banner-detik
PARENTING & KIDS

Ide Bekal Makan Siang Untuk Anak Sekolah

author

dewdew24 Jul 2024

Ide Bekal Makan Siang Untuk Anak Sekolah

Ada yang sudah bingung mau bikin apa untuk bekal makan siang anak di sekolah? Intip beberapa ide satset inspirasi mama-mama super rajin.

Masa sekolah merupakan periode penting bagi anak-anak untuk belajar dan berkembang. Di tengah kesibukan belajar dan bermain, bekal makan siang jelas merupakan elemen penting untuk menjaga energi dan konsentrasi anak-anak. 

Namun, tak jarang, menyiapkan bekal makan siang yang bergizi seimbang plus menarik hati anak, menjadi menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Memang sungguh berat, deh, tugas kita yang menyiapkan bekalnya.

Sudahlah harus bergizi seimbang, rasanya enak, wajib menarik hati pula tampilannya agar mereka bersedia menghabiskan bekal makan siangnya. Berikut ini beberapa ide bekal makan siang untuk anak sekolah yang terinspirasi dari mama-mama super rajin. 

Bekal makan siang homemade egg roll

bekal makan siang

Foto: Dok. Istimewa/Mama Esti

Homemade chicken egg roll ini mudah dibuat, kok. Bahan-bahannya juga simpel, tinggal campur daging ayam giling plus bumbu-bumbu seperti bawang putih dan merica. Lalu gulung bersama adonan telur dadar. Jadi, deh. Nggak pengen bikin? Tenang banyak,kok, yang jual. 

Bekal Rosemary Chicken 

bekal makan siang

Foto: Dok. Istimewa/Uberfunk

Terinspirasi dari mama Mira yang hobi menyiapkan sendiri bekal makan siang sang anak, ayam rosemary ini sebenarnya nggak sulit disiapkan, kok. Bosan bawa nasi? Kentang goreng juga bisa menggantikan sumber karbohidrat.

Bekal Japanese Chicken Curry

Foto: Dok. Istimewa/Rere Retno

Menu bekal makan siang yang ini cukup simpel. Untuk bikin kuah karinya, sekarang banyak bumbu kari instan yang satset. Campur kuah kari dengan sayuran dan kentang, hmmm, makin nikmat.

Makan siang lauk Dori Nugget

Foto: Dok. Istimewa/Mama Esti

Nugget ayam? Udah biasa. Bagaimana kalau nugget ikan Dori. Ternyata, oh, ternyata enak juga, lho. Bergizi lagi. Sungguh bermanfaat buat menyamarkan bentuk ikan yang di mata anak agak kurang sedap dipandang. Beli di sini untuk berbagai macam nugget ikan, ya. Mulai dari nugget dori, hingga gurame. Lengkap, kap, kap. 

Bekal Misoa Jamur

Foto: Dok. Istimewa/Mama Dia

Siapa yang lagi suka jajan misoa di Fresh Market Bintaro? Nah, bikin sendiri terus dijadikan bekal makan siang juga bisa, lho, Mommies. Modal bawang putih dan bawang goreng saja diulek. Plus potongan ayam dan jamur sebagai sumber protein dan mineral. Bisa lihat resep lengkapnya di sini, ya.

Baca juga: Ide Bekal Sekolah Dari Telur. Semuanya Satset!

Bekal sekolah meatball saus creamy

Foto: Dok. Istimewa/Mama Inne Siwy

Meatball yang dilengkapi cream sauce ini sungguh sebuah ide bekal yang cukup satset. Kalau mau, tambahkan jamur di sausnya. Bakal bikin makin enak.

Bekal ayam tumis wijen + pokcay cah bawang putih

Foto: Dok. Istimewa/Mama Dewdew

Nah, ini juga termasuk bekal yang satset, Mommies. Gunakan ayam bagian paha agar tetap empuk dan juicy. Tambahkan saus teriyaki atau bulgogi juga boleh untuk menambah rasa. 

Baca juga: Rekomendasi Kotak Bekal Untuk Anak SD, Yang Kuat dan Awet!

Spaghetti Aglio Olio

Foto: Dok. Istimewa/Mama Dewdew

Masak spaghetti itu gampang. Apalagi kalau ala aglio olio. Nggak seribet bikin saus bolognaise, kok. Yang penting pastikan kalau Mommies stok oregano dan basil kering di rumah, ya. Oya, akan lebih enak kalau pakai olive oil. 

Bekal nasi kuning

Foto: Dok. Istimewa/Mama Maria Fitri

Siapa bilang, sih, masak nasi kuning ribet? Nggak, kok. Sekarang tersedia bumbu instan untuk bikin nasi kuning yang siap dibuat kapan saja. Tambahkan lauk kesukaan anak, mereka pasti senang dan semangat untuk makan bekal nasi kuning. Biar lebih mantap, tambahkan bawang goreng atau abon plus irisan telur dadar.

Itu tadi beberapa inspirasi bekal makan siang dari mama-mama super. Bagaimana? Cukup membantu untuk menambah ide esok hari? Kalau mommies ada ide lain, boleh di-share di komentar ya. 

Cover photo by: Freepik

 

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan