banner-detik
PARENTING & KIDS

10 Cara Menguatkan Hubungan Ayah dan Anak Perempuan

author

Sisca Christina28 Jul 2024

10 Cara Menguatkan Hubungan Ayah dan Anak Perempuan

Yes, daddies harus menyelami dunia anak perempuan jika ingin hubungan ayah dan anak perempuan ayah semakin kuat. Lakukan cara-cara ini.

Banyak orang bilang seorang anak perempuan pasti lebih dekat dengan ayahnya dibanding dengan ibunya. Hmm.. ini fakta atau mitos, nih? Saya pribadi sering menemukan hal yang sebaliknya. Beberapa anak perempuan lebih dekat dengan sang ibu. Apa-apa ke ibu. Hubungan dengan ayahnya? Waktu kecil suka ogah-ogahan dengan sang ayah. Gedenya? Awkward!

Well, pastinya itu nggak terjadi di semua hubungan ayah dan anak perempuan, ya. Banyak juga, kok yang hubungan ayah dan anak perempuannya manis. Namun, relasi yang baik antara ayah dan anak perempuan tentunya nggak terbangun begitu saja. Layaknya pohon, perlu ditanam, dipupuk dan disiram, baru bertumbuh dan kuat. Jadi, para ayah perlu melakukan upaya-upaya untuk menguatkan hubungan dengan anak perempuannya.

Banyak cara yang bisa ayah lakukan untuk membangun bonding dengan putri ayah. Nggak sulit, kok, hanya perlu menyediakan waktu saja.

10 Cara untuk Bonding Ayah dan Anak Perempuan

1. Sediakan waktu nge-date secara rutin

Layaknya daddies perlu nge-date dengan istri atau anak laki-laki untuk memperkuat hubungan, daddies pun perlu untuk nge-date dengan anak perempuan daddies, berdua saja. Lakukan secara rutin, misalnya seminggu sekali. Di momen ini, daddies bisa semakin memahami keinginan, kesukaan, isi hati dan pikiran anak, sambil santap siang atau ngemil es krim kesukaan. Bagi anak perempuan, ini spesial. Hubungan ayah dan anak perempuan pun akan semakin dekat.

2. Mengenal teman-temannya

Ayah perlu tahu siapa bestie anak gadis, teman sekolahnya, teman lesnya, dan bisa menyebut nama-nama mereka dengan benar, nggak ketukar-tukar. Jadi, saat si gadis bercerita kepada ayah, bisa nyambung. Ini akan membuat anak merasa sang ayah peduli kepada dirinya dan pergaulannya.

3. Mengajarkan tentang boy stuff

Tak berarti anak perempuan tak perlu memahami seluk beluk dunia lelaki. Justru, hal ini paling baik jika diajari langsung oleh sang ayah. Daddies bisa mengajarkan anak perempuan mengendarai kendaraan, hobi anak laki-laki seperti skateboard atau surfing, mencuci mobil hingga cara membetulkan barang yang sederhana. Anak perempuan juga perlu memahami hal-hal teknis agar kelak ia bisa mengerjakannya sendiri.

4. Mengerti hobi dan kesukaan anak

Kalau anak sedang suka Kuromi, ayah bisa cari tahu tentang Kuromi. Kalau anak lagi suka nonton Diana and Roma, tontonlah besama anak. Tanya padanya, mengapa ia suka semua itu, apa yang menarik dari yang ia tonton. Selami dunianya. Apalagi kalau ayah memberikan hadiah karakter kesukaan anak; wuihhhh.. bahagianya pasti luar biasa.

5. Memberikan pelukan

Memeluk anak sejak masih kecil akan membuat anak merasa nyaman, hangat dan dekat dengan ayahnya. Lakukan terus walau anak sudah besar. Seiring bertambahnya usia anak, anak merasa dunianya semakin berat untuk dijalani. Maka, semakin banyak pelukan yang ia butuhkan dari sang ayah.

6. Menjadi pendengar yang baik

Para ayah juga wajib untuk melatih diri buat jadi pendengar yang baik bagi anak perempuannya. Tanpa menghakimi, tanpa menceramahi. Anak perempuan terkadang lebih sungkan untuk terbuka kepada sang ayah. Namun jika ia tahu ayahnya adalah pendengar yang penuh perhatian, pasti ia mau cerita.

7. Hadir baginya

Upayakanlah agar ayah bisa hadir di momen-momen penting dalam hidupnya. Acara pentas di sekolah, kompetisi piano, atau sesimpel mengambil rapor pun akan berarti untuk anak.

8. Mengajarkan tentang hubungan dengan laki-laki

Edukasi seputar hubungan percintaan anak perempuan yang sudah meniginjak remaja, memang paling bagus didapat dari ayah. Ayah jelas sudah makan asam garam tentang karakter umum laki-laki, sehingga bisa memberikan nasihat dan tips yang tepat untuk anak perempuannya agar terhindar dari hubungan pacaran yang tak sehat.

Kelak dewasa, si gadis akan tahu harus mencari kualitas pria yang seperti apa untuk menjadi pendamping hidupnya. Ujungnya, sih, seringkali anak perempuan selalu bertolok kepada sang ayah ketika kelak mencari pasangan hidup.

Baca juga: 18 Pertanyaan yang Bisa Ditanyakan ke Anak yang Sudah Punya Pacar

9. Memperlakukan istri penuh kasih sayang dan respek

Ketika seorang ayah menunjukkan sikap menghormati, menghargai dan menyayangi istri, ibu dari anak perempuan ayah, di situlah anak mengerti bagaimana seorang laki-laki memperlakukan perempuan dengan seharusnya. Dengan begitu, anak akan menghormati sang ayah; dan ini bisa menguatkan relasi ayah dan anak perempuan.

10. Jadi teladan

Anak perempuan memerlukan teladan ayahnya dalam hal bekerja atau menjalankan bisnis, bertanggung jawab, bagaimana menjadi tangguh, berpikir kritis dan rasional, mengatur keuangan, memimpin, mengatur rencana dan strategi, dan hal-hal lainnya. Maka, jadilah teladan bagi anak perempuanmu, daddies.

Setiap investasi waktu yang ayah berikan untuk anak gadis ayah nggak akan sia-sia. Malah, ini akan menumbuhkan kepercayaan dan rasa aman anak kepada sang ayah. Ia akan terbuka dan taat kepada ayah, dan relasi ayah dan anak gadis akan kuat hingga ia dewasa. Setiap ayah adalah pahlawan bagi anak perempuannya, bukan?

Baca juga: 12 Pesan Penting Untuk para Ayah yang Memiliki Anak Perempuan

Cover:Image by freepik

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan