banner-detik
LIFESTYLE

Suka Nonton Drakor? Ini 20 Tempat Ikonik K-Drama yang Bisa Dikunjungi

author

Mommies Daily04 Jul 2024

Suka Nonton Drakor? Ini 20 Tempat Ikonik K-Drama yang Bisa Dikunjungi

Pecinta drakor merapat! Beberapa tempat syuting ikonik dari K-Drama ini bisa jadi pilihan travelling yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Korea Selatan.

Drama Korea selalu berhasil menarik minat jutaan penonton di seluruh dunia melalui alur ceritanya yang menarik serta produksinya yang berkualitas tinggi. Hal ini juga yang bikin sutradara dan tim produksi drakor memilih untuk melakukan syuting di beberapa tempat yang dianggap cukup ikonik agar terlihat nyata dan sejalan dengan alur ceritanya.

Lokasi syuting merupakan salah satu aspek terpenting dalam produksi film atau drakor untuk mendukung adegan-adegan yang ada di naskah serta memudahkan produser dan sutradara memainkan unsur-unsur sinematik. Setelah proses syuting selesai, enggak jarang lokasi syuting drakor tersebut menarik minat para penggemar dan wisatawan untuk mengunjunginya langsung.

Bagi Mommies yang berencana liburan ke Korea Selatan dan ingin mampir ke tempat lokasi syuting drakor favorit Mommies, berikut Mommies Daily berikan beberapa rekomendasi tempat ikonik dari K-Drama yang sempat viral di media sosial.

Lokasi Ikonik Drakor yang Bisa Dikunjungi saat Liburan

Yuk, mampir ke 20 tempat ikonik dari K-Drama ini saat liburan ke Korea Selatan.

1. Namsan Seoul Tower

tempat ikonik k-drama

Foto: Instagram @namsanseoultower

Namsan Seoul Tower atau yang dikenal juga dengan nama N Seoul Tower adalah sebuah mercusuar di kota Seoul, Korea Selatan. Sebagai salah satu tempat ikonik yang berhasil menarik perhatian wisatawan melalui pemandangannya yang indah serta bangunannya yang megah, N Seoul Tower sering dijadikan tempat lokasi syuting berbagai drama Korea untuk mendukung adegan-adegan romantis. Salah satu drakor yang syuting di tempat ini adalah True Beauty.

Lokasi: 105 Namsangongwon-gil, Yongsan District, Seoul, Korea Selatan.

2. Sinchang Windmill Coastal Road

Foto: Instagram @visitjeju.en

Tempat ikonik K-Drama selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Sinchang Windmill Coastal Road. Tempat yang pernah dijadikan lokasi syuting drakor Samdal-ri ini merupakan ladang turbin angin yang terletak di Jalan Pesisir Sinchang dan sering direkomendasikan sebagai tempat kursus mengemudi di Jeju. Sinchang Windmill Coastal Road cocok untuk Mommies yang ingin liburan di tempat yang nyaman sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

Lokasi: 1323 Sinchang-ri, Hangyeong-myeon, Jeju-si, Jeju-do, Korea Selatan.

3. The Hyundai Seoul

tempat ikonik k-drama

Foto: The Korea Herald

Penggemar drakor Queen of Tears pasti sudah enggak asing lagi dengan tempat hits yang satu ini. The Hyundai Seoul adalah department store terbesar di Seoul yang punya banyak toko-toko pop-up dari merk terkenal, zona foto yang Instagramable, dan berbagai barang yang eye catching. Selain jalan-jalan, Mommies juga bisa menikmati pemandangan dan aktivitas menyenangkan yang bisa ditemui di sepanjang jalan.

Lokasi: Parc 1, 108, Yeoui-daero, Yeongdeungpo-gu, Seoul.

4. Sapgyoho Amusement Park

tempat ikonik k-drama

Foto: Visit Korea

Siapa di sini yang suka banget sama Ryu Sun-jae dari drakor Lovely Runner? Wajib banget nih mampir ke Sapgyoho Amusement Park yang terletak di Dangjin, Chungnam. Taman hiburan ini juga punya banyak spot favorit yang akan mempercantik feeds Instagram Mommies. Agar hasil fotonya lebih bagus, Mommies sebaiknya berkunjung ke tempat ini saat musim salju.

Lokasi: 15 Sapgyocheon 3-gil, Sinpyeong-myeon, 시 Dangjin, Chungcheongnam-do, South Korea.

5. Jeonju Hanbyeok Cave

Foto: Jeonju City Blog

Siapa yang belum move on sama kisah cintanya Baek Yi Jin dan Na Hee Do di drakor Twenty Five Twenty One sampai sekarang? Cerita antara reporter dan atlet anggar Korea ini berhasil bikin penontonnya gagal move on. Nah, salah satu tempat yang bisa mengobati rasa kangen Mommies dengan drakor Twenty Five Twenty One adalah Jeonju Hanbyeok Cave yang berlokasi di bawah Hanbyeokdang. 

Jeonju Hanbyeon Cave adalah tempat kereta jalur Jeolla yang sudah beroperasi dari tahun 1931 – 1981 dan sekarang jadi tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Lokasi: 15 Gyo-dong, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do, Korea Selatan.

BACA JUGA: Wisata Halal, Ini Destinasi 5 Wisata Muslim Terbaik di Australia Barat!

6. Samtan Art Mine

Foto: Visit Korea

Mommies yang menonton drakor Descendants of The Sun pasti langsung familiar dengan tempat yang satu ini. Samtan Art Mine dulunya adalah bekas tambang batubara bawah tanah yang sekarang berubah menjadi museum. Ada banyak spot foto di Samtan Art Mine yang bakalan bikin Mommies nostalgia dengan scene romantis Song Joong-ki dan dan Song Hye-kyo.

Lokasi: 1445-44 Hambaeksan-ro, Gohan-eup, Jeongseon-gun, Gangwon-do, Korea Selatan.

7. Aqua Planet 63

Foto: Korina Tour

Tempat ikonik selanjutnya berasal dari drakor populer yang berjudul The Legend of The Blue Sea. Aqua Planet 63 adalah akuarium terbesar di Korea Selatan yang berlokasi di Yeongdeungpo-gu, Kota Seoul. Selain foto-foto, Mommies juga bisa menikmati keindahan 20.000 makhluk laut dari 400 spesies dan menjelajahi aqua palet Vallet, Otter Planet, aqua planet Garden, dan Golden Miracle Zone.

Lokasi: Gedung 63, Yeongdeungpo District, Seoul, Korea Selatan.

8. Mungyeong Saejae

Foto: Wikipedia

Areanya yang sangat luas dan super aesthetic, Mungyeong Saejae dijamin bikin Mommies seakan terbawa ke suasana Korea masa lampau di era kerajaan. Drakor Alchemy of Souls menggunakan area Mungyeong Saejae sebagai lokasi syuting dan berhasil memikat perhatian para penonton dengan pemandangannya yang indah. 

Lokasi: Korea Selatan, Gyeongsangbuk-do, Mungyeong-si, Mungyeong-eup, Saejae-ro.

9. Lotte World

Foto: @sji_koreatour

Lotte World adalah tempat lokasi syuting drakor Business Proposal yang jadi momen romantis Kang Tae Mo mengajak Shin Ha Ri kencan. Taman hiburan yang dilengkapi dengan wahana, parade, pertunjukan fantastis, serta makanan dari seluruh dunia ini bisa jadi destinasi liburan yang cocok untuk Mommies dan keluarga.

Lokasi: Olympic-ro, Songpa District, Seoul, Korea Selatan.

10. Gaehangro Chicken Restaurant

Foto: app.daytrip.io

Drakor It’s Okay to Not Be Okay berhasil menarik perhatian para penonton melalui alur ceritanya yang relatable dengan masa sekarang. Selain ceritanya yang menarik, tempat lokasinya juga unik-unik. Salah satu lokasi ikonik yang ada di drakor ini adalah Gaehangro Chicken Restaurant yang diubah namanya menjadi Jaesoo Chicken Restaurant.

Terkenal dengan olahan ayamnya yang lezat, restoran yang satu ini cukup populer di Korea Selatan dan sering dikunjungi wisatawan. 

Lokasi: 94-5 Gyeong-dong, Jung-gu, Incheon, Korea Selatan.

11. Istana Gyeongbokgung

Foto: Instagram @ktoid

Istana Gyeongbokgung sering dijadikan tempat lokasi syuting drakor, salah satunya Kingdom. Istana yang terletak di utara kota Seoul ini merupakan salah satu dari Lima Istana Besar yang didirikan pada era Dinasti Joseon. Selain itu, Mommies juga bisa coba sewa Hanbok ala keluarga kerajaan Dinasti Joseon. Menarik banget ya, Mommies!

Lokasi: Sajik-ro, Jongno District, Seoul, Korea Selatan.

12. Menara Lampu Daepohang Port

Foto: Trip.com

Menara Lampu Daepohang Port sering kali muncul di beberapa drakor, salah satunya Strong Woman Do Bong Soon. Tempatnya berada di pinggir laut dihiasi dengan mercusuar warna merah yang super cantik, cocok banget jadi spot foto romantis Mommies bersama Daddies. Menara yang berada di kota Sokcho ini merupakan tempat kencan pertama Ahn Min Hyuk dan Do Bong Soon. 

Lokasi: Daepohang-gil, Sokcho-si, Gangwon-do.

13. Petite France

Foto: Instagram @petite_france_korea

Petite France adalah lokasi tempat syuting drakor My Love From The Star dan menjadi saksi saat Do Min Joon menyatakan cintanya kepada Cheon Song Yi. Dengan suasananya yang romantis, tempat ini wajib Mommies kunjungi bersama pasangan. Mommies juga dijamin akan terpesona dengan arsitektur bangunannya yang ala Perancis.

Lokasi: Hoban-ro, Cheongpyeong-myeon, Gapyeong-gun, Gyeonggi-do, Korea Selatan.

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Restoran Halal di Korea dan Jepang, Save Dulu Aja!

14. Pulau Nami

Foto: Instagram @namiisland_naminara

Pulau Nami adalah tempat lokasi syuting drakor Winter Sonata yang mendukung momen romantis Jun-sang Kang dan Yoo-jin Jung saat berboncengan sepeda. Pulau Nami ini bisa Mommies kunjungi dengan menggunakan kapal feri dari kota Seoul. Jika Mommies mengunjungi tempat ini pada musim gugur dan musim dingin, Mommies akan menikmati pemandangan indah dengan daun-daun yang gugur berjatuhan.

Lokasi: Namiseom-gil, Namsan-myeon, Chuncheon-si, Gangwon-do, Korea Selatan.

15. Bukchon Hanok

Foto: Expedia

Kalau Mommies lagi cari tempat wisata yang ikonik dengan suasana tradisional Korea, Mommies bisa mengunjungi Bukchon Hanok. Tempat ini digunakan sebagai lokasi syuting drakor Our Beloved Summer, My Roommate is Gumiho, True Beauty, dan Hotel del Luna.

Lokasi: Bukchon-ro, Gahoe-dong, Jongno District, Seoul, Korea Selatan.

16. Cheongna Lake Park

Foto: The Travel Insider

Cheongna Lake Park adalah taman ramah air yang menawarkan pengalaman seru kepada para pengunjungnya. Taman yang dijadikan lokasi syuting drakor The Glory ini terbagi menjadi empat bagian berbeda dengan dengan tema menghubungkan masa lalu, saat ini, dan masa depan. Empat bagian ini juga yang akhirnya membentuk satu keseluruhan danau.

Lokasi: Crystal-ro, Seo-gu, Incheon.

17. Garden of the Morning Calm

tempat ikonik k-drama

Foto: This Is Korea Tours

Garden of the Morning Calm adalah tempat lokasi syuting drakor Love in the Moonlight. Dikelilingi oleh lebih dari 300.000 meter persegi dan 5.000 spesies tanaman, Mommies akan menikmati pemandangan indah bunga berwarna-warni yang super cantik. 

Lokasi: Sumogwon-ro, Sang-myeon, Gapyeong-gun, Gyeonggi-do, Korea Selatan.

18. Baekje Cultural Land

 tempat ikonik k-drama

Foto: Instagram  @whatshanyourmind

Salah satu scene ikonik dari drakor Scarlet Heart Ryeo ternyata diambil di Baekje Cultural Land, lho Mommies! Di dalamnya terdapat museum, kuil, restoran, dan tempat istirahat yang bisa Mommies kunjungi bersama keluarga. Tempat ini dibangun untuk melestarikan sejarah dan budaya kerajaan Baekje.

Lokasi: Baekjemun-ro, Gyuam-myeon, Buyeo-gun, Chungcheongnam-do, Korea Selatan.

19. E-World

tempat ikonik k-drama

Foto: Visit Korea

Fans garis keras drakor Twinkling Watermelon pasti kangen dengan keseruan Ha Yi Chan dan teman-temannya saat bermain di taman hiburan. Scene tersebut dilakukan di E-World yang berlokasi di Dagu. Di sini, Mommies bisa melihat Menara Woobang, lampu berwarna-warni, air terjun, air mancur, dan bunga-bunga cantik yang harum.

Lokasi: Duryugongwon-ro, Dalseo District, Daegu, Korea Selatan.

20. Gwanghwamun Square

tempat ikonik k-drama

Foto: Wikipedia

Terakhir, tempat lokasi syuting paling ikonik dari drakor The King: Eternal Monarch yang lokasinya tepat di depan Gyeongbokgung Palace. Tempat wisata sejarah nomor satu di Korea ini sering dikunjungi oleh para wisatawan saat liburan ke Seoul. Di drama The King: Eternal Monarch, tempat ini menjadi awal pertemuan Lee Gon dan Jung Tae-eul.

Lokasi: Sejong-daero, Jongno District, Seoul, Korea Selatan.

BACA JUGA: 8 Hotel Lucu dan Instagramable di Yogyakarta, Liburan sambil Foto OOTD

Nah, itu dia beberapa tempat ikonik yang bisa Mommies kunjungi saat liburan ke Korea Selatan. Selamat liburan Mommies!

Penulis: Shandya Pricilla

Cover: Jakob Jin on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan