banner-detik
EDUCATION

7 Rekomendasi TK Terbaik di Jawa Tengah dan Tips Memilihnya

author

Mommies Daily19 Jun 2024

7 Rekomendasi TK Terbaik di Jawa Tengah dan Tips Memilihnya

Untuk Mommies yang berlokasi di Jawa Tengah, berikut deretan rekomendasi TK terbaik dan tips memilih sekolah TK yang tepat untuk anak.

Setiap orang tua pasti ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang terbaik. Hal ini tentu harus disiapkan sejak dini, yaitu mulai dari menentukan sekolah tempat mereka belajar. Sebelum memasuki tahap Sekolah Dasar (SD), biasanya anak akan mengenyam pendidikan di bangku Taman Kanak-Kanak (TK) terlebih dahulu sebagai fondasi awal dalam pendidikan formal.

Selain sebagai langkah awal dalam pendidikan, TK juga memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk dasar yang kuat bagi anak agar siap menghadapi tantangan dalam menghadapi pembelajaran lebih lanjut di jenjang berikutnya. Sebagai orang tua, Mommies harus memilih TK yang tepat untuk anak, agar bisa menjadi landasan yang kuat bagi perkembangan dan pendidikan mereka.

Nah, bagi Mommies yang anaknya baru mau masuk TK, berikut Mommies Daily berikan tips memilih sekolah TK yang tepat untuk anak dan rekomendasi TK di Jawa Tengah. Simak selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: 45 Rekomendasi TK Terbaik di Jabodetabek, Fasilitas Lengkap dan Jadi Unggulan

7 Tips Memilih Sekolah TK yang Tepat untuk Anak

Sebelum daftar, yuk, intip beberapa tips memilih sekolah TK yang tepat untuk anak sebagai berikut.

1. Sesuaikan dengan Budget Pendidikan

Hal pertama yang wajib Mommies perhatikan, yaitu sesuaikan biaya sekolah anak dengan anggaran atau budget pendidikan yang sudah Mommies tentukan. Meskipun kualitas sekolah sesuai dengan biaya pendidikannya, tetapi Mommies tidak perlu memaksakan diri untuk menyekolahkan anak di TK yang elit. Mommies bisa mencari TK lainnya dengan kualitas pendidikan terbaik yang mampu mendukung perkembangan anak.

Foto: Pexels

2. Perhatikan Aspek Keamanan dan Kenyamanan

Selain budget, Mommies juga harus perhatikan aspek keamanan dan kenyamanan yang ada di sekolah tersebut. Sebelum mendaftar, sebaiknya Mommies tanyakan keamanan sarana dan prasarananya, pastikan sekolahnya dipagari, dan juga memiliki security untuk menjaga keamanan lingkungan sekolah.

3. Lokasi Sekolah

Selanjutnya yang wajib Mommies perhatikan adalah lokasi sekolahnya. Pastikan lokasinya terjangkau dan mudah diakses transportasi. Mommies sebaiknya hindari memilih sekolah yang terlalu jauh dari rumah, selain memakan waktu lebih banyak, anak juga bisa jadi lebih capek karena harus menempuh perjalanan jauh.

Foto: Pexels

4. Kapasitas Kelas

Sebagai awalan dari pendidikan formal anak, Mommies sebaiknya memilih TK dengan kapasitas kelas yang tidak terlalu banyak atau jumlah siswa dan gurunya seimbang. Jadi, enggak cuma anak yang nyaman tapi gurunya juga jadi lebih leluasa saat mengajar.

5. Kurikulum Pendidikan

Selain kecerdasan intelektual, Mommies juga harus cari sekolah yang gurunya bisa meningkatkan kecerdasan emosional anak. Tak hanya itu, pastikan gurunya juga membantu anak untuk berkomunikasi, memecahkan masalah, dan mendukung kegiatan anak di bidang non akademik.

Foto: Pexels

6. Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah menjadi aspek terpenting yang wajib Mommies perhatikan sebelum mendaftarkan anak ke sekolah tersebut. Pastikan lingkungannya positif, bikin anak betah belajar, dan pastinya juga membuat anak jadi semangat belajar bersosialisasi dengan teman sebayanya.

7. Sesuaikan dengan Tujuan Pendidikan Anak

Setiap orang tua pastinya memiliki tujuan pendidikan yang berbeda untuk anaknya. Ada yang mengutamakan kreativitas, tetapi ada juga yang ingin memprioritaskan pendidikan agama untuk anaknya. Oleh karena itu, pastikan Mommies memilih sekolah TK yang sesuai dengan tujuan pendidikan anak.

Foto: Pexels

7 Rekomendasi TK Terbaik di Jawa Tengah

Berikut rekomendasi TK terbaik di Jawa Tengah yang bisa jadi pilihan sekolah si Kecil.

1. TK Al Azhar 31 Yogyakarta

TK Al Azhar 31 Yogyakarta adalah lembaga pendidikan yang berada di bawah bimbingan Yayasan Pesantren Islam Al Azhar Jakarta. TK ini akan membangun kematangan emosi, sosial, penguasaan motorik, bahasa, pengenalan berhitung, dan kesiapan perkembangan perilaku anak Mommies dengan sistem pendidikan IMTAQ dan IPTEK yang seimbang.

Alamat: Jl. Padjajaran, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.
Telp: 081398988331 atau 081344847567.

Foto: Al Azhar Yogyakarta

2. TK ABA Ketanggungan

TK selanjutnya yang bisa jadi pilihan sekolah anak Mommies adalah TK ABA Ketanggungan yang siap mendidik dan membina anak Mommies agar semakin cerdas dan berakhlak mulia serta mampu berkompetisi di masa depan. Saat ini, TK ABA Ketanggungan adalah sekolah penggerak yang menggunakan Kurikulum Merdeka.

Alamat: Jl. Nakulo No.10 B, Wirobrajan, Yogyakarta, Kecamatan Wirobrajan.
Telp: 082136278104 atau (0274) 450360.

Foto: TK ABA Ketanggungan

3. TK Anak Cendekia

Masih berlokasi di Yogyakarta, TK Anak Cendekia siap menjadi tempat bermain dan belajar untuk membentuk karakter anak secara Islami, jasmani, dan rohani. Anak Mommies juga bisa mengikuti berbagai program kegiatan unggulan dari TK ini, seperti field trip, market day, parenting, konseling Psikolog, pemeriksaan kesehatan, manasik haji, career day, kunjungan ke panti asuhan, MABID, berenang, cooking class, dan kegiatan menarik lainnya.

Alamat: Jl. Gatotkaca No.405 C, Jurugentong, Banguntapan – Bantul, Yogyakarta.
Telp: 081225574774 atau (0274) 372994.

rekomendasi tk

Foto: TK Anak Cendikia

4. TK PAUD Negeri Kartini

Warga Surakarta pasti sudah enggak asing lagi dengan TK yang satu ini. TK PAUD Negeri Kartini merupakan salah satu TK Favorit di Surakarta yang menerapkan Kurikulum Merdeka dalam kegiatan belajar mengajarnya. Di sini, anak Mommies akan mempelajari kemampuan dasar etika, sosial emosional, kognitif, dan literasi.

Alamat: Jl. Sri Kuncoro 1 No.11 RT.04/RW.07, Tegalan, Danukusuman, Kec. Serengan, Kota Surakarta.
Email: tk.paudnegerikartini@gmail.com.

rekomendasi tk

Foto: Metro-Online

5. Kids Land International School

Bagi Mommies yang lagi cari TK bertaraf Internasional di Surakarta, Kids Land International School bisa jadi pilihan yang tepat. Sekolah ini memberikan layanan pendidikan bagi anak usia dini, mulai dari 1-6 tahun, dengan memanfaatkan musik dalam kegiatan belajar mengajarnya. Anak Mommies juga akan mendapatkan pengalaman baru saat kegiatan outing class, yaitu city tour atau berkunjung ke pos pemadam kebakaran.

Alamat: Jl. Veteran No.289, Tipes, Kec. Serengan, Kota Surakarta.
Telp: (0271) 7463038.

Foto: Instagram/kidsland_intrschool

6. TK Al Irsyad Purwokerto

TK Al Irsyad Purwokerto merupakan salah satu sekolah TK terbaik di Purwokerto yang siap membimbing dan mendidik anak Mommies menjadi generasi Islami, cerdas, dan berakhlak mulia. TK ini juga dilengkapi dengan tata ruang kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk anak-anak, serta terdapat permainan indoor dan outdoor yang super lengkap.

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No.34, Pereng, Sokanegara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Telp: (0281) 635792.

Foto: Instagram/kb_tkalirsyadpwt

7. TK BIAS Purwokerto

TK BIAS Purwokerto menyediakan layanan pendidikan anak usia dini, mulai dari usia 4 – 6 tahun. Sekolah ini memiliki lingkungan dan fasilitas yang nyaman, asri, dan bersih. TK BIAS Purwokerto menerapkan pendidikan Islami berlandaskan aqidah yang lurus.

Alamat: Gg. Sadewa No.10 A, Jatiwinangun, Kelurahan Purwokerto Lor, Kec. Purwokerto Timur, Banyumas.
Telp: 082288558944.

Foto: sekolahbias.sch.id

Itu dia tips memilih sekolah TK untuk anak dan rekomendasi TK di Jawa Tengah. Semoga bermanfaat, ya, Mommies!

BACA JUGA: Rekomendasi TK Islam di Jabodetabek dan Biaya Masuk Tahun 2024

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan