5 Manfaat Meal Plan untuk Anak dan Keluarga

Parenting & Kids

RachelKaloh・13 Aug 2024

detail-thumb

Biar nggak pusing mikirin mesti masak apa, yuk, coba susun meal plan! Memudahkan sekaligus memberikan manfaat untuk anak dan keluarga.

Lazim sekali, ya, kalau dalam percakapan antar ibu, tuh, pasti ada aja celetukan, seperti, “Aduh, PR banget, nih, mikirin mau masak apa!”. Dari menu makan di rumah, sampai bekal anak dan suami, semua memang menjadi bagian dari kepusingan Mommies. Nah, biar nggak lama-lama pusingnya, memang paling baik adalah dengan menyusun meal plan. Percayalah, hidup akan jadi lebih mudah. Mommies akan mendapatkan manfaat, nggak hanya untuk anak, tapi untuk seluruh anggota keluarga.

Meal plan adalah sebuah cara yang bisa dilakukan oleh Mommies dalam merencanakan menu makan keluarga. Meal plan ini tentu bisa dibuat sesuai kebutuhan, misalnya per minggu maupun per bulan. Paling gampang, sih, dimulai per minggu dulu. Dengan adanya susunan menu ini, Mommies akan mendapatkan manfaat berikut ini.

Lebih hemat waktu, persiapan ke sekolah jadi lebih optimal

Persiapan sekolah di pagi hari itu sangat rentan rusuh. Belum lagi kalau anak telat bangun. Nah, kendala tersebut bisa disiasati dengan mempersiapkan kebutuhan anak dari sebelum hari H, alias di malam hari atau ketika memasuki minggu yang baru. Dengan menyusun meal plan, misalnya seminggu ke depan, Mommies akan menghemat persiapan yang biasanya memakan waktu cukup lama, karena menu bekal anak maupun suami sudah disiapkan dari malam hari. Sehingga ketika pagi datang, tinggal eksekusi dan bisa lebih sat set.

Anak belajar menentukan menu makanan sesuai keinginannya

Saat menentukan meal plan, Mommies juga bisa, lho, mengajak anak untuk ikut menentukan menu makanan sesuai keinginannya. Misalnya, mau sarapan apa, bawa bekal apa, dan makan malam apa di hari Senin, Selasa, dst. Dengan ikut menyusun menu sesuai keinginannya, anak jadi lebih semangat ketika momen makan tiba.

Baca juga: 6 Ide Bekal Anak ala Rachel Vennya hingga Ayu Ting Ting: Mudah Dibuat, Dijamin Lahap!

Nutrisi anak akan lebih mudah terpantau 

Ketika selesai menyusun meal plan selama satu minggu, Mommies akan lebih mudah untuk memantai gizi yang akan didapat seluruh anggota keluarga. Misalnya, menu sarapan roti dan telur, maka anak sudah mendapatkan protein hewani dan karbohidrat, kemudian makan siang bisa pilih sumber protein hewani lainnya, seperti ikan. Jangan lupa sayurannya. Begitu pula dengan snack si kecil, misalnya menu sayuran hanya untuk siang dan malam, maka di jam snack pagi, Mommies bisa memberikan anak pudding atau jelly agar ia tetap mendapatkan serat. Meal plan akan membantu Mommies mewujudkan menu sehat bernutrisi lengkap untuk sekeluarga selama waktu yang ditentukan.

Baca juga: Makan Siang Rp15.000, Begini Kandungan Gizinya Menurut Ahli Gizi!

Lebih hemat saat belanja bulanan

Serunya lagi, mempersiapkan menu makan selama satu minggu ini juga akan memudahkan kita ketika belanja mingguan atau bulanan. Anda jadi nggak perlu beli bahan-bahan yang di luar menu tersebut, karena memang tidak diperlukan. Cukup sediakan bahan masakan sesuai dengan menu yang sudah dibuat. Alhasil, jadi lebih cermat saat belanja, dan tentunya akan terasa lebih hemat. 

Belajar hidup teratur dan serba secukupnya

Dari menyusun menu harian, kita belajar hidup lebih terorganisir. Bukan hanya kita sebagai yang menyusun menu, tetapi anak-anak juga akan terbiasa hidup teratur. Anak sudah tahu menu apa yang akan ia nikmati hari ini, maka ia akan mengikutinya. Ia akan berhadapan makanan sesuai pilihannya, sehingga tidak ada alasan baginya untuk mengelak dan menolak makan. Dengan demikian, anak juga jadi belajar mensyukuri apa yang ada serta menikmati makanan secukupnya, tanpa harus merengek dan meminta di luar dari meal plan.

Gimana, Mommies, sudah siap bikin meal plan?

Image by freepik