Manfaat Vitamin A untuk Orang Dewasa dan Sumber Makanannya

Self

Dhevita Wulandari・13 Aug 2024

detail-thumb

Vitamin A menjadi salah satu gizi yang penting dikonsumsi oleh tubuh. Simak manfaat vitamin A, sumber makanan hingga dosis yang aman.

Agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, setiap manusia membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup, salah satunya vitamin A. Vitamin A dibutuhkan sejak masih bayi hingga dewasa. Bahkan, vitamin A memiliki bulannya sendiri, lho, yaitu di Februari dan Agustus setiap tahunnya. Namun, bulan vitamin A ini hanya untuk bayi dan balita yang harus mendapatkan suplemen di Posyandu atau Puskesmas atas arahan pemerintah.

Vitamin A sendiri memiliki nutrisi yang penting dan krusial dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bagi orang dewasa, vitamin A mempunyai segudang manfaat yang baik. Yuk, simak ada apa saja!

Manfaat Vitamin A

Vitamin A sangat dibutuhkan untuk penglihatan, pertumbuhan, reproduksi, hingga sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini juga bersifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Lebih lengkapnya lagi, berikut beberapa manfaat vitamin A:

1. Menjaga kesehatan mata

Seperti sudah diketahui, vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata, sehingga bisa mencegah mata mengalami rabun senja. Tidak hanya itu, vitamin A juga bisa menghindari seseorang dari mengalami degenerasi makula yang merupakan penyebab utama kehilangan penghilatan pada orang dewasa.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi vitamin A yang cukup dapat meningkatkan imunitas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh mampu melawan infeksi. Vitamin ini juga dapat mengurasi risiko seseorang terkena kanker.

3. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin A juga dikenal sebagai retinol yang mampu membantu melawan peradangan jerawat, mempercepat proses regenerasi sel kulit yang dapat mempercepat penyembuhan luka, serta menjaga kelembapan kulit agar lebih sehat.

BACA JUGA: Disentri Mengintai, Kenali Gejala hingga Cara Mencegah Terkena Amoeba

4. Menunjang kesehatan reproduksi

Ternyata, pada laki-laki vitamin A juga diperlukan untuk memproduksi sperma yang sehat, lho!

5. Membantu pertumbuhan sel

Vitamin A memiliki perang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel-sel dalam tubuh. Seperti memproduksi sel darah merah yang menyebarkan oksigen.

6. Menjaga kesehatan pernapasan

Kesehatan paru-paru dan selaput lendir pada rongga pernapasan dapat terjaga dengan baik jika mengonsumsi vitamin A sesuai dosis yang cukup.

7. Mendukung pertumbuhan rambut

Apabila memiliki kondisi rambut yang tidak sehat dan rusak, mengonsumsi vitamin A bisa mendukung dan membantu pertumbuhan rambut dengan baik dan sehat.

Foto: Calwin Veigas on Pexels

Sumber Vitamin A

Vitamin A bisa didapatkan dari berbagai sumber makanan yang mudah ditemukan sehari-hari, antara lain:

  • Hati, termasuk hati sapi dan hati ayam
  • Sayuran berwarna cerah, seperti wortel, paprika merah, labu, bayam.
  • Buah-buahan mulai dari mangga, pepaya, dan aprikot.
  • Produk susu, seperti susu, keju, yogurt.
  • Ikan, termasuk salmon, tuna, makarel.

Dosis yang Dianjurkan

Dosis vitamin yang dibutuhkan bisa berbeda-beda pada setiap orangnya. Yang harus Mommies ketahui adalah meski vitamin A sangat bermanfaat bagi tubuh, namun mengonsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh. Sebaiknya, Mommies dan keluarga berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi agar mendapat dosis yang sesuai.

BACA JUGA: 9 Kebiasaan Pola Makan Sehat di Usia 50-an agar Tetap Bugar saat Lansia

Cover: kroshka__nastya on Freepik