8 Alternatif Minyak Goreng, Makanan Jadi Lebih Sehat dan Tetap Nikmat

Self

Mommies Daily・28 Aug 2024

detail-thumb

Ingin diet tapi suka mengonsumsi gorengan? Yuk, coba beberapa alternatif minyak goreng yang lebih sehat ini, makan gorengan tetap aman!

Pada saat menjalankan program diet, seseorang perlu memilih makanan yang kaya akan, vitamin, mineral,rendah kalori, serta serat yang dapat menekan nafsu makan dan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi. Selain jenis makanan yang dikonsumsi, Mommies juga perlu memperhatikan bahan-bahan yang digunakan ketika mengolah makanan untuk diet, seperti halnya penggunaan minyak goreng. 

Meskipun menjadi bahan pokok yang digunakan sehari-hari, tapi nyatanya penggunaan minyak goreng justru tidak dianjurkan karena tidak sehat untuk diet. Minyak goreng atau minyak sayur memiliki kandungan lemak jenuh serta lemak trans yang tinggi, sehingga bisa meningkatkan kolesterol jahat (LDL) yang memicu risiko terkena obesitas, diabetes, atau bahkan penyakit jantung. 

Pengganti Minyak Goreng untuk Diet

Mommies yang sedang diet saat ini perlu selektif dalam memilih minyak yang hendak digunakan saat memasak. Berikut ini alternatif yang bisa digunakan untuk mengganti minyak goreng, antara lain. 

1. Minyak Zaitun

Foto: Freepik

Minyak zaitun atau olive oil menjadi salah satu minyak yang populer dan paling sehat yang dikenal banyak orang karena memiliki banyak manfaat. Berasal dari pohon zaitun, minyak yang satu ini memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal sehat yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel dan menjaga berat badan. 

Namun Mommies perlu memperhatikan penggunaan minyak zaitun karena hanya bisa digunakan pada suhu yang rendah. Hal ini disebabkan karena kandungan baik yang terkandung dalam minyak zaitun dapat hilang jika digunakan pada suhu yang tinggi. Minyak zaitun juga mempunyai manfaat lain pada kesehatan, yakni bisa meningkatkan fungsi kognitif otak. 

BACA JUGA: Manfaat Vitamin A untuk Orang Dewasa dan Sumber Makanannya

2. Minyak Kelapa

Foto: Freepik

Berasal dari hasil ekstraksi daging kelapa, minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi untuk meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Diperkaya dengan kandungan antioksidan, minyak kelapa juga mempunyai kandungan poliphenol dan vitamin E yang dipercaya bisa menjaga berat badan. 

Melansir dari Healthline, minyak kelapa juga bisa mengurangi asupan makan dan meningkatkan perasaan kenyang. Tentunya hal ini bermanfaat untuk membantu Mommies yang sedang menjalankan diet. Minyak kelapa juga dipercaya bisa menjaga kesehatan mulut, rambut serta kulit Mommies. 

3. Minyak Alpukat

Foto: Freepik

Rekomendasi minyak alternatif lainnya yang dapat dijadikan pengganti minyak goreng adalah minyak alpukat. Pasalnya minyak yang titik asap tinggi yakni sekitar 520°F (271°C) ini cocok untuk digunakan ketika memasak dengan api besar atau menggoreng pada suhu yang tinggi. 

Minyak alpukat dilengkapi dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang membantu meningkatkan metabolisme, membakar lemak dalam tubuh, dan mendukung kesehatan jantung. Selain itu, minyak alpukat juga bisa membantu melawan kanker dan mencegah penyakit alzheimer. 

4. Minyak Kenari

Foto: Freepik

Minyak yang dilengkapi dengan kandungan lemak tak jenuh satu ini memiliki kandungan omega 3 yang bisa menjaga kesehatan otak, menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko kanker, serta mencegah demensia. Merujuk pada WebMD, mengonsumsi minyak kenari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan dinding arteri. 

Minyak kenari tidak bisa bertahan lama alias hanya tiga bulan ketika disimpan dalam kulkas. Dengan memiliki rasa pedas dan manis, minyak kenari sangat cocok untuk digunakan sebagai salad dressing atau memanggang. 

BACA JUGA: 10 Jenis Makanan Terbaik untuk Detox, Tubuh Semakin Sehat

Itulah beberapa alternatif yang bisa dijadikan pengganti minyak goreng atau minyak sayur agar. Selain mengganti minyak goreng, jangan lupa juga untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti berolahraga secara rutin, mencukupi kebutuhan air, dan mengonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi agar diet yang dijalankan Mommies dapat berhasil. 

Jika Mommies hendak melihat alternatif minyak goreng lainnya yang bisa digunakan ketika memasak, bisa lanjut membaca di artikel 8 Pengganti Minyak Goreng untuk Diet, Makan Gorengan Jadi Lebih Sehat dan Aman. Semoga membantu!

Penulis: Nariko Christabel

Cover: Freepik