banner-detik
PARENTING & KIDS

10 Tips Parenting Jitu ala Song Il Kook Membesarkan 3 Anak Kembar, Bisa Ditiru!

author

Mommies Daily08 Jul 2024

10 Tips Parenting Jitu ala Song Il Kook Membesarkan 3 Anak Kembar, Bisa Ditiru!

Yuk, ikuti tips parenting ala Song Il Kook membesarkan Song Triplets agar kita juga semakin mantap dalam mendidik anak. Baca di sini!

Setelah anak lahir ke dunia, orang tua punya peranan penting dalam mengasuh dan mendidik anak-anaknya dengan mengajarkan nilai moral kehidupan. Sebagai orang tua, Mommies pasti tahu bagaimana rasanya membesarkan anak dan segala rintangan yang harus dihadapi. Mengasuh anak memang bukan hal yang mudah, tetapi dengan terus belajar ilmu parenting juga akan membantu Mommies menjadi pribadi yang lebih baik dalam membimbing anak.

Nah, bicara soal parenting, Mommies pasti sudah enggak asing lagi dengan variety show terpopuler di Korea Selatan yang berjudul ”The Return of Superman”. Acara ini sering menampilkan metode parenting yang baik di setiap episodenya dan juga memperlihatkan cara orang tua dan anak-anaknya berinteraksi sambil melakukan kegiatan menarik. Salah satu segmen yang sempat viral dari acara tersebut adalah Song Triplets.

Song Triplet adalah tiga anak kembar dari aktor Song Il Kook yang diberi nama Daehan, Minguk, dan Manse. Setelah muncul di variety show, pola asuh Il Kook berhasil mencuri perhatian warganet. Bahkan, mereka menjadi keluarga paling terkenal saat mengikuti acara tersebut.

Kira-kira seperti apa, ya, pola asuh Song Il Kook sampai bisa viral dan menyita perhatian penonton? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 7 Tips Agar Anak Kembar Punya Identitas Sendiri

Tips Parenting ala Song Il Kook

Berikut tips parenting Song Il Kook yang bisa Mommies pelajari dan ikuti.

1. Membiasakan untuk Aktif Bergerak

Mommies yang suka nonton keluarga Song Il Kook di variety show ”The Return of Superman” pasti masih ingat kalau ketiga anaknya jarang memainkan mainan yang membuat mereka jadi pasif dan jarang bergerak. Sebab, setiap punya waktu luang Il Kook selalu mengajak anaknya bermain di luar, mulai dari pergi ke taman, berenang, dan aktivitas lainnya yang membuat anaknya jadi aktif bergerak.

Foto: Instagram/songilkook

2. Tidak Pernah Membentak atau Memukul Anak

Saat anak-anaknya melakukan kesalahan, Il Kook justru menerapkan ”kursi perenungan” daripada memukul atau membentak mereka. Di kursi tersebut, Song Il Kook membiarkan anaknya merenung dan menyadari kesalahannya selama beberapa menit. Setelah itu, Il Kook akan memeluk dan mencium mereka.

Pola asuh dari Song Il Kook ini mengajarkan Mommies untuk tegas pada anak, tetapi tetap lembut dan bersikap penuh kasih sayang.

3. Melatih Kemandirian Anak Sejak Kecil

Song Il Kook selalu mengajarkan dan melatih kemandirian anak-anaknya sejak kecil, seperti membiarkan mereka belajar makan sendiri meski berantakan. Cara ini ternyata cukup ampuh bagi Song Triplets untuk belajar tidak bergantung pada orang lain. Meskipun prosesnya tidak cepat, tetapi mereka jadi percaya diri untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Foto: Instagram/songilkook

4. Membiasakan Anak untuk Melakukan Tugas Tertentu

Selanjutnya, Song Il Kook juga selalu membiasakan anak-anaknya untuk melakukan tugas tertentu untuk melatih rasa tanggung jawab mereka. Jika anaknya berhasil, dia akan memberikan pujian atau pelukan. Namun, ketika anaknya tidak berhasil Il Kook mengajarkan anaknya bahwa kegagalan adalah hal yang wajar dalam proses belajar.

5. Mengajarkan Berbagi

Saat menonton variety show ”The Return of Superman”, Mommies pasti sering melihat kebiasaan Song Triplets yang saling menunjukkan rasa peduli dan perhatiannya terhadap satu sama lain. Rasa kepedulian ini ternyata sudah diterapkan oleh Il Kook sejak mereka kecil, karena ia tidak ingin anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang egois.

Foto: Instagram/songilkook

6. Selalu Memuji dan Memeluk Anak

Bersama sang istri, Il Kook selalu memuji dan memeluk anak-anaknya saat berhasil melakukan sesuatu, seperti mencuci piring, peduli dengan orang lain, dan bermain sendiri sambil menunggu sarapan pagi disajikan. Hal-hal kecil tersebut selalu diapresiasi oleh Song Il Kook dengan memberikan pujian, memeluk, mencium, atau mengusap kepala mereka. Cara ini ternyata bisa bikin anak merasa dicintai oleh orang tuanya, lho, Mommies.

7. Hindari Memarahi Anak di Depan Banyak Orang

Aktor Korea ini akan memarahi atau menegur anak-anaknya di tempat yang sepi dan tidak di depan banyak orang. Tujuannya agar mereka enggak malu dan menyadari kesalahannya. Setelah itu, Song Il Kook akan memeluk dan mencium anak-anaknya agar mereka tahu bahwa teguran tersebut adalah salah satu bentuk kasih sayang darinya.

Foto: Instagram/songilkook

8. Selalu Bersikap Adil

Song Il Kook selalu bersikap adil kepada anak-anaknya, seperti memberikan barang yang sama biar tidak rebutan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kecemburuan. Jadi, tidak ada anak yang merasa tidak disayang atau dibeda-bedakan oleh orang tuanya.

9. Hindari Membuat Janji yang Tidak Bisa Ditepati

Banyak orang tua yang sering kali memberikan janji pada anaknya agar mereka nurut, tetapi tidak ditepati. Kebiasaan ini tentu akan memberikan dampak buruk bagi anak, seperti berpikir kalau menepati janji bukan hal yang penting, kecewa, dan menimbulkan rasa tidak percaya kepada orang tuanya.

10. Belajar Minta Maaf Duluan

Il Kook tidak pernah gengsi dan malu untuk minta maaf duluan kepada anak-anaknya. Hal ini ternyata bisa meningkatkan ikatan emosional antara orang tua dan anak serta membangun karakter anak yang pemaaf, karena melihat kebiasaan orang tuanya yang selalu minta maaf duluan setelah melakukan kesalahan.

Foto: Instagram/youquizontheblock

Nah, itu tips parenting ala Song Il Kook yang bisa Mommies terapkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Mommies!

BACA JUGA: 27 Hal yang Hanya Bisa Dirasakan Oleh Orangtua dari Anak Kembar

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Instagram/youquizontheblock

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan