banner-detik
LIFESTYLE

Baru di Minggu Ini: Pirate’s Holiday di Jakarta Aquarium & Safari hingga Grand Opening Wellspring Clinic

author

Mommies Daily2 days ago

Baru di Minggu Ini: Pirate’s Holiday di Jakarta Aquarium & Safari hingga Grand Opening Wellspring Clinic

Ada banyak keseruan di minggu ini, mulai dari Jakarta Aquarium & Safari sambut libur sekolah dengan Pirate’s Holiday hingga Grand Opening Wellspring Clinic. 

Sambut Libur Sekolah, Jakarta Aquarium & Safari Mengusung Tema Pirate’s Holiday

jakarta aquarium & safari

Foto: Jakarta Aquarium & Safari

Momen libur merupakan sebuah momen spesial dimana Mommies dapat menghabiskan waktu bersama anak dan keluarga. Agar liburan sekolah si kecil semakin menyenangkan, Mommies bisa mengajak mereka untuk bermain sambil belajar di Jakarta Aquarium dan Safari (JAQS). Saat ini, JAQS menyambut momen liburan sekolah dengan mengusung tema Pirate’s Holiday yang berlangsung mulai dari 22 Juni hingga 14 Juli 2024. 

Nantinya, Mommies bersama si kecil dapat bertemu dan berinteraksi dengan Captain JAQS, terlibat dalam petualangan seru mencari harta karun dalam Pirate’s Quest, menyaksikan special mini opera berjudul “The Adventure of Captain JAQS”, memasuki Pirate’s Adventure, menikmati Captain’s Crew Kit berupa Face painting dan Plaster Painting, sertu bergabung dalam keseruan memainkan Perfect Ten Games. Dengan bertemu dan berinteraksi bersama Captain JAQS, anak dapat mempelajari ekosistem laut, satwa aquatic dan non-aquatic, sehingga menambah daya kreativitas dan tumbuh kembang si kecil. 

Tidak hanya itu saja, dengan harga tiket mulai dari Rp150.000 Mommies dan anak dapat menikmati exhibit baru di JAQS, yaitu Seal & Capybara, serta berbagai aktivitas anak-anak yang edukatif, menyenangkan, dan tentunya aman untuk si kecil. Bahkan, di Jakarta Aquarium & Safari, pengunjung juga dapat bisa memberi makan ikan pari, binturong, pinguin humboldt, serta menonton teater putri duyung (Mermaid Show) spektakuler gabungan darat dan laut “Guardian of The River” dan “Pearl of The South Sea”. 

Apabila Mommies bersama si kecil ingin mendapatkan pengalaman yang lebih seru dan menyenangkan, maka bisa memilih VIP Experience dimana para JAQS Buddies (tour guide) akan membawa Mommies dan keluarga untuk berkenalan dan berinteraksi secara privat dengan satwa laut dan satwa darat, menyediakan kursi terdepan di pertunjukan putri duyung dan menonton parade penguin. Jangan lupa juga untuk berfoto di swirl tank (aquarium 360 derajat), dan new spot foto instagramable di dalam Pirate’s Adventure. 

Mondelez Indonesia Tingkatkan Edukasi #BijakPlastikSejakDini bersama Gerakan Sekolah Sehat

Foto: Mondelez Indonesia

Faktor lingkungan memegang peran yang sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak. Dengan demikian, Mommies harus menciptakan lingkungan yang baik bagi anak, salah satunya dengan menumbuhkan kesadaran pengendalian sampah plastik.

Mendukung hal tersebut, Mondelez Indonesia memperluas jangkauan inisiatif #BijakPlastikSejakDini yang kini telah memasuki tahun keempat penyeleggaraannya dengan menjadi mitra Gerakan Sekolah Sehat (GSS) Kemendikbudristek, serta menghadirkan rangkaian kegiatan guna memaksimalkan terciptanya sinergi lingkungan antara keluarga, sekolah, dan masyarakat.

“Inisiatif #BijakPlastikSejakDini berfokus pada upaya menumbuhkan kesadaran lingkungan dan menginspirasi anak agak bijak mengelola sampah plastik sejak dini. Kami berharap kedepannya inisiatif ini bisa terus diperluas, sehingga menjangkau dan melibatkan lebih banyak pihak,” ucap Parveen Dalal, selaku President Director Mondelez Indonesia. 

Gerakan Sekolah Sehat (GSS) sendiri merupakan program yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek sebagai upaya bersama yang dilakukan secara terus-menerus oleh semua pihak, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, mitra, satuan pendidikan, masyarakat, serta pemangku kepentingan lainnya untuk mewujudkan Sekolah Sehat.

Sebagai wujud dukungan terhadap Gerakan Sekolah Sehat, Mondelez Indonesia juga meluncurkan materi edukasi buku saku dan video animasi pengantar, yang dalam pembuatannya didukung oleh tim dari Indonesia Environmental Scientists Association (IESA).

Buku yang dibuat bertujuan untuk mengedepankan pendekatan pentingnya peran masing-masing pihak (keluarga, sekolah, masyarakat) dan mendorong partisipasi mereka dalam menumbuhkan kesadaran #BijakPlastikSejakDini kepada si kecil. Terbagi atas dua kelompok usia yakni untuk usia 1-3  dan 4-6, buku saku ini dilengkapi dengan kolom monitoring yang melibatkan partisipasi guru, orang tua, maupun masyarakat sekitar untuk turut memantau perkembangan anak. Kehadiran buku ini, Tasya Kamila selaku public figure mengatakan bahwa lingkungan pembelajaran untuk anak akan menjadi lebih kaya dan efektif dengan adanya sinergi masyarakat.

Inisiasi #BijakPlastikSejakDini yang sudah hadir sejak tahun 2021 ini telah mengedepankan bank sampah di sekolah serta melibatkan partisipasi dari 1.500 peserta didik, guru dan orang tua murid sehingga terkumpul lebih dari 3 ton sampah plastik yang kemudian didaur ulang menjadi furniture penunjang kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah binaan Mondelez Indonesia. Selain itu, Mondelez Indonesia juga menyelenggarakan kompetisi digital yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu inovasi daur ulang sampah plastik dan inovasi ide pengelolaan sampah plastik.  

BACA JUGA: 10 Film Thailand dan Korea Wajib Tonton untuk Hiburan Weekend yang Mengasyikkan

Jelajahi Antariksa dengan LEGO Play Lost in Space: A Space Mission to Return Home

jakarta aquarium safari LEGO

Foto: Dok. Istimewa/Nariko Christabel

Lego merupakan permainan menyusun balok dengan berbagai macam warna. Selain digemari oleh anak-anak karena dapat merangkai bentuk sesuai keinginan mereka, permainan ini bersifat edukatif karena dapat membantu mengembangkan kemampuan psikomotor, kognitif, dan kemampuan sosial anak. The LEGO Group pun selalu memberikan inovasi baru dalam memenuhi keinginan penggemarnya, salah satunya dengan merilis produk terbarunya yang bertemakan antariksa.

Produk terbaru dari The LEGO Group ini dimulai dari 12 – 30 Juni 2024. Selain kegiatan merakit, penggemar juga dapat mengikuti acara Lost in Space: A Mission to Return Home di 23 Paskal, Bandung. Pada kegiatan ini, para pengunjung diajak untuk menyelesaikan misi di luar angkasa untuk dapat kembali pulang ke bumi.

Petualangan ini nantinya akan diberikan Galaxy Map dimana pengunjung dapat menyelesaikan misi pada setiap station, misi tersebut dimulai dari Choose your Space Park, Find Energy Sources, Your Makeshift Cosmic Home, hingga Time to Fly. Setiap menyelesaikan satu stasiun, pengunjung akan diberikan cap, yang jika sudah terkumpul semua maka baru bisa kembali ke bumi. 

“Di LEGO Group, kami percaya bahwa ada keajaiban di balik imajinasi anak-anak, oleh karena itu, kami menciptakan kegiatan-kegiatan, yang membawa mereka ke petualangan yang spektakuler. Dalam acara Lost in Space: A Mission to Return Home, anak-anak akan mengeksplorasi galaksi dengan LEGO bricks, memacu kreativitas dan melambungkan imajinasi ke tingkat yang lebih tinggi!” ujar Rohan Mathur, Head of Marketing India dan Emerging Asia. 

Tentunya petualangan Mommies bersama si kecil tidak hanya berhenti di 23 Paskal, karena anak-anak dapat memenuhi obsesi antariksa mereka melalui LEGO set yang menarik. Mulai dari menemukan planet yang dipenuhi dengan geyser uap dan makhluk luar angkasa di 60431 Space Explorer Rover and Alien Life, sampai menguak rahasia-rahasia planet Mars dengan 42605 Mars Space Base and Rocket, anak-anak dapat memulai perjalanan imajinatif nan mendebarkan yang memicu rasa ingin tahu mereka dan menginspirasi impian untuk menjelajahi alam semesta. 

Cegah DBD di Lingkungan Keluarga, Para Ahli Sarankan Vaksinasi di Dengue Summit 2024

Foto: Forum Ngobras

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), DBD adalah salah satu ancaman utama kesehatan masyarakat di dunia. Insiden DBD meningkat secara signifikan di seluruh dunia dalam beberapa dekade terakhir, dengan kasus yang dilaporkan kepada WHO naik dari 505.430 kasus pada tahun 2000 menjadi 5,2 juta pada tahun 2019.Di Indonesia, Kementerian Kesehatan mencatat hingga minggu ke-23 tahun 2024 saja, terdapat 131.501 kasus DBD dengan kematian sebanyak 799 kasus.

Dengan angka yang terus naik tersebut, tentunya memunculkan kekhawatiran di masyarakat. Dalam menekan angka risiko terjangkitnya penyakit ini, ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang DKI Jakarta (IDAI JAYA) didukung oleh PT Takeda Innovative Medicines menyelenggarakan Indonesia Dengue Summit yang pertama, sebuah acara peningkatan kapasitas bagi tenaga kesehatan, serta edukasi mendalam bagi masyarakat seputar penyakit Demam Berdarah Dengue/DBD. 

“Sampai saat ini, pencegahan dan pengendalian DBD di Indonesia berfokus lebih berat pada pengendalian vektor yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Sejak tahun 1980-an, kita telah menjalankan Gerakan 3M Plus secara berkelanjutan, dilanjutkan dengan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J), dan baru-baru ini, kami memperkenalkan teknologi nyamuk ber-Wolbachia sebagai bagian tambahan dari program yang ada. Meskipun semua upaya ini telah dilakukan, kasus demam berdarah di Indonesia masih menunjukkan peningkatan yang signifikan. Karena itulah, Kementerian Kesehatan terus menguatkan kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk sektor swasta, dan berkomitmen menerapkan pendekatan-pendekatan inovatif, termasuk melalui vaksinasi. Hal ini sejalan dengan pilar kelima dan keenam dari Strategi Nasional Penanggulangan Dengue yang telah kami canangkan di tahun 2021,” ujar dr. Imran Pambudi, MPHM, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Direktorat Jenderal P2P, Kementerian Kesehatan RI. 

Prof. Dr. dr. Rismala Dewi, Sp.A(K), Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang DKI Jakarta menjelaskan tentang pentingnya pencegahan DBD yang terintegrasi dan komprehensif. Dengan demikian, IDAI merekomendasikan imunisasi DBD kepada anak-anak usia 6- 18 tahun. Langkah ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan perlindungan optimal kepada anak-anak, yang merupakan kelompok paling rentan terhadap infeksi dengue, tetapi juga untuk secara signifikan mengurangi risiko kematian akibat penyakit ini. 

Indonesia Dengue Summit (IDS) merupakan sebuah acara peningkatan kapasitas dan edukasi seputar Demam Berdarah Dengue (DBD) melalui sesi sharing, perencanaan strategis, dan pembentukan kemitraan yang kuat antara para pemangku kepentingan, baik para tenaga kesehatan, sektor swasta, pemerintah, dan publik. Acara yang mengusung tema “One Nation, One Fight for One Purpose” ini bertujuan untuk memperkuat, serta menyelaraskan upaya bersama melawan DBD di Indonesia untuk mencapai tujuan ‘Nol Kematian Akibat Dengue pada Tahun 2030’.

9 Tahun Berdiri, Toko Kopi Tuku Gelar Festival Tetangga Tuku

Foto: Toko Kopi Tuku

Kopi Tuku merupakan salah satu brand coffee shop lokal yang sudah dikenal banyak oleh penikmat kopi Indonesia. Berdiri sejak tahun 2015, Toko Kopi Tuku menggelar hari jadi dengan menggelar acara Festival Tetangga Tuku (Festaku) bersama para pelanggan setia pada Kamis, 27 Juni 2024. Dengan mengusung tema “Dari Nyali jadi Nyata”, Festaku menjadi momen refleksi perjalanan TUKU yang berawal dari mimpi sederhana untuk meningkatkan apresiasi dan konsumsi kopi di Indonesia.

Selama perjalanan 9 tahun setia menghadirkan produk dan kinerja yang berkualitas dengan fokus pada penggunaan bahan lokal dan kerja sama dengan vendor lokal demi kepuasaan tetangga. Dedikasi ini mengantarkan TUKU menjadi salah satu pelopor bisnis kopi lokal yang kini telah memiliki 50 toko, 10 cloud kitchen, dan 3 Toko Serba Tuku (TOSERBAKU), mempekerjakan 646 barista. TUKU menyadari bahwa mimpi memajukan komoditas unggulan Indonesia ke kancah dunia perlu diwujudkan bersama. 

Kolaborasi pun dijalin dengan BERAGAM dan Adena Coffee, roastery dan processor di balik Toko Kopi Tuku. BERAGAM, sebagai anak usaha yang bergerak di industri pengolahan, berfokus pada pembangunan ekosistem kopi Indonesia yang berkelanjutan. Komitmen yang dijalankan oleh TUKU tentunya sejalan dengan nilai-nilai keberlanjutan yang dipegang teguh oleh TUKU. Sepanjang tahun 2023, TUKU telah menggunakan 380 ton biji kopi dan 185 ton gula aren, dengan target penggunaan hingga akhir tahun mencapai 440 ton biji kopi dan 280 ton gula aren. 

“TUKU lahir dari mimpi dan besar karena tetangga. Nyali yang kami pinjam dari tetangga-tetangga kami sejak toko pertama kami di Cipete, mendorong kami untuk terus berinovasi dan mewujudkan mimpi kami untuk menjadi lokomotif industri kopi Indonesia”, ujar Andanu Prasetyo, selaku Founder dan CEO TUKU.

Sebagai perayaan perjalanan 9 tahun dan berbagi kebahagiaan bersama para Tetangga, FESTAKU dimeriahkan dengan penampilan spesial dari Bilal Indrajaya dan Biru Baru, musisi yang juga merupakan Tetangga Tuku. Dengan usia yang baru ini, TUKU bertekad untuk terus melangkah maju dengan semangat bertetangga baik. TUKU menargetkan untuk memiliki 100 toko di tahun 2026 dan melebarkan sayapnya ke pasar internasional di Asia dan Eropa. 

Berikan Pengalaman Terapis Langsung, Wellspring Clinic Resmi Dibuka

Foto: Dok. Istimewa/Siti Rahmah

Seperti halnya kesehatan fisik, mental juga sangat penting untuk dijaga. Kesehatan mental memberikan pengaruh kepada cara seseorang dalam berpikir, berbicara serta berinteraksi dengan orang lain, hingga membuat keputusan. Dengan demikian, seseorang yang memiliki kesehatan mental yang baik dan sejahtera tentunya dapat menjalankan aktivitasnya secara produktif dan memanfaatkan potensinya secara maksimal. Apabila kesehatan mental sudah terganggu, maka kondisi fisik serta kualitas hidup dapat menurun apabila tidak segera ditangani segera. 

Dalam membantu terjaganya kesehatan mental, ada banyak cara yang dapat dilakukan loh, Mommies, mulai dari belajar mengelola stres secara baik, menghargai diri sendiri, menetapkan tujuan yang realistis, meditasi, berolahraga secara rutin, memperkuat dukungan sosial, atau bahkan jika memang diperlukan dapat mengunjungi terapis profesional. Salah satu tempat terapis yang dapat Mommies kunjungi untuk membantu mengatasi rintangan serta permasalahan yang tengah dihadapi adalah Wellspring Clinic. 

Sebagai mental health clinic yang bertujuan untuk membuka potensi diri masyarakat, Wellsping Clinic resmi hadir pada tanggal 22 Juni 2024 lalu. Pada acara grand opening Wellsping Clinic, yang berlokasi di daerah Gandaria Utara terdapat beberapa aktivitas yang disediakan. Pada saat masuk, pengunjung diberikan kartu dimana berisikan empat aktivitas di ruangan yang berbeda yang terdiri dari Nurturing Self-Compassion, Bilik Harmoni, Spirit of The House, hingga Ruang Jeda. 

Empat ruangan dengan aktivitas berbeda tersebut akan didampingi langsung oleh para experts, konselor, psikolog, serta psikiater. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membantu membangun relasi dengan orang lain, mengenal kekhawatiran serta kecemasan yang ada di dalam diri,belajar memberi jeda, hingga mengulik transgenerational trauma.

BACA JUGA: 10 Photobox Instagramable dan Hits di Jakarta, Harga Mulai Rp25 Ribu!

Penulis: Nariko Christabel

Cover: Jakarta Aquarium & Safari

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan