Mandi Bareng Pasangan: Ini 7 Manfaat untuk Mommies dan Daddies

Sex & Relationship

Fannya Gita Alamanda・05 Jun 2024

detail-thumb

Mandi memang bisa menjadi momen personal. Namun sesekali mengubah “me time” menjadi “we time” alias mandi bareng pasangan bisa kasih banyak manfaat, lho.

Di dunia yang serba cepat ini, pasangan suami istri bisa mulai melupakan pentingnya momen intim. Di tengah kesibukan dan padatnya jadwal, menyempatkan mandi bersama pasangan dapat membuat perbedaan besar.

Mandi bersama pasangan punya sederet manfaat selain menghemat air sepreti memperkuat ikatan cinta suami istri, meredakan stres, dan bikin hubungan tambah romantis, Mommies.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Kondom Glow in the Dark, Seks Lebih Seru dan Bergairah

7 Manfaat Mandi Bareng Pasangan

Kebersamaan selama bertahun-tahun bisa dengan mudahnya membuat kita meremehkan pentingnya memelihara romantisme dalam perkawinan. Hal ini dapat menimbulkan dampak buruk. Salah satu cara mudah dan efektif untuk meningkatkan keintiman dan memeihara pernikahan tetap kuat adalah dengan mandi bersama.

1. Ngobrol tanpa gangguan

Mandi bersama pasangan adalah kesempatan untuk mendapatkan waktu berkualitas yang sesungguhnya. Tidak ada gangguan. Hanya kalian berdua dan suara lembut gemericik air dari pancuran.

Dengan meninggalkan teknologi di luar pintu, kamar mandi dapat menjadi area romantis untuk melakukan percakapan mendalam dan mendengarkan. Manfaatkan waktu mandi bersama untuk membicarakan tentang apa pun. Benar-benar tentang apa pun. Jika Anda mengalami masalah, ini juga waktu yang tepat untuk membicarakannya. Dua kepala pasti bisa menghasilkan keputusan yang lebih baik.

2. Bisa meredakan stres

Mandi air hangat adalah cara yang nikmat untuk redakan stres. Berbagi cerita dengan pasangan Mommies dapat membuat kalian berdua lebih kuat. Ini berkat teknik yang oleh para terapis disebut pengaturan bersama (co-regulation).

Pengaturan bersama mengacu pada bagaimana kehadiran orang lain—terutama orang-orang terdekat kita—dapat bantu mengurangi stres kita. Jika saat cemas Anda pernah memeluk pasangan yang kondisinya lebih santai, itu salah satu bentuk co-regulation. Pasangan pada dasarnya berbagi ketenangannya dengan Anda.

Saat Mommies mandi bareng pasangan, kalian berdua akan merasakan efek menenangkan secara individu, kemudian menyebarkannya kepada satu sama lain, sehingga dampaknya lebih terasa.

manfaat mandi bareng pasangan

Foto: Freepik

3. Meningkatkan keintiman

Di sini kita tidak hanya berbicara tentang keintiman seksual. Ada sesuatu yang sangat dalam tentang berbagi momen pribadi dengan pasangan. Banyak pasangan menganggap aktivitas mandi bersama ini sebagai pengalaman yang luar biasa.

Berpelukan, saling membantu membersihkan tubuh, dan berbicara dalam jarak sangat dekat—dalam keadaan telanjang bulat tanpa ada tempat untuk bersembunyi—adalah aktivitas dan kondisi yang sangat rentan. Ini hanya dapat terjadi di dalam sebuah hubungan yang memiliki fondasi kepercayaan dan keamanan yang kuat.

4. Meningkatkan sensualitas

Kecupan lembut, pelukan mesra, dan belaian semakin menambah kenikmatan saat Anda mandi bersama. Ini mungkin adalah pengalaman paling sensual di sepanjang hari Anda. Hal-hal yang penuh cinta dan kehangatan ini merupakan bagian penting dari setiap hubungan romantis.

Jika Anda tidak harus buru-buru pergi ke kantor, luangkan waktu untuk mandi bersama pasangan dan biarkan waktu berjalan lambat. Bermesraan di kamar mandi dan diakhiri dengan foreplay akan menambah kebahagiaan dalam hubungan Anda. Ini adalah salah satu manfaat terbesar dari mandi bersama.

5. Menjadi lebih bersih

Dukungan terhadap satu sama lain juga bisa dilakukan di balik pintu kamar mandi. Mandi bareng pasangan artinya tubuh bisa lebih bersih karena area-area yang tidak bisa dijangkau ketika mandi sendiri kini bisa dibersihkan dengan bantuan pasangan. Mommies bisa bergiliran membersihkan satu sama lain dengan body scrubber favorit.

Mandi bisa diakhiri dengan saling mencuci rambut. Pijat kulit kepala dapat berfungsi ganda sebagai isyarat romantis dan cara yang manis untuk membersihkan rambut secara menyeluruh. Ditambah lagi, kulit kepala penuh dengan ujung-ujung saraf yang dapat membantu kalian semakin relaks.

6. Bisa melihat perubahan yang terjadi pada tubuh kalian berdua

Anda tidak hanya memperhatikan titik-titik sensitif atau sensual; bisa jadi noda kulit, infeksi, benjolan, atau pertumbuhan yang bisa menjadi kanker. Inilah alasan lain mengapa mandi bersama populer di kalangan pasangan.

7. Ide-ide terbaik bisa muncul saat mandi

Dopamin adalah zat kimia di dalam otak kita yang ketika dilepaskan bisa bikin kita bahagia. Pemicunya bisa saja hal-hal seperti mendengarkan musik dan melihat sesuatu yang indah dan menyenangkan. Nah, mandi air hangat dapat meningkatkan aliran dopamin, membuat pikiran kita rileks dan stres pun hilang.

Saat santai Anda cenderung lebih mudah merenung dan berpikir sehingga dapat memicu kreativitas. Kemudian brainstorming pun terjadi. Saat mandi bersama pasangan, ada partner untuk mendiskusikan ide-ide baru. Anda dapat berbagi ide, menerima masukan, menyusun ulang rencana, dan mewujudkan apa yang ada di dalam kepala Anda dengan lebih sedikit stres.

Jangan Lakukan 3 Hal Ini saat Mandi Bareng Pasangan

Setelah manfaatnya di atas, kini ketahui deretan hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat mandi bersama pasangan.

Foto: Freepik

1. Jangan menggunakan terlalu banyak sabun

Sama seperti pijat, Mommies bisa menambah keintiman saat mandi dengan membantu pasangan mengoleskan sabun ke tubuhnya. Salah satu aturan dasar saat mandi berdua adalah jangan mengoleskan terlalu banyak sabun ke wajah pasangan.

Efeknya bisa menyakitkan karena Mommies dapat menyebabkan air sabun masuk ke dalam mata. Rasa pedih akan memancing keluarnya air mata, pasangan jadi kesal, gairah surut, dan harapan untuk bercinta pun batal. Oleskan sabun hanya di tempat yang wajar.

2. Jangan ceroboh saat menempatkan lilin

Cahaya lilin yang redup memang bisa menambah aura sensual di dalam kamar mandi. Namun, lakukan penempatan lilin-lilin secara hati-hati. Jangan letakkan wadah lilin di dekat tirai, tempat sampah plastik, dan botol dengan kandungan atau isi yang mudah terbakar atau meledak jika berada di dekat sumber panas.

3. Jangan bersandar atau bertumpu pada benda-benda yang tidak stabil

Untuk shower make-out yang sempurna, Anda dan pasangan dapat saling dan bergantian menopang atau menahan tubuh satu sama lain.

Namun berhati-hatilah. Jaga agar kaki Anda tetap kokoh dan jangan bersandar pada benda-benda yang tidak stabil, seperti pintu kamar mandi, ember, tirai kamar mandi, cermin kamar mandi, pembatas area shower yang terbuat dari kaca, dan wastafel. Niat mencari bahagia malah bisa berakhir menjadi bencana.

BACA JUGA: Jangan Malu-Malu, Ini 4 Posisi Seks yang Ideal untuk Pasutri Baru

Cover: Freepik