duo cantik tetep mau nenen langsung, AMIN!

  4. Mba Della Hebat….. walopun aku blum di percaya u/jadi orang tua, tapi mba dela itu penyemangat buat aku’ mudah2an kalo ALLAH mempercayai aku u/ jadi Ibu, aku bisa menjadi seorang ibu yang kuat seperti mba Della’
    Semangat ya mba’ InsyaALLAH pasti tercapai target 600 btl susunya’ AMIEEENNNN….

  5. emang bener sih, kalo mau nyetok asi perah yang penting emang niat dan yakin. Plus berdoa yg banyak supaya si anak mau minum asi beku *teringat azwa yg gak mau asi beku dan menghancurkan usaha penyetokan asi maknya* mungkin karna dulu sempet leleh dikit, trus beku lagi… Owalah, kenapa ga kepikiran dry ice dan genset -_-

    Sakseus ya Del! Insya Allah dapet lah 600 mah, konde-mu gede.. Hahahhahah…

  6. Wowwww…Hebat :) Salut bgt sama kegigihan ibu yang satu ini..jd bikin gw jg tambah semangat buat ASI sampe minimal anak gw 1 th..Good luck buat usahanya ya..pasti berhasil dan semoga ibadahnya nanti jg dilancarkan Tuhan..Kisses for the girls *smooch*

  7. ..woww…gue bacanya sambil yang masih nggak percaya gitu..ckck..padahal gue aja yang waktu itu nyusuin dan mompa (sering banget mompa midnight gitu pas baru pulang liputan) udah ngerasa yang kayanya rempong bener deh…it’s nothing compare to what she’s done. Saluuttt deh pokoknya….mudah2an berhasil mengumpulkan ASI yang cukup ya…dan Insya Allah Ibadahnya juga lancar…:))

  8. Subhannalloh…luar biasa..salut mba. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah untuk hambanya yang yakin.
    Semoga menjadi haji yang mabrur dan putri2 yg ditinggal sehat selalu. Amien

  9. Hebaaaaatttt,,,,,, Salut banget buat Mba Della….. Semoga tercapai targetnya dan insya Allah ibadah hajinya lancar, amiiiiinnn…..
    Aku jadi termotivasi utk tetep semangat merah asi selama di kantor…..

  10. Subhanallah….
    two thumb buat bunda della…salut banget nyesel sy dulu ngk asi exclusiv, sy smp meneteskan air mata melihat perjuangan bunda yg begitu besar untuk buah hatinya…
    I Proud bout that, lanjutkan perjuanganmu bunda untuk mencapai 600 botolnya… Xia yo

  11. Karena udah pernah ngerasain gimana beratnya mompa ASI dan kejer2an sama stock selama kerja jadi salut banget deh sama usahanya Della. Semoga lancar dan 3 little princesses-nya baik-baik dan sehat selalu :)

  12. Subhanallah…asli speechless mo komen apa. Duh ceritanya Della ini menginspirasi gw banget nih. Insya Allah anak ke 2 nanti mau kaya gini deh…aminn

    Semoga Allah mengabulkan niat baik mu Bunda…dan semoga menjadi haji yang mabrur..amin

    Irfan, Aisha dan si kembar pasti bangga punya Ibu kaya Della…

    *ngetik sambil berurai air mata

  13. *speechless sejenak*
    Wow…600 botol? Subhanallah. Mbak Della benar2 ibu yang luar biasa. Gigih dan optimis. Saya ikut mendoakan semoga targetnya tercapai. Semoga 3 bidadari nya yang cantik dan lucu selalu sehat juga mbak Della dan Mas Irfan *SKSD padahal gak kenal hehehe* Salam kenal deh :-)

  14. Semangat terus ya mbak Della, saya juga sempat sedih ketika banyak orang termasuk keluarga sendiri meragukan kapasitas ASI saya, tapi saya yakin dan terus berusaha.
    Saya yakin mbak Della pasti bisa mencukupi kebutuhan susu buat sikembar. Mudah2an perjalanan Hajinya selamat dan menjadi Haji yang mabrur,Amiin…

  15. Huebatttt sekallleeeee…
    Duh mulia sekali Ibu ini.. aku iriii…
    aku yang cuman bekerja dengan 1 anak, tp gak berhasil ASI sampai 1 tahun..
    Tapi melihat Della yg gigih seperti ini (dengan 3 anak_2 kembar pula!), aku juga YAKIN InsyaAlloh bisa untuk anakku nanti walopun aku bekerja…
    doakan yaaa… Ciayooo…

    Smoga menjadi Haji ya Mabrur Della… =)
    Salam untuk keluarga.. =)

  16. SubhanaAllah..
    mba della…waktu itu pernah ketemu di seminar asi..
    saya saluuut bangeet…yakiin dan terus berusaha y mba…
    saya yakin kegigihan bundanya akan membawa kebahagiaan luar biasa..

    Salam asi mba..

  17. Subhanallah, bener2 terharu dan berkaca2 bacanya
    ga nyangka ada ibu yg berjuang mengumpulkan ASIP sebanyak itu demi buah hatinya tercinta, mari qta sukseskan gerakan ASI utk anak Indonesia

    Semoga targetnya tercapai dan Hajinya mabrur, amin

  18. Good Job, Mom!
    Mudah2an targetnya tercapai dan ibadah hajinya mabrur. Barakillah ya Mb Della :)

    (Faqih uda 15 bulan susunya juga masi ASI, semangat pumping yhukk! -terutama working mom yg sering kelupaan pumping kalo uda ngadepin komp-)

  19. Subhanallah..what a great mom ^_^
    semoga hajinya mambrur ya Mba Della…
    Niat yg baik disertai kerja keras insyaAlloh akan berbuah bahagia
    aq jg pny komitmen utk melengkapi ASI utk Nara sampai umur 2 tahun nanti, hehehe walau ga sehebat Mba Della yg harus menyetok ASI utk si kembar…

  20. nenglita

    hai bunda rafa, coba bantu ya. pake gelas itu ada namanya cup feeder (yg saya tau keluaran medela) bentuknya kecil menyesuaikan mulut anak. tujuan pake gelas supaya nggak nursing strike atau bingung puting akibat pemakaian dot :) HTH

  21. alhamdulillah, akhirnya ada juda publik figur dalam arti yang sebenarnya…
    Subhanallah, semoga do’a dan semua usahanya mendapat ridlo Allah SWT, Amiin…
    hiks, sumpah terharu banget..!!!

  22. Salut dengan semangatnya mbak della.
    waktu saya cuti hamil kemarin,sempet baca artikel dan liat foto mbak della di depan ASIP nya. Bikin saya semakin semangat untuk mompa. Awalnya saya sempat pesimis krn cuti kerja saya hanya 3 bulan tapi saya ingin bgt bisa kasih ASI eksklusif ke baby.
    Dalam 3bulan cuti saya, alhamdulillah saya bisa nyetok ASIP 19,5 Liter (163 botol x 120ml)
    Makasih bwat mbak della yg dah bwat saya termotivasi dan semangat bgt buat mompa.
    Sekarang baby saya sdh 4 bulan dgn berat 8,5 kg.

    Buat mbak della semangat terus ya.
    InsyaAllah bisa dan semoga diberi kemudahan.. ^^

  23. wwooooww hebat bgt… yang semangat yaa Della..
    Alhamdulillah anak pertama saya bisa lulus ASI hingga usia 2 th.. sekarang sedang berjuang untuk anak keduaku 5,5 M, 8kg…izin share yaaa… Salam ASI!!

  24. wow gila abis. so inspiring. btw mau nanya nih saya mom of 3 weeks old. menyusui cuma 1-2 kali aja ( 1 jam an) trus sisanya di pompa. selama ini masih mompa 5-6 kali (3 jam sekali)waaktu pagi sampai menjelang tidur. malam harinya pakai susu formula karna tidak cukup volumenya buat malam hari. yg saya tanyakan apakah volume asi tidak bisa bertambah tanpa menambah jam pompa atau menambaH frequensi pompa? soalnya kalau saya pompa kurang dr 3 jam cuma dapat sedikit. ada saran. karna saya harus bekerja dr itu saya dr awal sudah pakai pompa dan takut untuk commit untuk memompa lebih dr 5/6 kalisehari takutnya kalau pompa 10 kali misalnya trus setelah bekerja tidak bisa pompa 10 kali cuma bisa 6 kali nanti produksi asi menurun kemudian habis.
    any advice?

    1. Hai mbak, share aja ya. Aku dulu juga waktu awal anakku lahir working mom kok. Nyusuin langsung ga dijadwalin, justru mompa yang dijadwalin, sehari waktu masi cuti hamil cm 2-3 kali aja buat tabungan. Boleh tau knapa alasannya lebih sering mompa ketimbang nyusu langsung knapa? Trus, setau aku ya justru di malam hari produksi asi tinggi. Makanya aku dulu selalu menjadwalkan memerah di jam 3-4 pagi krn selalu dapat banyak di jam segitu. Memerah sesering mungkin emang akan memicu produksi asi, tp menyusui langsung tentu lebih baik krn selain merangsang produksi asi juga memperkuat bonding antara ibu dan anak :)
      Pas udh balik kerja, saat sama anak sy tetap menyusui langsung dan dikantor saya memerah 2-3x juga, ditambah 1x pas subuh itu. HTH :)

  25. Dear All, minta info nya dongs, beli Freezer 6 rak nya di mana? Merk apa? Akyu googling koq belum dapet yah?

    Aku working Mom, anak pertama Alhamdulillah lulus ASI 2 th, skrg lg hamil 7 bulan, siap2 ASI anak kedua, masalahnya, dulu pake kulkas 2 bh wkt masih tinggal bareng sama nyokap, itu pun gak cukup krn musti “rebutan tempat” buat nyimpen stock daging, ayam, dan teman2 nya hehehehe, pls info ya. Kalo ada yg bisa disewa bagus juga tuwh… Buat kado temen yg lahiran jg owkeyh.

    Salutttt buat Della, gak kebayang ASIX buat baby kembar.. BRAVO!!!

  26. @ LITA : alasan menyusui cuma sekali atau 2 bukan di jadwal benernya si krn waktu nyusuin dah 1 jam ga lama kok bb nya masih nangis minta minum, jarinya dimasukin kemulut ( tanda2 lapar gt) jadi aku kasih express milk. jadi aku pikir nyusuin sekali cuma buat stimulasi aja and biar bbnya ga lupa cara latch on.

    kalau kerja cuam 2- 3 kali pompa cukup ya susunya untuk 10 jam an (waktu di tinggal kerja. sisanya di susuin langsung? trus kalau nyusuin langsung berarti malam juga nyusui. apa bisa bangun untuk kerja esok harinya? setahu saya kalau yg fully breast feed yg latch on katanya tiap 10-15 menit nyusuin lagi. sorry nanya2 kebanyakn hehehe :)abis ga tau apa apa. btw tq ya dah mau response pertanyaan saya

  27. nenglita

    @bundazio, nanti aku coba kontak della ya untuk share beli freezer tersebut :)
    @naomi, coba browse dan gabung ke forum mommiesdaily deh, banyak yang share tentang pola menyusui dan trik2 ttg menyusui :)

  28. Subhanallah… luar biasa mbak della ni, teladan yang sangat bagus. kebetulan saya lagi hamil anak pertama 7 bulan dan berencana dan berkomitmen memberikan ASI eksklusif tanpa susu formula di sela2 saya mengajar. mohon doanya semoga saya bisa. semangat mbak della,moga lancar kedua ibadahnya ( haji dan mmberikan ASI)!

  29. wah hebat mba della…semangat ya…aku jg udah nyetok ASIP ku..kulkasnya sama persis ky punya mb della… :) tp klo targetnya 600 botol, kulkasnya kurang besar mba del…
    kulkasku sekarang udah penuh & itu 1 layer cm muat sekitar 40an botol.
    saranku untuk yang di pintu, pake kantong ASIP aja…lumayan 1 botol bisa isi 200ml..

    happy breastfeeding
    -Ika-

  30. four thumbs up!!!
    inspiring women including me :)

    Setuju bgt ma Della, klo udah niat ksh ASI pasti bisa plus doa byar Allah jg bantu usaha itu..
    Semoga ibadah hajinya juga berjalan lancar, selamat sampai kembali ke Indo dan jadi hajjah yg mabrur!
    *mdh2an suaminya jg jd haji yg mabrur,amiiin..

  31. Sy sdg hamil 13 mgg anak ke4, InsyaAllah th 2011 sy menunaikan ibadah haji . Pd saat itu anak sy berumur 4 bln. Pengalaman Dan semangat Della menjadi supper buat saya, bisakah sy tau Della tentunya pake pompa elektrik ya? Thx

  32. subhanalloh… keyakinan seorang ibu yang DHAHSYAT!!!!!
    dengan ikhtiar yang HEBAT berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya.
    “like” semoga bisa di ambil ibrohnya untuk para calon ibu, para ibu Indonesia dan di manapun…. ^_^

  33. hebaat banget mba Della.. Mau nanya dong, soalnya ada rencana mau naik haji juga dan kebetulan saya punya bayi yang sekarang masih 4 bulan. Bikin stok asip nya berapa lama sebelum naik haji? apa ada batasan waktu untuk penyimpanan asi beku gitu? Asip nya diperah langsung ke dalam botol ya.., bagusan mana pake alat atau dengan tangan saja? Memang kendala terbesar nyetok asi justru dari keluarga besar yang meragukan apa asi nya bakal cukup..jadi saluuut banget buat keluarga mbak della..

  34. Subhanaalloh,InsyaAlloh dg niat Iklas karna panggilan Alloh SWT semata,Alloh akan melindung & menjaga umatnya yg Taqwa.Amin.
    Mas Irfan sekeluarga, saya hanya mendoakan mudah2 an mbak Della di tanah suci nanti lancar menunaikan Ibadah Hajinya,selamat sampai kembali kekampung halamannya.Si buah hati menunggu sang Ibunda sedang berjihad di jalan Alloh SWT.
    Allohhuakbar 3X.

  35. Subhanallah.. Terharu banget baca’y.. Congrats ya mb della..
    Semoga aq jg bs seperti mb.. Baby’qu skrg 2 bln n aq dah back 2 work..
    Klo dihitung2 kmrn sudah dpt 200 botol, tp dah aq transfer 75 botol ke anak kaka’ ipar yang belum 1 bln asi’y ga keluar banyak, klo merah cma dapat 30 ml.. N aq transfer jg 40 botol bwt anak kaka’qu yang sudah 10 bln n dya dah ga sempet merah..
    But I still believe klo ngasih ke orang pasti kita akan dapat lebih banyak n Insya Allah anak’qu ga kekurangan..
    Semangat terus ya para Mommy, give ASI for our Baby..

Post Comment