banner-detik
EDUCATION

Makan Siang Rp15.000, Begini Kandungan Gizinya Menurut Ahli Gizi!

author

dewdew08 Mar 2024

Makan Siang Rp15.000, Begini Kandungan Gizinya Menurut Ahli Gizi!

Kira-kira dengan uang Rp15.000 bisa dapat makan siang apa? Lalu, lengkapkah gizi yang terkandung di dalamnya? Ini penjelasan ahli gizi.

Ramai statement Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang mempertanyakan bahwa menu makanan seharga Rp15.000 bisa kenyang nggak, sih? Selain itu belum tentu bisa memenuhi kebutuhan gizi harian. Saya jadi tergelitik, dengan uang 15.000 bisa makan apa, ya?

Rasa penasaran membawa saya kemudian mengecek beberapa teman yang domisilinya tersebar di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Kira-kira bisa makan siang apa ya dengan uang Rp15.000?

Menu makan 15.000 di Jadetabek

Menilik area Tangerang Selatan seorang teman berbagi informasi. Ternyata ia berhasil membeli menu makan lengkap seharga 15.000. Menu makanan tersebut terdiri dari nasi (karbohidrat), ikan tongkol (protein hewani), tahu (nabati), serta capcay (serat).

15.000 bisa makan apa

Foto: Dok. Istimewa / Sisca, Tangerang

BACA JUGA: 7 Asupan Makanan Penambah Energi Saat Puasa, Sahur dan Berbuka Makin Berkah!

Bagaimana dengan Jakarta? Nggak jauh berbeda. Masih dapat nasi dengan lauk telur balado, tempe orek, plus tumis sayuran. 

makan siang Rp15.000

Foto: Dok. Istimewa / Dhevita, Jakarta Selatan

Saya sendiri mencoba membeli nasi Padang di area Depok. Soalnya menu Padang ini favorit semua orang. Ternyata, oh, ternyata masih dapat rendang, geys! Meski, beratnya hanya sekitar 25 gram dan tanpa protein nabati. 

Foto: Dok. Istimewa / Dewi, Depok

15.000 bisa makan apa di area Jawa?

Mari bergeser ke area Jawa. Jawa Tengah sendiri juga ternyata masih bisa mendapat menu makanan lengkap dengan uang 15.000. Seorang teman yang menetap di Yogyakarta berbagi info harga menu katering Warung Sambal Nagih. 

Di warung tersebut tersedia beberapa pilihan paket 15.000. Apa saja yang didapat? Nasi beserta 2 lauk utama protein hewani yaitu ayam sayap dan telur. Plus, tempe goreng, bakso, sayur, dan sambal. 

Foto: Warung Sambel Nagih, Yogyakarta

Bagaimana kalau kita kemudian pindah ke Jawa Timur? Seorang sahabat di area industri Gresik mengatakan, untuk menu makanan seharga 15.000 tentu saja bisa didapatkan. Masih sama seperti di Yogyakarta, menu makanan komplit mulai dari karbohidrat, protein hewani, hingga serat. 

Foto: Dok. Istimewa / Momon, Gresik

Di Kalimantan dan Sumatera, 15.000 bisa makan apa?

Tak berbeda jauh dengan Jabodetabek dan Jawa, di Batam, Riau, dengan uang Rp 15.000 masih bisa beli nasi, telur, sayur dan pilihan gorengan seperti tahu, tempe, atau bakwan. 

Sementara di Lampung, selain telur, uang Rp 15.000 bisa membeli nasi dengan lauk ikan lele atau ikan mas plus tumis sayur. 

makan siang Rp15.000

Foto: Dok. Istimewa / Romy, Balikpapan

Di Balikpapan, Kalimantan, seorang saudara mengklaim bisa membeli nasi, beserta lauk ikan dan sayur lodeh tanpa protein nabati. Bisa juga dapat semangkuk soto, plus ayam suwir dan telur setengah. 

Foto: Dok. Istimewa / Romy, Balikpapan

15.000 bisa makan kenyang, tapi apakah cukup gizi?

Jadi kalau pak Budi Gunadi Sadikin bertanya apakah kenyang dengan menu makanan senilai Rp 15.000? Dilihat dari info-info di atas, sih, pasti kenyang. Tapi bagaimana dengan kandungan gizinya? Terutama bila dikaitkan dengan program makan siang gratis untuk anak sekolah. 

Dosen Gizi Universitas Muhammadiyah, Semarang, Hersanti Sulistyaningrum, S.Gz, M.Gz mengungkapkan bahwa sebenarnya program makan gratis sebenarnya baik. Namun alangkah baiknya yang distandarkan adalah menu makanan yang memenuhi kebutuhan gizi anak, bukan nominalnya. Harapannya juga pemerintah bisa menentukan menunya sekalian. 

Mommies sendiri, 15.000 makannya kenyang atau tidak?

BACA JUGA: Harga Beras Naik, Ini 7 Rekomendasi Makanan Pengganti Nasi

Cover: Dok. Istimewa / Sisca

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan