banner-detik
LIFESTYLE

Wisata Halal, Ini Destinasi 5 Wisata Muslim Terbaik di Australia Barat!

author

Katharina Menge21 Apr 2024

Wisata Halal, Ini Destinasi 5 Wisata Muslim Terbaik di Australia Barat!

Kalau Mommies dan keluarga mau mencoba wisata muslim yang halal di Australia, maka coba ke area Barat. Ini beberapa rekomendasinya!

Pada bulan Maret lalu, Tourism Western Australia (Tourism WA) meluncurkan Panduan Wisata Muslim terbaru yang dirancang secara khusus untuk wisatawan dari Indonesia agar semakin mudah untuk liburan dan mengeksplorasi keindahan negara bagian ini. Di dalamnya terdapat informasi lengkap mengenai tempat wisata dan juga makanan halal serta letak masjid yang memudahkan wisatawan muslim untuk beribadah.

Untuk yang belum tahu, Australia Barat adalah negara bagian terbesar di Australia yang punya aneka wisata unik, mulai dari alam hingga budaya. Salah satu yang terbesar adalah terumbu karang tepi di Ningalo yang merupakan destinasi wisata terdaftar di UNESCO World Heritage. Pokoknya ada banyak wisata menarik yang bisa didatangi oleh Anda dan keluarga.

Liburan ke Australia Barat juga sangat mudah dan menyenangkan karena Perth sendiri hanya berjarak 4 jam 15 menit penerbangan dari Jakarta dan 3 jam 40 menit dari Bali. Selain itu, Australia Barat adalah satu-satunya negara bagian di Australia yang memiliki waktu sama dengan WITA.

BACA JUGA: 10 Negara Bebas Visa dari Asia sampai Eropa, Ada Turki hingga Thailand

Destinasi Wisata Muslim di Australia Barat

Jadi, kalau wisatawan muslim mau ke Australia Barat, sebaiknya jalan-jalan kemana, ya? Cek di destinasi wisata Muslim di bawah ini!

1. Ningaloo Marine Park

Ningaloo Marine Park (Nyinggulu) adalah daya tarik utama dari area Coral Coast yang masuk ke dalam warisan dunia. Kalau Anda dan keluarga adalah pecinta alam dan kehidupan liar, maka wajib banget mampir ke sini. Karena Ningaloo merupakan tuan rumah bagi Big-3, yaitu hiu paus, paus bungkuk, dan pari manta.

Anda dan keluarga bisa menikmati berenang bersama ikan terbesar di dunia, yaitu hius paus (whatle shark) yang manja. Kegiatan tersebut bisa dilakukan pada bulan Maret-Juli setiap tahunnya. Sementara di bulan Juli dan Oktober, Anda bisa berenang dengan ikan paus bungkuk. Tak ketinggalan, nikmati juga berenang bersama pari manta yang melakukan akrobat laut.

australia barat

2. Rottnest Island

Kalau kangguru dikenal sebagai hewan khas Australia, maka Mommies dan keluarga harus kenalan dengan quokka, hewan khas dari Australia Barat. Kalau mau melihat hewan menggemaskan dan ramah ini, silahkan mampir ke Rottnest Island. Lokasinya 19 km (12 mil) di lepas pantai Perth dan biasa disebut Rotto.

Anda akan diajak untuk melihat keindahan 63 pantai menakjubkan dan juga 20 teluk indah yang memanjakan mata. Untuk sampai ke Rotto, Anda bisa mencoba berbagai alternatif cara, mulai dari penerbangan, segway, bus, perahu, waterbike hingga kayak.

australia barat

3. Kimberley

Area berikutnya yang bisa jadi destinasi wisata Mommies dan keluarga adalah Kimberley. Area ini merupakan salah satu wilayah hutan belantara paling berharga di dunia dengan luas wilayah tiga kali lebih besar Inggris dan kini populasinya kurang dari 40.000 jiwa.

Anda bisa mencoba terbang di atas Bungle Bungles yang terletak di Purnululu National Park atau melewati langsung Horizontal Falls lewat tur perahu atau penerabangan. Ada banyak pilihan penginapan di area ini, dari tempat liburan mewah hingga berkemah langsung yang dijaga suku asli.

4. Fremantle

Freemantle dikenal sebagai bandar pelabuhan yang indah dan kental dengan gaya bohemian. Ada banyak galeri seni dan kafe estetik di sepanjang kota yang bisa dikunjungi. Sangat cocok untuk Anda yang ingin punya minat seni dan menantikan liburan tenang.

Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Fremantle Markets yang sudah berdiri dan terjaga selama 100 tahun dengan daya tariknya tersendiri. Namun pasarnya hanya buka di hari Jumat-Minggu, ya, jadi jangan sampai salah hari saat datang kemari. Tentu saja ada banyak restoran halal di area ini yang bisa Mommies dan keluarga coba.

5. Busselton

Di Busselton ada dermaga kayu terpanjang di dunia dengan panjang 1,8 kilometer (1,1 mil). Anda bisa mencoba berjalan kaki atau naik kereta api menuju Underwater Observatory. Lalu turun ke dasar laut melalui tangga dan Anda bisa langsung melihat deretan batu karang indah dan aneka ikan warna-warni.

Tak hanya itu, ketika tengah berjalan-jalan di sepanjang dermaga, Anda bisa melihat lumba-lumba di Geographe Bay. Dari bulan September hingga awal bulan Desember, paus yang bermigrasi juga beristirahat dan mengasuh anak mereka di teluk ini. Bisa jadi pilihan waktu liburan di Australia Barat.

6. Monkey Mia

Mau ajak anak-anak melihat lumba-lumba? Wajib banget ke Monkey Mia. Terltak 850 km/530 mil di utara Perth, area ini selalu menjadi tempat berkumpul musiman para lumba-lumba liar. Setiap paginya, selalu ada pengawas yang akan menjelaskan fenomena ini. Kalau Anda dan anak beruntung, kalian akan diajak memberi makan lumba-lumba ini dengan ikan.

Kunjungi juga Shark Bay untuk mengikuti safari seharian penuh di Shark Bay Marine Park. Nantinya Anda juga bisa mencoba snorkeling di area teluk yang terlindungi. Di area Shark Bay juga terdapat 10% populasi dugong di dunia. Ikuti pesiar margasatwa menaiki katamaran layar untuk melihat dugong, penyu, pari mantan, hingga ikan hiu.

7. Pithara Salt Lake

Ada danau-danau indah berwarna-warni seperti pelangi di Australia Barat, tepatnya di kawasan tanah ladang yang terletak di kota Esperance. Jangan kaget ketika melihat warna danau dan ladangnya berubah-ubah mengikuti musim yang tengah berlangsung, ya. Dijamin Anda akan terpukau.

Namun fenomena tersebut hanya bisa disaksikan dari udara. Jadi sangat disarankan jika ingin melihatnya maka Anda harus mencoba paket penerbangan dari Fly Esperance atau Hell Spirit.

australia barat

Di setiap tempat wisata tersebut, ada banyak restoran halal dan masjid untuk beribadah sehingga saat memudahkan bagi para wisatawan muslim yang ingin berlibur ke dana. Untuk informasi lengkap menegnai wisata Muslim di Australia Barat, Mommies bisa cek di sini!

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Traveling ke Jepang Cocok Untuk Keluarga

Foto: australia.com

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan