banner-detik
EDUCATION

Belajar Bahasa Asing Sejak Dini, Ini 12 Kursus Mandarin & Jepang Terbaik untuk Anak

author

Mommies Daily26 Jun 2024

Belajar Bahasa Asing Sejak Dini, Ini 12 Kursus Mandarin & Jepang Terbaik untuk Anak

Yuk, asah kemampuan berbahasa asing anak di tempat kursus Bahasa Mandarin dan Jepang ini. Bersertifikat dan diajar langsung oleh profesional.

Masa anak-anak merupakan masa yang baik untuk mempelajari banyak hal, termasuk bahasa. Selain menguasai bahasa Indonesia, penting juga untuk mengajarkan bahasa asing kepada anak. Manfaat anak mempelajari bahasa asing yakni dapat meningkatkan kemampuan otak, mendorong anak untuk memecahkan masalah, serta melatih anak untuk berpikir kritis dan terbuka.

Di samping Bahasa Inggris, saat ini bahasa Mandarin dan bahasa Jepang menjadi bahasa internasional yang paling banyak digunakan. Saat ini, akses untuk mempelajari bahasa Mandarin dan Jepang juga sangatlah mudah, salah satunya adalah dengan mendaftarkan anak di tempat kursus.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Tempat Belajar Bahasa Asing, Dari Korea Sampai Turki

Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Mandarin

Berikut Mommies Daily telah merangkum tempat kursus Bahasa Mandarin yang dapat Mommies jadikan pilihan untuk melatih kemampuan berkomunikasi dan berbahasa si kecil.

1.Xile Mandarin

Sebagai kursus Mandarin pertama di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2005, kursus ini menggunakan materi yang dilengkapi standar ijazah internasional YCT dan HSK yang secara langsung dikeluarkan oleh Departemen Edukasi China. Xile Mandarin dapat diikuti oleh anak berusia mulai dari 4 – 15 tahun.

Dengan modul pembelajaran yang lengkap serta dapat membantu pelajaran sekolah, Xile Mandarin memberikan pengajaran langsung dari guru lulusan Fu Jen Catholic University, Taiwan, dan China. Kursus Mandarin yang diperuntukan untuk anak usia TK – SMP ini memiliki empat level yakni level basic, level elementary, level level intermediate, dan level advanced.

Lokasi: Jl. Gn. Sahari No.60-63, RT.1/RW.1, Gn. Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.
Telepon: (021) 4207905

2. Jakarta Mandarin

Jakarta Mandarin merupakan salah satu tempat kursus Bahasa Mandarin terbaik yang memiliki dua pilihan cara kursus, yakni guru dapat datang ke rumah siswa atau secara online yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Untuk sistem online, nantinya siswa akan melakukan Zoom secara private dengan guru sehingga pembelajaran tetap efektif dan efisien.

Kelas yang disediakan oleh Jakarta Mandarin dapat diikuti oleh anak-anak hingga dewasa. Setiap pembelajaran yang diberikan pun disesuaikan dengan usia siswa. Selain itu, Jakarta Mandarin juga memiliki kelas untuk persiapan kuliah di Taiwan, Company Training, serta persiapan ujian HSK.

Lokasi: Jl Ratu Kemuning D11 No. 26B, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Telepon: 081574923550

3. Jago Mandarin

Rekomendasi tempat kursus Bahasa Mandarin berikutnya yang bisa si kecil ikuti adalah Jago Mandarin. Tempat kursus ini fokus pada percakapan Mandarin dengan metode pembelajaran yang praktis serta disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Sedangkan untuk model pembelajaran yang ada di Jago Mandarin terbagi menjadi dua pilihan yakni secara les private.

Program khusus yang dimiliki oleh Jago Mandarin dibagi menjadi empat bagian, yakni kursus Mandarin anak, kursus Mandarin online, kursus Mandarin tatap muka, dan In-House Corporate Training. Satu paket terdiri dari enam sesi dimana kursus dilakukan dua kali dalam seminggu.

Lokasi: QRG5+3FX, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.
Telepon: 081318100747

4. Starzin Chinese Cultural Centre

Foto: Freepik

Berdiri sejak tahun 2013, Starzin Chinese Cultural Centre tidak hanya menjadi tempat kursus Bahasa Mandarin, tetapi juga merupakan tempat belajar budaya Tionghoa. Semua guru yang ada di tempat kursus ini berasal dari Tiongkok dimana memiliki sertifikasi mengajar dengan gelar sarjana hingga master.

Uniknya, di tempat kursus ini juga anak Mommies dapat mempelajari budaya makanan, lukisan, serta musik Cina. Untuk kelas yang disediakan Starzin Chinese Cultural Centre terbagi menjadi dua pilihan, yakni kursus secara private atau berkelompok yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Alamat: Jl. H. R. Rasuna Said, RT.16/RW.1, Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.
Telepon: 082298773162

5. Beijing Language and Cultural Institute (BLCI)

Lembaga kursus bertaraf internasional yang sudah berdiri sejak tahun 2004 ini didirikan serta dipimpin oleh profesor Universitas Tiongkok terkemuka. Tempat kursus yang sudah diakui oleh pemerintah Indonesia ini bahkan memiliki fasilitas yang sangat lengkap, mulai dari ruang belajar, gedung seni dan pertunjukan, gedung penelitian, dan lainnya.

Pengajar yang ada di BLCI merupakan native speaker yang berpengalaman dan tentunya sangat menguasai Bahasa Mandarin dan memberikan pengajaran yang komunikatif serta interaktif. Selain mendapatkan sertifikat, para siswa juga diberikan kesempatan untuk praktek magang sebagai penerjemah di pameran pendidikan Tiongkok – Internasional. Menarik banget, kan, Mommies?

Alamat: Rukan F22 Mangga Dua Square, Jl.Gunung Sahari Raya No.1, Jakarta Utara.
Telepon: (021) 62311384/94

6. BTIP Mandarin

Rekomendasi tempat kursus Bahasa Mandarin berikutnya adalah BTIP Mandarin. Sudah berdiri sejak tahun 1966, tempat kursus ini mendatangkan pengajar langsung dari negara Singapore, Taiwan, serta China.

Dengan menyediakan berbagai program pengajaran, BTIP Mandarin memiliki fasilitas yang sangat lengkap, seperti pembelajaran berbasis audio visual, bookstore, ruangan ber-AC, dan masih banyak lainnya. Tempat kursus yang berlokasi di Jakarta Pusat ini memberikan pengajaran yang lengkap.

Alamat: Jalan Alam Sutera Kav. 30D Nomor 7 Lengkong Wetan, Serpong Tangerang Banten.
Telepon: (021) 98981996

Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Jepang

Tempat kursus Bahasa Jepang di bawah ini menyediakan fasilitas serta program yang lengkap. Selain dewasa, tempat kursus Bahasa Jepang ini juga dapat diikuti anak. Simak rekomendasinya di bawah ini!

1. Shinjuku Center

Shinjuku Center merupakan lembaga pendidikan serta pelatihan Bahasa Jepang yang sudah berdiri sejak tahun 2005. Sebagai lembaga yang memberikan pengajaran Bahasa Jepang yang tersebar di seluruh Indonesia, Shinjuku Center menyediakan dua pilihan metode pengajaran, yakni secara online dan offline. Shinjuku center dibimbing langsung oleh pengajar lulusan sastra serta pendidikan Bahasa Jepang yang pastinya berasal dari universitas terbaik di Indonesia.

Pembelajaran yang disediakan Shinjuku Center tidak hanya fokus pada penguasaan kemampuan Bahasa Jepang, tetapi juga mempelajari budaya, kebiasaan, serta pola pikir orang Jepang juga loh, Mommies. Kelas yang disediakan Shinjuku Center terbagi menjadi beberapa pilihan, seperti kelas reguler, kelas intensif, kelas privat, dan kelas bimbingan persiapan kerja (Tokutei Ginou).

Alamat: Jl. H. Japat No.2, Abadijaya, Sukmajaya, Kota Depok.
Telepon: 083893211172

2. Bamboo Cyberschool

Foto: Freepik

Tempat kursus Jepang pertama ini memiliki sistem pembelajaran yang berkualitas. Selain bahasa Jepang, Bamboo Cyberschool juga memberikan pilihan bahasa asing lainnya, seperti bahasa Inggris, Korea, serta Mandarin. Tempat kursus ini menyediakan dua pilihan yakni secara online dan offline.

Dengan memberikan sistem pembelajaran yang berkualitas dengan kurikulum standar internasional, Bamboo Cyberschool terbagi menjadi dua kelas, yakni kelas reguler dan privat yang pembelajarannya berlangsung selama dua kali dalam seminggu. Sedangkan untuk model pembelajarannya dalam bentuk one on one dan akan mendapatkan sertifikat.

Alamat: Ruko Pasar Modern Paramount, Blok F11, Kelapa Dua, Tangerang.

3. Kukche Language

Kukche Language menyediakan fasilitas yang lengkap serta memadai dalam memberikan pembelajaran Bahasa Jepang. Dengan menyediakan program belajar baik itu secara online dan offline, program pembelajaran di Kukche Language dapat diikuti mulai dari anak, remaja, hingga dewasa.

Tempat kursus Bahasa Jepang ini menyediakan materi umum untuk mempelajari tata bahasa, kosakata, mendengar, membaca, berbicara, serta mengarang. Kukche Language terbagi menjadi beberapa pilihan program, antara lain junior, adult, talking, dan exam class.

Alamat: Jl. Sultan Iskandar Muda No.11 D, RT.11/RW.9, Kby. Lama Sel., Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan.
Telepon: 08176000095

4. Evergreen

Rekomendasi tempat kursus Bahasa Jepang berikutnya adalah Evergreen. Berdiri sejak tahun 1973, bentuk pembelajaran yang ada di tempat kursus ini disusun berdasarkan metode khas Evergreen dimana tersusun secara rapi dan terstruktur. Selain itu, bahan dan metode pembelajaran disusun berdasarkan kondisi masyarakat Indonesia.

Evergreen memiliki empat level bahasa yang setiap levelnya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pembelajaran di Evergreen berlangsung selama tiga jam setiap minggunya.

Alamat: Jl. Kartini II No.34B, RT.6/RW.5, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.
Telepon: (021) 3805995

5. Jellyfish Language Academy

Tempat kursus Bahasa Jepang yang sudah terdaftar di Kemendikbud Republik Indonesia ini memiliki kurikulum yang sudah teruji serta tenaga pengajar yang sudah berpengalaman dan bersertifikat. Jellyfish Language Academy terdiri dari berbagai pilihan kelas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Kelas yang tersedia mulai dari reguler, semi private, intensive class, Kaiwa (conversation) class, kids class, In-House Training, dan Japanese Club. Selain itu, level yang ada di Jellyfish Language Academy dimulai dari level rendah, yakni N5, N4, N3, N2, dan N1 dimana untuk naik ke level berikutnya harus melewati ujian terlebih dahulu.

Alamat: JL. Ruko Tol Boulevard, Blok D No 23 , BSD, Tangerang, Rawa Buntu, Serpong Sub-District, Kota Tangerang Selatan.

6. Sakura JLC

Rekomendasi tempat kursus Bahasa Jepang terakhir adalah Sakura JLC. Di tempat kursus ini, terdapat berbagai pilihan kelas Bahasa Jepang yang dapat diikuti, meliputi kelas online, kelas offline, kelas untuk perusahaan, penjualan produk pembelajaran Bahasa Jepang, penerjemah lisan dan tulisan, kelas pengajar Bahasa Jepang. dan agen resmi pengiriman siswa ke sekolah Bahasa Jepang di Tokyo.

Setiap kelas yang tersedia di Sakura JLC memiliki jadwal, biaya, serta program yang berbeda-beda, dimana disesuaikan kembali dengan kelas yang dipilih. Mommies juga tidak perlu khawatir karena para pengajar yang ada di tempat kursus ini sudah berpengalaman.

Alamat: Jl. Boulevard Raya No.5, RT.001/RW.002, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bekasi.
Telepon: 081281001781

Itulah beberapa rekomendasi tempat kursus Bahasa Mandarin serta Jepang yang dapat dijadikan pilihan untuk Mommies daftarkan si kecil dalam mengasah kemampuan berbahasanya. Semoga membantu!

BACA JUGA: 7 Website Belajar Gratis untuk Anak, Mulai dari Bahasa Hingga Berhitung

Ditulis oleh: Nariko Christabel

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan