Punya Banyak Prestasi, Pebulutangkis Remaja Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia di Usia 17 Tahun

Lifestyle

Katharina Menge・01 Jul 2024

detail-thumb

Dunia bulu tangkis baru saja kehilangan Zhang Zhi Jie, pebulutangkis remaja itu menghebuskan napas terakhir saat tengah berlaga di Indonesia.

Pemain bulu tangkis muda Zhang Zhi Jie meninggal dunia di usia 17 tahun saat bertanding di ajang Badminton Asia Junior Championships 2024 yang digelar di Yogyakarta, Minggu, 30 Juni 2024 lalu. Zhi Jie tengah melawan perwakilan dari Jepang di babak penyisihan sebelum akhirnya pingsan.

Saat bertanding dengan Kazuma Kawano di game pertama dengan kedudukan sementara 11-11, Zhang Zhi Jie tiba-tiba terjatuh dan terlihat mengalami kejang hingga akhirnya pingsan. Setelah beberapa saat pasca Zhi Jie mengalami kejang, tim medis pun akhirnya memasuki lapangan untuk memberikan pertolongan.

Dia pun dibawa ke rumah sakit tapi sayangnya nyawanya tidak tertolong. Zhi Jie dinyatakan meninggal dunia pada hari Minggu, 30 Juni 2024 pukul 23.20.

Foto: Instagram/badminton.ina

Pihak Badminton Asia dan PBSI pun memberikan pernyataan resmi mengenai kabar duka tersebut. “Zhang Zhi Jie dari Tiongkok, pemain tunggal, pingsan di lapangan saat pertandingan malam hari lalu dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu setempat kemarin. Zhi Jie sedang memainkan pertandingan penyisihan grup melawan Jepang ketika dia pingsan dan dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis. Dia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit,” bunyi pengumuman yang dibagikan di social media mereka.

“Badminton Asia, PBSI dan Panitia Penyelenggara turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada orang tua Zhang, keluarga dan Asosiasi Bulutangkis China (CBA). Dunia bulutangkis kehilangan pemain berbakat,” tutup pernyataan tersebut.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Sekolah Bulu Tangkis untuk Anak di Indonesia

Sosok Zhang Zhi Jie yang Berprestasi Sejak Muda

Meski masih muda, Zhang Zhi Jie sudah mengukir banyak prestasi. Dia adalah pemain tunggal putra berbakat dari China. Saat ini remaja kelahiran Jiaxing, Provinsi Zhejiang, 30 Januari 2007 tersebut tengah menduduki peringat ke-8 dunia untuk kategori junior.

Dia pernah menjuarai kejuaraan nasional bulutangkis usia 15-17 pada tahun 2022. Lalu di tahun 2023, dia juga meraih meraih juara tunggal putra Asia Junior U-17. Zhang Zhi Jie pun resmi menjadi pemain Tiongkok ketiga yang berhasil meraih gelar tersebut setelah Zhang Sheng di tahun 2006 dan Shi Yuqi di tahun 2012 silam.

Di awal tahun, tepatnya Februari 2024, dia juga sukses merebut gelar juara setelah mengalahkan rekan senegaranya Hu Hze An di ajang Yonex Dutch Junior International 2024. Tentu saja kepergiannya ini sangat mengejutkan, tidak hanya bagi negaranya, tetapi juga bulu tangkis dunia.

Foto: Instagram/badminton.ina

Ajang Badminton Asia Junior Championships 2024 yang diselenggarakan di Yogyakarta berlangsung sejak 28 Juni hingga 7 Juli mendatang. Untuk kategori beregu dipertandingkan lebih dulu hingga 2 Juli mendatang. Kemudian akan disusul dengan pertandingan kategori perorangan hingga tanggal 7 Juli 2024.

Rest in peace, Zhang Zhi Jie!

BACA JUGA: Fakta Bilqis Prasista, Pemain Bulu Tangkis Muda Indonesia yang Kalahkan Nomor 1 Dunia

Cover: Freepik